Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adamyordanAvatar border
TS
adamyordan
Seputar iOS8
Seputar iOS8

VIVAnews - Apple akhirnya merilis sistem operasi mobile terbarunya, iOS 8. Kini, pecinta Apple dapat mengunduh sistem operasi itu untuk iPhone, ipad dan iPod Touch.

Seperti yang diperkirakan sebelumnya, tidak banyak kejutan yang dihadirkan pada iOS 8. Pun dengan beberapa pembaharuan yang dihadirkan sudah dapat diterka sebelumnya.

Pada iOS 8 ini, Apple menghadirkan aplikasi pihak ketiga, notifikasi yang lebih menarik, perintah suara yang lebih baik. iOS 8 kompatibel dengan seperangkat iPhone 4S, iPad 2 maupun iPod Touch generasi kelima.

Melansir The Verge, Kamis 18 September 2014, pengguna bisa mengunduh iOS 8 secara mudah. Cukup mengakses 'general' pada menu pengaturan perangkat dan pilih 'software update'. Jika pengguna merasa terbatas paket data dan akses Wi-Fi, jangan khawatir bisa mengunduh dengan cara terhubung dengan versi teranyar iTunes. Dari sana pengguna bisa memperbaharui iOS mereka.

Agar diingat, untuk pembaharuan sistem operasi ini pengguna harus menyediakan ruang sekitar 5,7 GB. Untuk itu, pengguna harus mengoptimalkan ruang dengan menghapus aplikasi yang selama ini tak digunakan.

Bicara fitur anyar pada iOS 8 ini, mengutip Apple Insider, Apple menghadirkan fitur Continuity. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk secara mudah melakukan aktivitas dan sinkronisasi pada jenis perangkat Apple yang berbeda. Dengan fitur ini, pengguna bisa menjawab panggilan pada iPhone dari iPad atau mengirimkan SMS melalui iPad bila terkoneksi dengan iPhone.

Sinkroniasi iOS 8 juga diperkuat dengan memungkinkan pengguna mengirim email, pesan teks dan aktivitas lain dari satu perangkat melalui perangkat mobile Apple yang lain.

Fitur Continuity dikabarkan bakal diperluas kehadirannya di Mac pada beberapa bulan ke depan, bersamaan dengan rilis sistem operasi X Yosemite, akhir tahun ini.

Fitur pengetikan cepat pada iOS 8 diakomodasi dengan QuickType. Kata-kata tertentu akan muncul pada keyboard virtual, sehigga mempercepat pengetikan.

Pengelolaan iOS juga makin baik dengan dihadirkannya Notification Center. Fitur ini memungkinkan menampilkan widget baru sesuai harapan pengguna.

Makin Mudah

Pengetikan pesan di iOS 8 juga makin nyaman. Sebab, Apple menghadirkan tombol Tap to Talk baru, yang mempercepat berbagi memo suara, dan mempercepat proses pengambilan video dan foto.

Pada iOS 8 juga mengalami peningkatan fungsi foto dengan Photo app. Fitur Photo pada sistem operasi anyar ini memungkinkan digunakan untuk editing gambar secara lebih baik. Pengguna dapat mengatur pencahayaan, warna, bayangan horison dan lainnya dengan mudah.

Seperti yang sudah santer dirumorkan sebelumnya, iOS 8 hadir dengan fitur Health app, yang memungkinkan mengumpulkan informasi dari berbagai perangkat kebugaran maupun aplikasi kesehatan.

Health akan merangkumnya dalam satu tempat. Mudah. Kemampuan penyatuan beragam aplikasi itu berkat dukungan perangkat pengembangan software HealthKit.

Tak cukup di situ saja. pada iOS 8 juga terdapat Hocumit, yang memungkinkan pengguna mengkoneksikan perangkat pintar rumah dalam pengaturan yang mudah. Pengguna bisa mengatur kunci pintu, gerbang, menghubungkan lampu dan lainnya.

Fitur Family Sharing juga makin mengakrabkan anggota keluarga. Fitur ini mampu menghubungkan anggota keluarga dengan menciptakan kalender maupun foto keluarga.

Peluncuran iOS 8 membuat Apple menjadi vendor smartphone pertama yang memiliki fitur Kill-Switch. Eropa dan Amerika memang telah mendesak vendor mobile platform untuk menyematkan tombol pembunuh ponsel secara otomatis ini sebagai fitur wajib di ponsel.

Tombol ini digadang-gadang akan memberikan efek jera bagi para pencuri ponsel. Saat smartphone dicuri, jika tombol pembunuh ini aktif, smartphone itu bisa dinonaktifkan dari jarak jauh. Dengan demikian, smartphone secara otomatis tidak akan berfungsi selamanya.

Dilansir melalui PC World, Kamis 18 September 2014, sebenarnya Apple telah memiliki fitur ini di sistem operasi edisi sebelumnya, iOS 7. Namun, kala itu, namanya adalah Activation Lock.

Fitur "kunci aktivasi" ini tidak dimasukkan sebagai fitur default di iOS 7. Seiring dengan adanya desakan dari berbagai pihak, termasuk otoritas California, Apple pun menyematkan Kill-Switch sebagai default di perangkat apa pun yang menggunakan iOS 8.

Sebelumnya, pihak otoritas California telah mengeluarkan mandat untuk mewajibkan segala macam ponsel yang dijual di wilayah itu untuk memiliki fitur "tombol pembunuh". Bahkan, Google dan Microsoft juga telah didesak menyematkan fitur ini dalam platformnya.

Menurut data pihak keamanan San Fransisco, produk-produk mobile keluaran Apple merupakan yang paling banyak dicuri dalam beberapa tahun lalu. Namun, sejak Activation Lock disematkan di iOS 7 pada September 2013, angka pencurian iPhone diperkirakan menurun.

"Produk Apple, khususnya smartphone, paling banyak menjadi target pencurian. Menyematkan teknologi ini sebagai default akan menjamin keamanan data para pengguna iPhone ke depannya," ujar Jaksa San Fransisco, George Gascon.

Laporan dari pihak keamanan Amerika menyatakan, sebanyak 3,1 juta perangkat mobile di Amerika telah dicuri sepanjang 2013. Angka ini naik dua kali lipat dibanding tingkat pencurian 2012 yang mencapai 1,5 juta unit.

Sejak Activation Lock diluncurkan, angka itu turun 19 persen dalam kurun 5 bulan di New York, sedangkan di San Fransisco penurunannya mencapai 38 persen.

Kill-Switch hanya bisa diaktifkan dan dinonaktfkan oleh pengguna. Selain pengguna, baik itu operator telekomunikasi dan penegak hukum, tidak memiliki akses ke sistem tersebut.

Google dan Microsoft pun dikabarkan telah setuju untuk menyematkan fitur ini di platform mobile mereka berikutnya.

Update iOS 8 kini sudah bisa diunduh oleh para pengguna iPhone, iPad, dan iPod. Salah satu fitur yang banyak ditunggu dari sistem operasi mobile terbaru Apple ini adalah HealthKit, API baru yang memungkinkan aplikasi pihak ketiga mengolah data monitoring kesehatan pengguna.

Namun, sebagaimana dilansir oleh The Next Web, sesaat sebelum iOS 8 dirilis, Apple justru memutuskan untuk menarik sejumlah aplikasi yang memakai HealthKit dari toko App Store.

Aplikasi-aplikasi seperti MyFitnessPal dan Carrot Fit pun batal mengedarkan versi terbaru yang menyertakan dukungan HealthKit. Para pengembangnya kini sibuk mengerjakan versi lain yang tak terintegrasi dengan framework kesehatan tersebut.

Apa pasal? Rupanya Apple menemukan bug di HealthKit pada menit-menit terakhir menjelang rilis iOS 8.

"Kami menemukan bug yang membuat aplikasi HealthKit tidak bisa tersedia untuk iOS 8 sekarang. Kami sedang mengerjakan update perbaikan sehingga aplikasi HealthKit sudah bisa didapatkan pada akhir bulan ini," tulis juru bicara Apple dalam sebuah pernyataan.

Dengan HealthKit, aplikasi-aplikasi pihak ketiga sedianya bakal bisa mengakses database kesehatan pengguna di iOS 8 yang dikumpulkan oleh program Health. Ini termasuk catatan jumlah langkah, jarak yang ditempuh, kalori yang dibakar, dan lain-lain.

Jadwal penyaluran update iOS 8 sendiri tak terpengaruh oleh bug HealthKit. Pengguna gadget Apple sudah bisa mengunduh sistem operasi terbaru ini lewat menu Settings > General > Software Update.
0
3.2K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.