Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ayah.rojakAvatar border
TS
ayah.rojak
[Masih dari Washington] SBY: Pilkada Lewat DPRD Kemunduran Demokrasi
Arifin Asydhad - detikNews

Foto: Cahyo Bruri Sasmito/Rumgapres


Washington, DC -Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kecewa
dengan proses dan hasil rapat paripurna DPR yang memilih Pilkada lewat DPRD. Menurut SBY, keputusan DPR ini merupakan kemunduran demokrasi.

"Ini masalah serius. Saya tidak ingin ada kemunduran demokrasi. Di era presiden sayalah, selain presiden dan wakil presiden dipilih secara langsung, gubernur, walikota dan bupati juga dipilih langsung. Itu pilihan saya, tidak berubah," kata SBY kepada wartawan di Hotel Willard Intercontinental, Washington DC, Kamis (24/9/2014) pukul 09.00 waktu setempat atau Jumat (25/9/2014) pukul 08.00 WIB.

Keputusan DPR yang mengembalikan Pilkada lewat DPRD, menurut SBY, merupakan kemunduran. "Ini sebenarnya kemunduran. Demokrasi harus dijaga. Pilkada harus dilakukan secara langsung, tapi harus ada perbaikan-perbaikan yang serius dalam pelaksanaannya," tegas SBY.

PD telah konsisten untuk mengusulkan Pilkada langsung. Namun, Pilkada langsung yang diusung PD adalah Pilkada langsung dengan 10 perbaikan. "Tapi usulan PD ditolaj semua fraksi, termasuk kubu Koalisi Merah Putih, maupun fraksi kubu PDIP.
Meski begitu, kami akan tetap melangkah ke depan secara politik," kata SBY.

Walk-outnya para anggota Fraksi PD dari paripurna yang akhirnya membuat voting dimenangkan Koalisi Merah Putih, menurut SBY, karena opsi Pilkada langsung dengan perbaikan tidak diakomodir. Memang, beberapa fraksi mendukung usulan PD ini, namun mereka tidak mau mendukung agar opsi Pilkada langsung dengan perbaikan ini dijadikan opsi voting.

Menurut SBY, fraksi PD ingin agar ada dua opsi dalam voting RUU Pilkada, yaitu opsi pilkada lewat DPRD dan opsi Pilkada langsung dengan perbaikan. Namun, setelah dilakukan pembicaraan di tingkat lobi, opsi yang diputuskan tetap dua, yaitu Pilkada lewat DPRD dan Pilkada langsung.

Terkait hal ini, SBY akan melakukan tiga langkah:
Pertama, PD tetap konsisten pada sikap pemilihan pilkada secara langsung dengan 10 perbaikan besar

Kedua, PD akan mengajukan gugatan hukum terhadap hasil voting di DPR itu. Gugatan akan dilayangkan ke MA atau MK, sampai saat ini masih ada perubahan.


Ketiga, karena belum cukup dapat laporan dari tanah air tentang seluk beluk dan proses sampai terjadinya pemungutan suara di DPR, SBY masih menunggu laporan lengkap dari fraksi dan ketua harian. Laporan lengkap dan faktual ini penting untuk mengambil langkah-langkah politik di masa mendatang.


Sumber


Kalau boleh mengganti sedikit, bukan merupakan kemunduran demokrasi, tetapi merupakan keWOan demokrasi.



WOWO menang, Selamat emoticon-Selamat:


Ditunggu yang menang merangkul yang kalah sambil mengucapkan selamat atas kekalahan anda
emoticon-shakehand


Diubah oleh ayah.rojak 26-09-2014 08:24
0
5K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.