Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mix12Avatar border
TS
mix12
Jalur Pendakian Merbabu Ditutup Karena Kebakaran
mungkin bagi para pendaki yang akan mendaki ke Gunung Merbabu akan kecewa , dikarenakan 4 jalur pendakian resmi Gunung Merbabu telah ditutup .emoticon-Sorry . padahal TS pengen kesana tanggal 10 Oktober. semoga jalurnya sudah dibuka lagi ... emoticon-Sorry

berikut kutipan beritanya :


Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) mulai Senin (29/9/2014) menutup seluruh jalur pendakian gunung Merbabu menyusul kebakaran hutan yang makin meluas.

Koordinator Perlindungan BTNGM, Kurnia Adi Wirawan mengatakan, ada empat jalur pendakian Gunung Merbabu yang masuk wilayah BTNGM, yakni Tekelan (Getasan, Kabupaten Semarang), Cuntel (Kopeng, Kabupaten Semarang, Wekas (Pakis, Magelang) dan Selo (Boyolali).

"Perintah pimpinan per hari ini jalur pendakian kami tutup," kata Wirawan ketika dihubungi, Senin (29/9/2014) sore.

Penutupan jalur pendakian Gunung Merbabu dilakukan lantaran tidak ada jaminan keamanan bagi para pendaki akibat kebakaran hutan yang makin meluas. Seluruh anggota SAR saat ini masih terkonsentrasi untuk memadamkan api.

"Kalau terjadi apa-apa (dengan pendaki) kami sulit melakukan tindakan. Sebab teman-teman SAR saat ini konsentrasi ke pemadaman. Terlebih kondisi alam yang mudah terbakar, sangat berisiko jika ada pendaki yang ceroboh," kata Wirawan.

Wirawan belum bisa memperkirakan luasan kebakaran hutan yang terjadi hingga hari Senin sore ini. Namun ia mengakui bahwa kebakaran telah meluas ke wilayah Boyolali. Selain cuaca yang ekstrem, yakni udara panas dan angin kencang, upaya pemadaman terhambat topografi lereng Merbabu yang curam.

"Rata-rata diatas 2.900 dpl, lokasinya juga pereng-pereng yang sulit dilalui. Kecenderungannya api bergerak dari utara ke timur dan hingga sore ini sudah masuk ke wilayah Ampel (Boyolali)," jelas Wirawan.

Terkait dengan kebakaran yang telah memasuki wilayah Boyolali, pihak BTNGM bersama masyarakat setempat rencananya baru akan bergerak ke lokasi mulai Selasa (30/9/2014) pagi. Hingga saat ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan masyarakat di desa-desa sekitar lereng Merbabu.

"Untuk Boyolali baru sebatas koordinasi dengan dusun-dusun terdekat. Besok Selasa pagi baru akan berangkat. Lokasinya masih jauh dari permukiman," katanya.






Sumber : http://regional.kompas.com/read/2014...rbabu.Ditutup.
0
1.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.