Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alpin.teamAvatar border
TS
alpin.team
Trans7 : Televisi Paling Mendidik di Indonesia ..apakah betul??

Kita yang pernah menjalani masa kecil di era Orde Baru mungkin mengenal acara-acara pendidikan di TVRI seperti Cerdas Cermat, Cepat Tepat, Menggambar bersama Pak Tino, Taman Indria bersama Bu Kasur (yang ini malah saya pernah menjadi pesertanya waktu TK dulu….hehehe), Pelajaran Bahasa bersama ahli bahasa sekelas Anton Hilman (Bahasa Inggris) atau Prof. Jus Badudu (Bahasa Indonesia), atau acara Bina Vokalia ala alm. Bu Fatdi TVRI dulu misalnya. Bahkan acara dari Desa ke Desa dan Cepat Tepat Kelompencapir pun sebenarnya baik untuk meningkatkan kecerdasan petani. Terlepas dari segala keburukan rezim Orde Baru.

Kini semuanya telah tiada lagi di TVRI. Televisi-televisi swasta yang ada pun rata-rata acaranya boleh dibilang menjerumuskan jika tidak dapa dibilang tidak mendidik.

Penuh acara gosip, sinetron-sinteron percintaan yang penuh intrik, talk show politik yang isinya para pejabat negara dan cendekiawan saling caci maki adu mulut….tak pelak mereka berkontribusi terhadap tingginya angka perceraian rumah tangga, tawuran sekolah dan antar warga di Indonesia.

Bahkan hingga kasus artis terjerat narkoba maupun video mesum demi mencari sensasi di televisi jika popularitasnya mulai menurun.

Namun para orangtua jangan khawatir. Masih ada televisi di Indonesia yang mampu “mencerdaskan” anak-anak kita, walau metodenya jauh berbeda dengan yang pernah dipopulerkan TVRI sekitar 30-20 tahun yang lalu.

Konten acara-acara yang bersifat mendidik di Trans 7 lebih bersifat “edutainment” jika saya boleh bilang begitu.

Lebih banyak unsur petualangannya menurut saya, namun rata-rata semuanya berupaya membuka wawasan anak-anak maupun kita yang menonton, bahwa dunia ini bukan hanya tentang apa yang sehari-hari mereka lihat di rumah ataupun sekolah.


Rasanya jika novel Laskar Pelangi ataupun Negeri 5 Menara menceritakan kesuksesan orang-orang yang ketika kecilnya menghayal untuk keliling dunia, maka mungkin 10-15 tahun lagi akan ada novel inspiratif tentang seorang pemuda yang bertualang keliling dunia akibat masa kecilnya sering menonton acara-acara Trans 7…..hehehe, agak lebay, tapi masuk di akal.


Ini contoh acara-acara yang menurut saya bersifat mendidik itu:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


dan msih ada lanjutan nya gan... GK muatemoticon-Matabelo
Diubah oleh alpin.team 01-03-2013 04:24
0
16.4K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.