Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Terima Suap Rp 900 Juta, Bupati Ini Mohon Ampun
SENIN, 22 SEPTEMBER 2014

Terima Suap Rp 900 Juta, Bupati Ini Mohon Ampun

TEMPO.CO, Jakarta: Terdakwa kasus suap proyek tanggul laut Biak Numfor, Papua, Yesaya Sombuk, berharap jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi menuntut hukuman ringan untuk dirinya. "Saya mengakui segala kesalahan saya sebagai bupati," kata Bupati Biak Numfor Yesaya Sombuk seusai pemeriksaan sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin, 22 September 2014.

Yesaya mengatakan tidak mengelak dan memberikan semua keterangan yang benar. Karena itulah, Yesaya memohon ampun kepada Tuhan, keluarga, jaksa, majelis hakim, dan segala pihak yang dirugikan. "Semoga saya dituntut seringan-ringannya," ujar Yesaya kepada jaksa. (Baca: Duit Suap Bupati Biak Numfor Dipecah dalam Dua Amplop)

Yesaya mengakui pernah menerima Sin$ 100 ribu atau sekitar Rp 900 juta dari pengusaha Teddy Renyut untuk membayar utangnya setelah pilkada Biak Numfor awal 2014. Uang tersebut, tutur Yesaya, diminta ketika dirinya berada di Hotel Amaris, Jakarta, 5 Juni lalu. (Baca: Tersangka Korupsi Bayari Tiket Umrah Menteri Helmy)

KPK menangkap basah Yesaya dan Teddy di Hotel Acacia kamar 715, 16 Juni lalu. Keduanya tidak bisa mengelak lagi ketika KPK menemukan barang bukti berupa Sin$ 37 ribu. "Benar, uang itu uang dari Teddy," kata Yesaya.

Karena perbuatannya, Yesaya diancam pidana 20 tahun kurungan. KPK mendakwa Yesaya menerima suap dan berusaha menyelewengkan wewenangnya sebagai bupati. "Saya sadar konsekuensinya, tapi waktu itu saya sedang kepepet," ujar Yesaya.

ANDI RUSLI

Source:
http://www.tempo.co/read/news/2014/0...ni-Mohon-Ampun

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
2.8K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.