• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tips And Trick Untuk Agan yang mau ikut Tes TKD dan TKB CPNS Tahun 2014 ini Gan

acuyAvatar border
TS
acuy
Tips And Trick Untuk Agan yang mau ikut Tes TKD dan TKB CPNS Tahun 2014 ini Gan
Assalamualaikum Wr.Wb..

Oke gan tanpa basa basi ane mau ngasih sedikit tips dan trik sederhana yang mungkin agan bisa lakukan sebelum tes gan berdasarkan pengalaman pribadi ane gan..

Begini gan :

1. Selalu Up to date situs atau web instansi yang agan lamar

Banyak kasus peserta tes CPNS yang gagal untuk tes karena tidak mengikuti rangkaian jadwal tes CPNS di instansi tersebut..

2. Pahami benar pengumuman tes dari instansi tersebut

Maksudnya agan bisa liat apa saja yang mesti di bawa saat verifikasi berkas untuk pengambilan kartu peserta, kapan jadwal verifikasi berkas, dan kapan juga dimana tes akan berlangsung.. (karena beberapa instansi melakukan tes CAT di BKN)

3. Agan harus tahu akses ke tempat tes dilaksanakan

Banyak peserta tes yang menyepelekan hal ini, akibatnya tidak sedikit yang kesiangan pada saat tes (Ane pernah alamin juga gan, ane tes hari minggu d ragunan, ane berangkat subuh tapi ane malah kesiangan karena ternyata di ragunan kalo hari minggu macetnya stengah dewa gan, jadi agan msti tau situasi kondisi dulu).. Untuk agan yang diluar kota, usahakan untuk menginap di rumah saudara atau hotel yang dkt tmpat tes.. sangat membantu gan.. ane ampe nginep di mesjid gan 2 hari gan buat tesemoticon-Cape d... (S)

4. Datang 1 jam sebelum tes dimulai

Belajar pengalaman ragunan akhirnya ketika ane waktu itu kebagian tes jam 7.30.. Tapi ane udah stay d tempat tes dari jam 5.30 ganemoticon-Malu (S).. dan alangkah shock nya ternyata banyak peserta yang udah dtg.. GILA MEN.. Kayaknya pada shalat subuh di tempat tes nih orang..

5. Kalo bisa H-1 agan udah ga belajar

Agan harus menghapal dan belajar TKD jauh hari sebleum Tes dimulai gan.. Karena H-1 itu lebih baik dipakai untuk tes drive lokasi tes, berdoa dan menenangkan diri sblum tes dimulai.. Pengalaman ane belajar H-1 ujian malah bikin stress n deg2an.. Tapi tiap org beda type lho gan..

6.Sedikit Belajar Sebelum tes dimulai..

Nah ini gan the power of kepepet (Agan belajar di lokasi ujian sebelum tes dimulai) karena dengan belajar saat itu kita bnar2 bisa mengingat benar apa yang kita baca.. [kalo agan type nya kayak ane]

7. Untuk Tes TKD

*Tes TWK
- Hapal Mampus deh gan mengenai UUD 1945
- Hapal juga tentang pengamalan PANCASILA
- Hapal mati juga Sejarah Kemerdekaan RI
- Membaca tentang aturan kontitusi di Indonesia
- Banyak membaca, minimal agan bisa nembak dengan benaremoticon-I Love Indonesia (S)

*Tes TIU
- Banyak berlatihlah TPA (tes potensi akademik)
- Mengingat rumus yang singkat
- Lewati soal yang bikin lama gan

*Tes TKP
JAWAB JAWABAN YANG MENCERMINKAN AGAN RELA APAPUN DEMI NEGARA DAN MENGORBANKAN KEPENTINGAN PRIBADI

100 soal dalam 90 menit jadi agan harus pinter ngatur waktu, sebaiknya lewati soal yang aga susah dan dikerjakan di akhir karena soal yang belum dijawab tersebut dapat diulang lagi sebelum tes berakhir. Dan jangan nyontek gan karena soal agan dengan sebelah, belakang dan depan berbeda karena tiap komputer mempunyai database 100rb soal yang keluar secara acak dengan bobot yang sama..

-untuk TWK ada 35 soal dari nomor 1 sampai 35, kalian harus benar dalam menjawab soal minimal 40% dari total soal TWK, ya kalo diitung itung nih...kalian harus benar 14 soal untuk lulus di bagian ini
-untuk TIU ada 30 soal dari nomor 36 sampai 65, kalian harus benar dalam menjawab soal minimal 50% dari total soal TIU, jadi harus bener 15 soal yaa
-trus untuk TKP ada 35 soal dari nomor 66 sampai 100, kalian harus benar dalam menjawab soal minimal 72% dari total soal TKP, jadi harus bener 25soal, banyak ya??? tenang..soal TKP ini penilaiannya bukan benar salah kayak TWK dan TIU..penilaiannya pake skala likert, jadi ada 5 pilihan jawaban dan semuanya bernilai dari 1-5...yang paling tepat ya dapet nilai 5 persoal

oiya...skornya dikalikan 5 ya...jadi persoal yang benar untuk TIU dan TKP dapet 5 poin...persoal yang salah dapet 0
Quote:

Tapi skor minimal ttp 275 gan..

8. Untuk Tes TKB

Nah ini akan berbeda tiap instansi..
Kalo pengalaman ane terbagi menjadi 2:
- Tes Kemampuan Formasi
AGan msti belajar tentang formasi yang agan lamar, kebtulan ane jurusan manajemen (Banyak soal yang keluar mengenai ekonomi makro dan mikro gan) dan kalo ilmu pemerintahan biasanya mengenai PEMILU, humas biasanya metode tentang teori komunikasi (penglaman tmn ane gan)
- Psikotes
Nah bagi agan yg udah biasa nglmar swasta, hal ini udah ga asing deh,,
Agan bakalan di tes kemampuan emosional dan intelegensia agan dari pagi ampe sore gan (termasuk FGD, Kraeplin, dkk) agan beli aja buku psikotes yang banyak di toko buku.. Soalnya rata-rata sama aja gan..

9. Jangan Lupa Bawa Alat tulis, KTP, dan Kartu Peserta Tes gan

Ini sangat fundamental gan, temen ane ga bisa ikut tes gara2 KTP nya ga kebawa gan.. Mkanya jangan sampai lupa ya gan..

10. Minta doa orang tua, istri, dan anak seblum tes dimulai

Ga ada usaha yg sukses tanpa doa gan.. Banyak2lah berdoa karena doa orang tua selalu mujarab,, dan bagi yang sudah berkeluarga jangan lupa minta doa pada istri dan anak juga..

11. Gagal CPNS bukan segalanya..

Temen Ane gagal CPNS malah keterima di pertamina gan, jadi peserta tes CPNS bukan segalanya gan.. ini hanya rangkaian pengalaman yang akan membentuk diri agan agar lebih baik kedepannya..

Oke Gan.. Good Luck Untuk Tes-nya..

Wassamualaikum wr.wb.

Masukan dari agan kaskuser lainnya:
Quote:

Diubah oleh acuy 14-10-2014 05:43
0
29.7K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.