Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

workerclubAvatar border
TS
workerclub
Langkah-langkah Menerbitkan Sebuah Buku
Dear Supporter,

Bagi teman-teman yang punya hobi dan minat di dunia tulis menulis, rasanya menerbitkan buku tentu akan jadi impian Anda. Dulu untuk menerbitkan sebuah buku, ada proses yang cukup panjang dan sangat sulit menemukan penerbit yang mau menerbitkan naskah Anda. Tapi kini tidak lagi, jika Anda perhatikan di berbagai toko buku sudah terdapat banyak sekali buku karangan penulis-penulis baru, dengan rangkaian cerita-cerita segar mereka. Tiap bulannya selalu ada judl-judul baru yang masuk ke pasaran dengan beragam tema dan lahir dari tangan-tangan penulis muda. Anda pun bisa jadi salah satu dari mereka, ingin tahu caranya? Silahkan simak tips di bawah ini.

Menyiapkan Naskah

Tentunya sebelum ingin menerbitkan buku, Anda perlu memiliki sebuah naskah yang orisinil. Jika belum membuatnya, mulailah perencanaannya. Sama seperti berbisnis membuat sebuah buku yang bisa diterima di pasar, membutuhkan perencanaan yang matang. Seperti tentukan target pasar Anda, tentukan jalan dan alur yang akan Anda gunakan, tentukan sudut pandang yang menarik dan dapat menyampaikan pesan dengan baik, yang terakhir perhatikan tata bahasa Anda. Untuk diterima penerbit, Anda harus benar-benar menggunakan tata bahasa yang baik, sekali pun buku Anda menargetkan pasar anak muda, bukan berarti Anda dapat melupakan tata bahasa yang baik.

Meminta saran dari lingkungan sekitar

Sebelum benar-benar dikirim ke penerbit, tunjukan naskah Anda pada teman atau keluarga. Minta mereka memberikan masukan untuk tulisan Anda, sehingga hasil yang nantinya sampai di tangan penerbit adalah hasil maksimal yang Anda buat. Walaupun Anda meminta saran kepada beberapa rekan, bukan berarti semua orang harus tau. Pastikan karya Anda tak bocor ke banyak orang, karena bisa jadi karya Anda malah di contek orang.

Memilih penerbit

Naskah sudah matang kini saatnya Anda memilih penerbit. Kembali ke bagaimana Anda ingin memasarkan buku Anda, jika Anda ingin buku Anda dipasarkan secara online, sudah ada penerbit yang bisa menjualnya secara online. Salah satu penerbit tersebut adalah Nulisbuku.com, dari situs tersebut semua naskah yang layak akan diterima dan diterbitkan. Jika Anda ingin buku Anda dijual nyata di toko buku, silahkan kirmkan naskah pada penerbit seperti Bentang Pustaka, Gramedia, Ice Club Publisher, Diva Press, dan masih banyak lagi. Ada sebuah tips jitu agar naskah Anda diterima, jika Anda penulis pemula kirimkan naskah Anda pada penerbit kecil, bukan penerbit besar seperti Bentang, Bukune atau Gramedia.

Proses pengeditan

Sebelumnya, jika naskah Anda ternyata diterima oleh dua penerbit, sebaiknya Anda memilih salah satu yang namanya sudah dikenal pembaca.

Setelah itu naskah Anda akan mulai memasuki tahap editing. Siap-siap mendapatkan serangkaian PR revisi dari sang editor. Akan ada juga proses kesepakatan, apakah naskah Anda dibeli putus atau sistem bagi hasil, lebih baik jika Anda penulis pemula, pilih sistem beli putus. Jaga-jaga jika naskah Anda ternyata kurang laku dipasaran. Setelah proses editing dan kesepakatan selesai, bersiap untuk buku Anda akan diterbitkan.

Nah mudah-mudahan artikel ini dapat membantu teman-teman yang mau menerbitkan buku. Bingung mencari desainer yang kreatif untuk cover buku kalian ? Langsung saja Post Project Anda disini dan ribuan freelancer kita siap mengerjakannya.

Happy Writing ,
0
1.2K
1
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.8KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.