Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DefelzAvatar border
TS
Defelz
Help !! Minta solusi untuk proses KPR rumah
sesuai judul diatas. mohon maaf bila salah kamar.

3 bulan lalu saya sedang mencari rumah untuk di tinggali oleh saya dan istri.
kebetulan saya melihat di Jakarta Garden City, Cakung.
setelah lihat2 di internet, akhirnya saya janjian dengan 1 agen properti yang berkantor Jakarta Garden City.

setelah lihat rumah, saya setuju untuk beli rumah tsb lalu saya diajak ke kantor nya dan dikenalkan dengan yang punya kantor property tsb yang disebut "senior" oleh agen yang menemani saya lihat rumah tsb. pada saat bertemu, sang "senior" ini meremehkan saya, mungkin karena saya masih muda dianggap hanya tanya-tanya, dia meminta saya DP 50% dari harga rumah dan minta saya cepat-cepat mengurus KPR karena rumah tsb banyak yang mau beli cash.

lalu saya mengajukan ke KPR BCA, setelah di survey BCA selama 3 minggu akhirnya di approve untuk pinjaman saya. nah setelah itu saya membayar DP ke penjual sebesar 500jt kurang lebih 35% dari harga rumah.

disini masalah muncul, ternyata BCA dan Modernland (selaku developer Jakarta Garden City) belum bekerjasama. jadi proses untuk AJB dan akad harus memakai notaris masing-masing. akhirnya setelah 1 bulan tidak ada yang mau ngalah, saya meminta bantuan om saya untuk menghubungi owner modernland dan akhirnya beliau membantu dan memberitahu staff nya untuk menggunakan notaris BCA. (karena menurut saya Bank mengeluarkan uang, jadi mereka minta syarat ini itu harusnya pihak developer lebih bisa flexibel untuk mengikuti)

setelah masalah itu solved, ternyata ada kendala lagi. yaitu sertifikat rumah tsb ternyata masih atas nama PT nya developer.
pihak BCA meminta developer untuk menyediakan surat persetujuan pemegang saham untuk menjual rumah tsb, developer tidak bisa kasih itu karena 400 transaksi sebelumnya menggunakan bank-bank lain termasuk BCA tidak pernah diminta surat tsb.

saya sebagai pembeli merasa dirugikan karena proses setelah saya bayar DP sudah berlangsung 1 bulan, tidak ada solusi dari kedua belah pihak.
uang tsb bisa saya deposito kan dan saya juga rugi waktu karena harus menambah uang sewa apartment yang sekarang saya tempati.

dan sang "agen senior tsb" tidak dapat memberikan kami solusi, solusi dari mereka hanya mengganti bank yang sudah menjadi rekanan developer.

menurut saya ini cara pikir orang yang malas. saya sebagai pembeli yang susah payah di approve oleh KPR BCA dengan bunga KPR yang menurut saya terbaik dibandingkan oleh Bank lain dan ini sudah step terakhir hanya tinggal AJB dan akad. menurut saya pihak penjual rumah dan agent property yang bisa push developer untuk pemintaan yg diminta oleh BCA, (penjual rumah tsb memiliki 15 rumah disana untuk dijual) saya sebagai pembeli hanya melakukan kewajiban saya yaitu membayar. semua surat-surat harusnya sudah di siapkan oleh agen property tsb, bila semua pembeli yang meminta bantuan kesana sini, apa guna nya agent property tsb? mereka dulu bilang kami saya sebagai pembeli tidak usah pusing mikirin surat-surat karena yang mereka urus

saya kebetulan punya kenalan orang BCA dengan jabatan Kakanwil, saya minta untuk dokumen yang ia minta untuk di ganti dengan dokumen lain, tetap tidak bisa, dengan alasan BCA dan Modern belum kerjasama.

saya sebagai pembeli, meminta kepada "agen senior" tsb untuk meminta no tlp owner rumah tsb untuk meminta solusi, tetapi tidak dikasih. saya bingung harus gimana lagi, disini saya sebagai pembeli seperti single fighter meminta bantuan ke owner modernland dan ke kakanwil BCA, dipihak penjual seperti hanya bersikap take it or leave it karena saya sudah terlanjur DP. agan-agan disini apakah bisa kasih masukan?
Diubah oleh Defelz 22-09-2014 06:36
0
4.6K
12
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.