Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adoekaAvatar border
TS
adoeka
[ Mana Kebebasan beragamaku, mana? ] Perda Larangan Tidak Mendidik Anak untuk Ibadah
Perda Larangan Tidak Mendidik Anak untuk Ibadah
Kamis, 25 September 2014 | 14:22 WIB



JAKARTA, KOMPAS.com - Larangan memotong hewan kurban di halaman SD yang tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 67 Tahun 2014 mengenai pengendalian penampungan dan pemotongan hewan dalam rangka menyambut Idul Fitri dan Idul Adha tahun 2014, menuai kekecewaan dari guru di SDN Kota Bambu 05 Pagi Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

Suraji, salah seorang guru di SD tersebut, mengatakan, dengan dikeluarkannya perda tersebut menggangu aktivitas pembelajaran siswa untuk belajar berkurban dalam ajaran agama Islam. Guru kelas 4 SD ini menuturkan, dengan adanya berkurban di lingkungan sekolah, dapat mengajarkan anak bagaimana cara berbagi dalam agama islam.

Hal itu diamini oleh Sobina yang juga guru kelas 6 di SD tersebut. Dengan dikeluarkanya perda itu, berarti menghalangi anak untuk beribadah.

"Berarti Perda itu tidak mendidik anak untuk ibadah, yang pentingkan kan tidak memberatkan dan tidak mengganggu kegiatan belajar siswa. Selain itu, sama saja jika tidak dipotong di sekolah, anakpun tetap dapat melihat pemotongan hewan kurban di tempat lain," ujarnya.

SDN Kota Bambu 05 Pagi sudah 3 tahun berturut-turut melakukan pemotongan hewan kurban di lingkungan sekolah. Setiap hari pemotongan, lingkungan sekolah tetap bersih karena sebelumnya telah dipersiapkan galian lubang untuk menampung darah hewan kurban dan kemudian ditutup kembali.

Menurut dia, seharusnya perda tersebut jangan hanya berdasarkan dari satu dua sekolah di DKI, akan tetapi dimusyawarahkan dulu dengan semua sekolah di DKI.

Meski begitu, pihak sekolah akan tetap menaati perda tersebut. Mereka akan memotong hewan kurban di luar lingkungan sekolah, di masjid, atau tanah lapang terdekat.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...campaign=Kknwp

oh begini toh rasanya di zolimin secara langsung oleh penguasa, terus terang pahit banget ini rasa penzolimannya emoticon-Mad (S)

0
7.7K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.