- Beranda
- The Lounge
Jenis Motor yang Sering di JUMPAI
...
TS
gado2lontong
Jenis Motor yang Sering di JUMPAI
gado2lontong THREAD
"Indahnya membaca dengan memberikan komeng, rate, atau cendol"
-Anonymus
-Anonymus
Quote:
Yah inilah thread yang dibuat karena pengamatan TS setiap hari dijalanan, khususnya ibu kota.
Siapa sih yang gak tergiur untuk memodifikasi tunggangannya? ada yang udah bosen gara-gara standard tampilannya, atau bentuknya pengen kayak yang "ngono". nah ini mungkin bisa jadi referensi juga untuk arah modif-modifannya agan-agan yah hehehe.
pasti ga repost, ini ane buat selagi iseng nunggu istirahat kantor.
Spoiler for ilustrasi:
Siapa sih yang gak tergiur untuk memodifikasi tunggangannya? ada yang udah bosen gara-gara standard tampilannya, atau bentuknya pengen kayak yang "ngono". nah ini mungkin bisa jadi referensi juga untuk arah modif-modifannya agan-agan yah hehehe.
pasti ga repost, ini ane buat selagi iseng nunggu istirahat kantor.
01
Spoiler for Tipe 01:
Nama : Motor Ceper
Nama Latin: Wilbes Pendekinesis
Penampakan :
Populasi : Bebek 70% , Motor Laki 20%, Unidentified 10%
Ubahan :
- Tangki di Modif (biar ga mentok ban). Nb : Khusus Bebek
- Swing Arm dibuat Lobang As baru yang biasanya ditengah swing arm, semakin pendek jarak wheelbasenya semakin naik kasta di komunitasnya,
- Fork Depan dipendekkan sependek-pendeknya,
- Chrome Mesin dan accessoris lainnya.
Keunggulan :
- Tampak Ceper (sesuai namanya)
- Mudah berkendara dalam macet.
- Ga bakal jinjit kalo motor berhenti, malahan ga perlu standard kalau parkir.
Kelemahan :
- Susah dan Tidak aman untuk Boncengan
- Tidak nyaman untuk melakukan manuver dalam kecepatan sedang – cepat
- Repot untuk melewati polisi tidur
- Repot untuk melewati Jalan bolong
- Tidak bisa lewat banjiran
- Tidak banyak mendapat respon positif dari orang tua.
Biaya Modif : Rp 250.000 ~ Rp 4.000.000
Rating TS : 2 / 10
Comment TS : Kurang dapat diterapkan untuk kondisi bertempur harian dijakarta. Hanya
untuk anak-anak yang masih abg (ga ada kepastian waktu seperti bekerja).
Nama Latin: Wilbes Pendekinesis
Penampakan :
Populasi : Bebek 70% , Motor Laki 20%, Unidentified 10%
Ubahan :
- Tangki di Modif (biar ga mentok ban). Nb : Khusus Bebek
- Swing Arm dibuat Lobang As baru yang biasanya ditengah swing arm, semakin pendek jarak wheelbasenya semakin naik kasta di komunitasnya,
- Fork Depan dipendekkan sependek-pendeknya,
- Chrome Mesin dan accessoris lainnya.
Keunggulan :
- Tampak Ceper (sesuai namanya)
- Mudah berkendara dalam macet.
- Ga bakal jinjit kalo motor berhenti, malahan ga perlu standard kalau parkir.
Kelemahan :
- Susah dan Tidak aman untuk Boncengan
- Tidak nyaman untuk melakukan manuver dalam kecepatan sedang – cepat
- Repot untuk melewati polisi tidur
- Repot untuk melewati Jalan bolong
- Tidak bisa lewat banjiran
- Tidak banyak mendapat respon positif dari orang tua.
Biaya Modif : Rp 250.000 ~ Rp 4.000.000
Rating TS : 2 / 10
Comment TS : Kurang dapat diterapkan untuk kondisi bertempur harian dijakarta. Hanya
untuk anak-anak yang masih abg (ga ada kepastian waktu seperti bekerja).
02
Spoiler for Tipe 02:
Nama : Motor Drag
Nama Latin: Bahu Pegeliosis
Penampakan :
Populasi : Matic 70% , Bebek 20%, Motor Laki 5%, Unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki khusus dari bahan yang ringan dan seringkas mungkin
- Bore up Mesin, Piston Oversize
- Saringan Udara lepas
- Semua kosmetik dilepas, hanya menyisakan rangka utama
- Stang Jepit
- Velg Jari-jari dengan ban cacing
- Penggantian part mesin yang biasa menjadi part racing
- Jok hanya lurus dan minim busa (kayak papan skate board)
- Komstir distel sangat kaku.
- Airbrush (biasanya berakhir di warna terang kayak kuning dan oranye)
- Knalpot Racing.
Keunggulan :
- Sangat Kencang !!!!! (DRIVE WITH EXTREME CAUTION!!!!!!).
Kelemahan :
- Kalau kena macet mesin sangat cepat overheat
- Biasanya sangat ringan, sangat berbahaya jika ada genangan air dalam keadaan kecepatan tinggi.
- Beloknya susah dan berat
- Kalau manuver di jalan macet sama aja kayak hari pertama fitness, pegel!
- Ada kecendrungan bahaya pecah di bagian head mesin / piston (dikarenakan bore up extreme)
- Memiliki tingkat bising yang tinggi (>110 db)
Biaya Modif : Rp 1.500.000 ~ Rp 12.000.000
Rating TS : 4 / 10
Comment TS : Kalau mau balapan, balapanlah di sirkuit! Jangan dijalan umum.
Nama Latin: Bahu Pegeliosis
Penampakan :
Populasi : Matic 70% , Bebek 20%, Motor Laki 5%, Unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki khusus dari bahan yang ringan dan seringkas mungkin
- Bore up Mesin, Piston Oversize
- Saringan Udara lepas
- Semua kosmetik dilepas, hanya menyisakan rangka utama
- Stang Jepit
- Velg Jari-jari dengan ban cacing
- Penggantian part mesin yang biasa menjadi part racing
- Jok hanya lurus dan minim busa (kayak papan skate board)
- Komstir distel sangat kaku.
- Airbrush (biasanya berakhir di warna terang kayak kuning dan oranye)
- Knalpot Racing.
Keunggulan :
- Sangat Kencang !!!!! (DRIVE WITH EXTREME CAUTION!!!!!!).
Kelemahan :
- Kalau kena macet mesin sangat cepat overheat
- Biasanya sangat ringan, sangat berbahaya jika ada genangan air dalam keadaan kecepatan tinggi.
- Beloknya susah dan berat
- Kalau manuver di jalan macet sama aja kayak hari pertama fitness, pegel!
- Ada kecendrungan bahaya pecah di bagian head mesin / piston (dikarenakan bore up extreme)
- Memiliki tingkat bising yang tinggi (>110 db)
Biaya Modif : Rp 1.500.000 ~ Rp 12.000.000
Rating TS : 4 / 10
Comment TS : Kalau mau balapan, balapanlah di sirkuit! Jangan dijalan umum.
03
Spoiler for Tipe 03:
Nama : Cb / Cb jadi-jadian
Nama Latin: Terjebakis Masalaluis
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 97 %, Unidentified 3 %
Ubahan :
- Tangki diganti menjadi seperti cb atau menggunakan tangki cb
- Swing arm dibuat menjadi bulat, tidak kotak.
- Cover Aki menggunakan dari cb atau custom.
- Chassis / Frame belakang dibuat rata agar tampilan jok rata
- Knalpot diganti knalpot cb,
- Spakbor depan dan belakang ambil dari cb,
- Velg Jari (It’s a MUST!!)
- Chrome Batok Lampu, Kaca Spion, Knalpot, dll.
- Untuk mesin biasanya menggunakan part GL atau TIGER
Keunggulan :
- Tampil Retro (ya iyalah)
- Dudukan ga cepat pegal, sangat cocok untuk touring (jarak jauh)
Kelemahan :
- Kalau mau ngejer ori harus berdompet tebal
- Tidak nyaman kalau di parkiran (takut kegesek / baret)
- Tangki harus sering dikuras, biasanya menggunakan tangki 2nd yang sudah di las alasnya jadi untuk mengurangi resiko rembes.
- Nyucinya repot (banyak lipetan)
Biaya Modif : Rp 500.000 ~ Rp 30.000.000
Rating TS : 7 / 10
Comment TS : Untuk harian sangat baik, dan masih banyak diminati para bikers. Lagipula
Bentuknya itu loh gan, siapa yang bisa menahan godaan cb?
Nama Latin: Terjebakis Masalaluis
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 97 %, Unidentified 3 %
Ubahan :
- Tangki diganti menjadi seperti cb atau menggunakan tangki cb
- Swing arm dibuat menjadi bulat, tidak kotak.
- Cover Aki menggunakan dari cb atau custom.
- Chassis / Frame belakang dibuat rata agar tampilan jok rata
- Knalpot diganti knalpot cb,
- Spakbor depan dan belakang ambil dari cb,
- Velg Jari (It’s a MUST!!)
- Chrome Batok Lampu, Kaca Spion, Knalpot, dll.
- Untuk mesin biasanya menggunakan part GL atau TIGER
Keunggulan :
- Tampil Retro (ya iyalah)
- Dudukan ga cepat pegal, sangat cocok untuk touring (jarak jauh)
Kelemahan :
- Kalau mau ngejer ori harus berdompet tebal
- Tidak nyaman kalau di parkiran (takut kegesek / baret)
- Tangki harus sering dikuras, biasanya menggunakan tangki 2nd yang sudah di las alasnya jadi untuk mengurangi resiko rembes.
- Nyucinya repot (banyak lipetan)
Biaya Modif : Rp 500.000 ~ Rp 30.000.000
Rating TS : 7 / 10
Comment TS : Untuk harian sangat baik, dan masih banyak diminati para bikers. Lagipula
Bentuknya itu loh gan, siapa yang bisa menahan godaan cb?
04
Spoiler for Tipe 04:
Nama : Street Fighter
Nama Latin: Limbahanis Mogeus
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 93 %, unidentified 7%
Ubahan :
- Tangki diganti dengan tangki moge (limbah)
- Swing arm Limbah moge
- Upside down limbah moge
- Jok dibuat seperti sengkedan
- Chassis / Frame menjadi fitur utama, jadi ferring dan penutup lain tidak diperlukan
- Knalpot diganti knalpot racing
- Velg Racing (depan min 3”, belakang min 4.25”)
- Ban Gambot (depan min 120 belakang min 140)
- Mesin Dirombak dikit biar bisa kuat ngebawa kaki yang guede.
Keunggulan :
- Baru Motor Laki namanya
- Susah selip
- Ditikungan sangat nyaman walaupun dalam kecepatan tinggi, karena menggunakan part-part limbah moge yang memiliki teknologi sudah sangat baik. (harus pinter nyarinya )
- Traksi maksimal! Ban gede masa traksi minimum?
Kelemahan :
- Berat!
- Part sangat mahal (biasanya)
- Harus dengan montir yang sudah berpengalaman, jangan sekali-sekali menggunakan montir amatir, karena banyak yang diketahui olehi para montir yang berpengalaman untuk urusan memasang part limbah ke motor kita.
Biaya Modif : Rp 3.000.000 ~ Rp 70.000.000
Rating TS : 6 / 10
Comment TS : Terlalu mahal sih untuk hitungan hobby, tapi kalau ngeliat pasti pengen
Hehehe.
Nama Latin: Limbahanis Mogeus
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 93 %, unidentified 7%
Ubahan :
- Tangki diganti dengan tangki moge (limbah)
- Swing arm Limbah moge
- Upside down limbah moge
- Jok dibuat seperti sengkedan
- Chassis / Frame menjadi fitur utama, jadi ferring dan penutup lain tidak diperlukan
- Knalpot diganti knalpot racing
- Velg Racing (depan min 3”, belakang min 4.25”)
- Ban Gambot (depan min 120 belakang min 140)
- Mesin Dirombak dikit biar bisa kuat ngebawa kaki yang guede.
Keunggulan :
- Baru Motor Laki namanya
- Susah selip
- Ditikungan sangat nyaman walaupun dalam kecepatan tinggi, karena menggunakan part-part limbah moge yang memiliki teknologi sudah sangat baik. (harus pinter nyarinya )
- Traksi maksimal! Ban gede masa traksi minimum?
Kelemahan :
- Berat!
- Part sangat mahal (biasanya)
- Harus dengan montir yang sudah berpengalaman, jangan sekali-sekali menggunakan montir amatir, karena banyak yang diketahui olehi para montir yang berpengalaman untuk urusan memasang part limbah ke motor kita.
Biaya Modif : Rp 3.000.000 ~ Rp 70.000.000
Rating TS : 6 / 10
Comment TS : Terlalu mahal sih untuk hitungan hobby, tapi kalau ngeliat pasti pengen
Hehehe.
05
Spoiler for Tipe 05:
Nama : Cafe Racer
Nama Latin: Buntutus Buntungis
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 95 %, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki Costum sendiri atau bisa dari tangki motor batang jadul
- Swing arm musti bulat
- Cover shock depan
- Jok dibuat rata dengan adanya buntut yang dibuat dari galvanis atau fiber
- Chassis / Frame dipotong sesuai yang dibutuhkan (MUTILASI!!!! )
- Knalpot diganti knalpot racing 3/4
- Velg jari dengan balutan ban jadul (avon, , shinko, etc )
- Usahakan ban depan dan belakang sama ukurannya (kalau depan 120 ya belakang 120 atau usahakan beda 1 ukuran)
- Stang ada 2 Varian : clubman (rekomended) dan stang jepit
- Aki ditaruh didalam / dibawah jok, filter udara diganti filter racing.
Keunggulan :
- Bentuknya unik, dan mempunyai citarasa tersendiri
- Cocok untuk agan yang suka menjadi bahan perhatian
- One of a kind, kalo agan buatnya dari 0, (total custom)
Kelemahan :
- Ga bisa boncengan (fatal kalo lagi PDKT )
- Kalau hujan silahkan dinikmati (ga ada spakbor bro )
- Harus pintar memilih bengkel custom, dan selalu harus diawasi perkembangannya. bayangan cukup tiap orang beda.
Biaya Modif : Rp 5.000.000 - Rp 25.000.000/U]
Rating TS : 5 / 10
Comment TS : Kalau agan suka menjadi bahan perhatian, motor ini sangat cocok untuk agan. tapi untuk kesehariannya rada susah kayaknya yaaaa
Nama Latin: Buntutus Buntungis
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 95 %, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki Costum sendiri atau bisa dari tangki motor batang jadul
- Swing arm musti bulat
- Cover shock depan
- Jok dibuat rata dengan adanya buntut yang dibuat dari galvanis atau fiber
- Chassis / Frame dipotong sesuai yang dibutuhkan (MUTILASI!!!! )
- Knalpot diganti knalpot racing 3/4
- Velg jari dengan balutan ban jadul (avon, , shinko, etc )
- Usahakan ban depan dan belakang sama ukurannya (kalau depan 120 ya belakang 120 atau usahakan beda 1 ukuran)
- Stang ada 2 Varian : clubman (rekomended) dan stang jepit
- Aki ditaruh didalam / dibawah jok, filter udara diganti filter racing.
Keunggulan :
- Bentuknya unik, dan mempunyai citarasa tersendiri
- Cocok untuk agan yang suka menjadi bahan perhatian
- One of a kind, kalo agan buatnya dari 0, (total custom)
Kelemahan :
- Ga bisa boncengan (fatal kalo lagi PDKT )
- Kalau hujan silahkan dinikmati (ga ada spakbor bro )
- Harus pintar memilih bengkel custom, dan selalu harus diawasi perkembangannya. bayangan cukup tiap orang beda.
Biaya Modif : Rp 5.000.000 - Rp 25.000.000/U]
Rating TS : 5 / 10
Comment TS : Kalau agan suka menjadi bahan perhatian, motor ini sangat cocok untuk agan. tapi untuk kesehariannya rada susah kayaknya yaaaa
06
Spoiler for Tipe 06:
Nama : Super Moto
Nama Latin: Belalangis Tempurulus
Penampakan :
Populasi : Motor Trail 55%, Motor Laki 30 %, Bebek 10%, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki Trail (yang bentuknya segitiga gitu)
- Swing Arm Tebal
- Cover shock depan (khusus trail)
- Jok Rata
- Knalpot nungging (custom pipa knalpot)
- Bodyset Trail, yang klo ada buat narok nomernya lebih bagus lagi.
- Velg jari harus lebar dengan balutan ban yang lebar dan jangan menggunakan ban yang tebal (misal 120-80/17, akan lebih baik menggunakan 150-55/17 atau 130-70/17)
- Stang Fatbar
- Hand Protector dan accesoris motor trail lainnya
Keunggulan :
- All Around
- Ga usah permasalahkan jalanan rusak, genangan, banjir... HAJAR
- Bisa menjadi yang tertinggi (kalau yang terdepan kan udah pasti yam*h* hehehe)
- Untuk tikungan pun masih tergolong "enak"
Kelemahan :
- Kalau boncengan yang boncengan pahanya panas, deket knalpot
- Kalau yang punya (maaf) pendek, akan susah untuk posisi diam.
Biaya Modif : [U]Rp 10.000.000 - Rp 60.000.000/U]
Rating TS : 8 / 10
Comment TS : Untuk keseharian dan gaya motor jenis ini paling juara, mungkin yang menjadi penghalang adalah harga part-part pendukung yang masih mahal
Nama Latin: Belalangis Tempurulus
Penampakan :
Populasi : Motor Trail 55%, Motor Laki 30 %, Bebek 10%, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki Trail (yang bentuknya segitiga gitu)
- Swing Arm Tebal
- Cover shock depan (khusus trail)
- Jok Rata
- Knalpot nungging (custom pipa knalpot)
- Bodyset Trail, yang klo ada buat narok nomernya lebih bagus lagi.
- Velg jari harus lebar dengan balutan ban yang lebar dan jangan menggunakan ban yang tebal (misal 120-80/17, akan lebih baik menggunakan 150-55/17 atau 130-70/17)
- Stang Fatbar
- Hand Protector dan accesoris motor trail lainnya
Keunggulan :
- All Around
- Ga usah permasalahkan jalanan rusak, genangan, banjir... HAJAR
- Bisa menjadi yang tertinggi (kalau yang terdepan kan udah pasti yam*h* hehehe)
- Untuk tikungan pun masih tergolong "enak"
Kelemahan :
- Kalau boncengan yang boncengan pahanya panas, deket knalpot
- Kalau yang punya (maaf) pendek, akan susah untuk posisi diam.
Biaya Modif : [U]Rp 10.000.000 - Rp 60.000.000/U]
Rating TS : 8 / 10
Comment TS : Untuk keseharian dan gaya motor jenis ini paling juara, mungkin yang menjadi penghalang adalah harga part-part pendukung yang masih mahal
UPDATE!!
07
Spoiler for Tipe 07:
Nama : Scrambler
Nama Latin: Melanglang Buanas
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 85%, Bebek 10%, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki model CB / DS / Custom
- Swing Arm yang Tahan Banting
- Ban menggunakan yang bisa on/off-road (rada kembang tahu gitu)
- Jok Rata tapi Tebal dan Empuk
- Knalpot sebatas bawah lutut, dan menggunakan cover guard
- Bodyset tidak ada yang special kecuali dop aki, dan menggunakan Spakbor CB / Trail
- Velg jari harus besar seperti 17"~18"
- tambahan : semakin banyak dekil-dekilan bekas tanah/tanah merah lebih baik
Keunggulan :
- Pemakan segala bentuk jalanan
- Banjir? apaan tuh?
- Bagi agan yang menginginkan petualangan baru, melewati jalan yang tidak mainstream
Kelemahan :
- Harus sering cek & servis (apalagi bagian kaki-kaki)
- Mencuci akan menjadi hobby baru anda atau bahkan menjadi musuh anda
- Sensasi hawa knalpot dibagian kaki (karena knalpot dekat dengan kaki)
Biaya Modif : [U]Rp 1.500.000 - Rp 20.000.000
Rating TS : 9 / 10
Comment TS : Pengubahan bentuk yang tidak terlalu extrim dan bisa menggunakan kocek tipis, tapi masih terlihat baik untuk penggunaan keseharian
Nama Latin: Melanglang Buanas
Penampakan :
Populasi : Motor Laki 85%, Bebek 10%, unidentified 5%
Ubahan :
- Tangki model CB / DS / Custom
- Swing Arm yang Tahan Banting
- Ban menggunakan yang bisa on/off-road (rada kembang tahu gitu)
- Jok Rata tapi Tebal dan Empuk
- Knalpot sebatas bawah lutut, dan menggunakan cover guard
- Bodyset tidak ada yang special kecuali dop aki, dan menggunakan Spakbor CB / Trail
- Velg jari harus besar seperti 17"~18"
- tambahan : semakin banyak dekil-dekilan bekas tanah/tanah merah lebih baik
Keunggulan :
- Pemakan segala bentuk jalanan
- Banjir? apaan tuh?
- Bagi agan yang menginginkan petualangan baru, melewati jalan yang tidak mainstream
Kelemahan :
- Harus sering cek & servis (apalagi bagian kaki-kaki)
- Mencuci akan menjadi hobby baru anda atau bahkan menjadi musuh anda
- Sensasi hawa knalpot dibagian kaki (karena knalpot dekat dengan kaki)
Biaya Modif : [U]Rp 1.500.000 - Rp 20.000.000
Rating TS : 9 / 10
Comment TS : Pengubahan bentuk yang tidak terlalu extrim dan bisa menggunakan kocek tipis, tapi masih terlihat baik untuk penggunaan keseharian
Spoiler for Biasakan setelah membaca:
rate
cendol
Sumber Photo : Tempo, Asianews, Jakartapost , Economist, Return of The Cafe Racer, Google.
kalau ada waktu mungkin akan ane update yaaaa
Sekian dan terima kasih
Diubah oleh gado2lontong 29-11-2013 02:07
0
87.5K
Kutip
1.1K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.8KThread•89.9KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya