adi.adrianAvatar border
TS
adi.adrian
[poskota] Ahok Larang Potong Hewan Kurban
AKARTA (Pos Kota) – Kebiasaan menyelenggarakan pemotongan hewan kurban di lingkungan SDN tahun ini dipastikan tidak ada. Pemprov DKI Jakarta mulai Idul Adha tahun ini melarang pemotongan hewan di sekolah tersebut.

Pelarangan ini tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 67 tahun 2014 yang ditandatangani Wakil Gubernur Ahok. Instruksi tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Penandatanganan dilakukan Ahok ketika menjadi Plt Gubernur tangal 17 Juli 2014.

Bukan itu saja, pelarangan juga berlaku untuk menjual dan memotong hewan kurban di fasiltas umum seperti taman, tepi jalan, dan lainnya. Pemotongan hanya dibolehkan di Rumah Pemotongan Hewan Cakung (RPH).

Ahok memerintahkan walikota dan bupati mengkoordinasikan dewan mesjid. Intinya, pemotongan hanya diperbolehkan di RPH saja. Dalihnya demi kebersihan kota.

Lucky P Sastrawirya, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Demokrat, menyesalkan adanya instruksi tersebut. Paalnya, prosesi pemotongan hewan kurban bagi umat Islam merupakan perkara sakral. “Instruksi ini ngawur. Prosesi pemotongan hewan kurban tidak bisa sembarangan, ada tata cara menurut ajaran Islam,” katanya.

Alasan demi kebersihan kota, kata Lucky menilai juga ngawur. Sebab, hampir tiap tahun dilakukan pemotongan hewan di lingkungan sekolah dan mesjid, tetapi tisak meningalkan kotoran. “Ahok harus mencabut
instruksi itu,” tandasnya.

Lucky mendukung pelarangan penjualan hewan di lokasi-lokasi sarana umum. “Kalau itu, kita dukung. Tapi melarang pemotongan hewan di lingkungan mesjid dan sekolah jelas tidak tepat,” ucapnya seraya menjelaskan penyenggarakan pemotongan hewan kurban di lingkungan sekolah untuk dimaksudkan memberikan pelajaran dini kepada murid tentang kepekaan sosial, mendidik siswa agar bisa berbagi dengan sesama dan kepada warga miskin sekitar.

SAPI DAN KAMBING
Sementara itu, dua minggu menjelang Idhul Adha 1435 H, penjualan hewan kurban berupa sapi dan kambing di Jakarta Barat mulai ramai. Pedagangpun mengaku banyak hewan kurbannya yang
terjual.

Ujang, 46, pedagang Sapi di kawasan Jl Utan Jati, Kalideres mengaku meski Idul Adha masih sekitar dua mingguan, namun sapinya telah banyak yang terjual. Kondisi ini berbeda di banding

Kepala Seksi Peternakan Sudin Peternakan Jakarta Barat Rahmat Manender mengatakan, pihaknya telah menerjunkan sebanyak 22 petugas untuk memeriksa kondisi hewan kurban di delapan wilayah kecamatan. “Mulai
hari ini kami telah menerjunkan petugas untuk mengecek kesehatan hewan
kurban,” jelasnya. (tarta/john)

------

sory kalo repost

komen : buset masa gak boleh motong di area mesjid?, kalo di jalanan okelah gak boleh.....dimesjid gak boleh?

emoticon-No Sara Please

sumur


-------------------

update







----------------------

update lagi ternyata pelarang di SD itu ada.......... emoticon-Ngakak



sumur





Diubah oleh adi.adrian 25-09-2014 00:00
0
17.2K
136
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.