mondrakerAvatar border
TS
mondraker
Khasiat Garam Dibalik Dampak Buruknya Bagi Tubuh
Spoiler for intro:

Quote:


Pengeroposan tulang akibat garam pernah dibahas dalam The Scientific Advisory Committe on Nutrition (SACN) dari AS. Garam lebih banyak membuat tubuh untuk mengeluarkan kalsium melalui urine dan keringat. Sebagai gantinya, tubuh juga melepaskan kalsium pada tulang untuk menjaga keseimbangan komposisi dalam darah. Makin banyak urine dan keringat yang keluar, makin banyak juga kalsium yang dilepas oleh tulang dan menyebabkan datangnya osteoporosis.



Disamping itu garam juga mempunyai banyak khasiat. Garam berfungsi dalam membantu gerak saraf, pergerakan otot, dan menjaga stabilitas cairan tubuh. Kandungan sodium dalam darah, bersama dengan glukosa, berfungsi mengatur kadar air dalam tubuh. Kekurangan maupun kelebihan garam (atau gula darah), juga sama-sama memiliki efek buruk.

Dalam kegiatan sehari-hari, sodium banyak ditemukan pada makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, burger, keripik kentang, berbagai snack, dan juga mie instan. Sebagian makanan tersebut mengandung garam dalam jumlah berlebih, diatas kebutuhan normal. Sayuran dalam kaleng dan keju juga kadang mengandung zat ini. Sedangkan pada minuman, kandungan sodium paling banyak terdapat dalam minuman bersoda.

Karenanya praktisi kesehatan sering menyarankan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi soda. Bagi orang dewasa, normalnya kadar sodium tak lebih dari 300 mg. Hal ini sama dengan seujung sendok teh. Untuk garam juga disarankan tak lebih dari 1.500 mg / hari, atau kalau bisa takarannya dapat dikurangi.



Disamping menjadi penyebab keropos, sodium juga tak bisa menghilangkan rasa haus, bahkan sebaliknya, cenderung merangsang timbulnya dahaga. Minuman bersoda, tak mampu menjaga cairan yang ada dalam tubuh. Jika terlalu banyak tubuh juga dapat mengalami dehidrasi / kekurangan cairan. Dan itu tentu berbahaya jika tetap dipaksakan berolahraga.

Oleh sebab itu, jika memang ingin melakukan olahraga dalam waktu lama seperti bersepeda jarak jauh, lebih baik membawa minuman yang dicampur dengan gula dan garam atau sport drink. Yang penting kandungan gula dan garam dalam tubuh tetap terjaga, dan minum air putih secara teratur selama perjalanan.

source >>> salty spitoon
Spoiler for outro:

Spoiler for other:

from blog sepeda
Diubah oleh mondraker 04-11-2014 23:20
0
2.4K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.