Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mtr27Avatar border
TS
mtr27
Daftar Film Kartun dan Tayangan Anak yang Masuk Kategori Bahaya
Komisi Penyiaran Indonesia Pusat telah melakukan pengkajian dan pemantauan terhadap tayangan film kartun anak di berbagai televisi di Indonesia. Hasilnya beberapa tayangan kartun dianggap berbahaya untuk anak dan tidak layak ditonton.

“Tayangan tersebut penuh dengan muatan-muatan yang berdampak buruk bagi perkembangan fisik dan mental anak, seperti, kekerasan fisik: mencekik, menonjok, menjambak, menendang, menusuk dan memukul; kekerasan terhadap hewan; penggunaan senjata tajam dan benda keras untuk menyakiti dan melukai seperti pisau, balok, dan benda-benda lainnya; kata-kata kasar dan adegan-adegan berbahaya,” Komisioner Bidang Isi Siaran, Agatha Lily menjelaskan, seperti dikutip merdeka.com, (22/9/2014).

Ada dua kategori yang jadi perhatian KPI yakni kartun paling berbahaya, dan kartun yang masuk kategori hati-hati.

Berikut adalah 3 tayangan anak dan kartun yang termasuk dalam kategori berbahaya (merah):

Spoiler for Kategori Merah:


Spoiler for Kategori Kuning (Hati-Hati):

KPI juga melihat ada 7 film kartun anak yang layak tonton karena kaya akan edukasi dan menginspirasi seperti Dora The Explorer Global TV, Adit Sopo Jarwo MNC TV, Laptop Si Unyil Trans 7, Curious George ANTV, Thomas and Friends Global TV, Unyil Keliling Dunia Trans 7, dan Disney Junior MNC TV.

KPI Anggap Tayangan ‘Marsha and The Bear’ Juga Berbahaya Bagi Anak

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah merilis daftar tayangan anak-anak yang dianggap membahayakan atau masuk kategori hati-hati. Komisioner KPI, Agatha Lily memberikan peringatan pada sejumlah tayangan anak-anak, salah satunya “Marsha and The Bear”.

Menurut Agatha, tayangan yang emanmpilkan beruang dan gadis kecil itu telah menunjukkan perbaikan muatan, setidaknya selama KPI melakukan pemantauan selama 90 hari. “Marsha and The Bear’ sudah diperingatkan, berdasarkan pantauan kami sudah lebih baik tayangannya sekarang. Film ‘Bima Sakti’ yang paling bahaya,” kata Agatha, Senin, 22 September malam.


KPI menilai sejumlah adegan pada program anak-anak dapat berdampak buruk bagi perkembangan fisik dan mental anak. Muatan itu meliputi kekerasan fisik, kekerasan terhadap hewan, penggunaan senjata tajam dan benda keras untuk menyakiti dan melukai, kata-kata kasar dan perilaku yang tidak pantas. KPI juga menyoroti adanya unsur mistis, muatan porno, dan sifat-sifat negatif, seperti emosi kemarahan, serakah, pelit, rakus, dendam, iri, malas, dan jahil pada tayangan anak.
Diubah oleh mtr27 23-09-2014 17:01
0
6.6K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.