Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

comANDREAvatar border
TS
comANDRE
RUU Pilkada Akan Langsung Disahkan, Perbaikan Dilakukan Belakangan


Jakarta - Polemik RUU Pilkada terus saja bergulir dinamis dan bahkan diwarnai perubahan sikap dari satu partai politik. Energi dan perhatian masyarakat tersita untuk mendorong Pilkada secara langsung terus berlanjut, tanpa perubahan menjadi Pilkada lewat DPRD.

Pakar Hukum Tata Negara sekaligus pengajar di Pascasarjana Fakultas Hukum UGM, Refly Harun, menyatakan pengaturan efektivitas penyelenggaraan Pilkada langsung telah luput dari sorotan. Pasal-pasal yang mengatur soal antisipasi politik uang dan politik transaksional juga menjadi jarang disorot.

Ini karena perhatian terlalu banyak tercurah untuk menjaga Pilkada langsung dari ancaman rencana Pilkada lewat DPRD.

"Energi kita habis untuk mempertahankan Pilkada langsung. Yang paling penting adalah mempertahankan Pilkada langsung," kata Refly saat berbincang dengan detikcom, Selasa (22/9/2014).

Namun demikian, the show must go on, RUU Pilkada harus tetap disahkan pada 25 September 2014. Celah-celah yang belum sempurna soal pengaturan pelaksanaan Pilkada harus disempurnakan di kemudian hari. Lagipula, kubu fraksi pro Pilkada langsung diprediksi bakal menang melawan kubu fraksi pro Pilkada via DPRD, ini jika pengambilan keputusan dilakukan lewat voting pada sidang paripurna DPR.

"Tidak apa-apa juga RUU ini disahkan dan menjadi jadi dasar juga untuk Pilkada serentak 2015. Tapi harus ada perbaikan secara komprehensif. Pemerintahan yang baru harus merancang RUU yang baru yang lebih komprehensif menyangkut pengaturan Pilpres, Pileg, dan Pilkada sekaligus. UU Pemilu dikodifikasi agar tidak tumpang tindih. Anggap saja RUU Pilkada sekarang ini sebagai sebuah basis," tutur Refly.


sumber

=========

keliatan banget kejar setorannya emoticon-Cape d... (S)
0
2.9K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.