Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kevlockAvatar border
TS
kevlock
Young IndoPreneur
Hai sobat indopreneur! Perkenalkan nama saya alfonsus kevin, lahir di lampung 25 september 1996 dan besar di batam. Sekarang tinggal di bandung cihampelas, sedang menjalani program 6 bulan di YoungEntrepreneur Academy.

Background orang tua saya, hidup serba berkecukupan. Dari kecil dilatih sama kedua orang tua untuk berusaha lebih jika ingin lebih. Ketika saya menginginkan sesuatu, orang tua selalu bilang ”tabung dong! Enak betul ngga ngapa-ngapain dibeliin barang bagus!”. Awalnya saya kesel dan menganggap orang tua ngga sayang lagi, sampai saya ingat bertahun-tahun kedepan. Sampai akhirnya saya duduk di kursi SMA, dan mulai sadar bahwa apa yang diucapkan orang tua gua ternyata maknanya dalam.

Waktu itu saya dengan tim dance (No Limit Crew) lolos ke babak semifinal Gatsby 2013, dan acaranya berlangsung di Jakarta. Waktu itu saya dengan tim punya waktu selama 3 bulan buat persiapin choreo. Waktu itu saya masih menggunakan blackberry Gemini gen 1, sobat indopreneur pasti kebayang kan betapa jeleknya kamera hp itu. Sedangkan di acara Gatsby itu, pengennya foto sebanyak-banyaknya. Kapan lagi kan bisa lolos semifinal dan di akomodasi’in semua?

Jadi waktu itu saya menargetkan untuk membeli smartphone berbasis android yang cameranya bagus dan perbandingan spec-harganya murah dibanding dengan yang lain. Akhirnya saya pilih oppo find 5. Harganya saat itu 5,5 juta. Tabungan hanya terkumpul 2 juta, dan uang jajan saya 100 ribu perminggu, belum termasuk uang makan 10 rb per hari.

Coba deh sobat indopreneurs sekalian hitung, mungkin ngga sih? jika saya hanya bergantung pada uang jajan, bisa membeli smartphone itu? Ngga mungkin kan? Makanyaa saya memikirin segala cara untuk mendapatkan uang sebanyak itu.

Yang saya lakukan saat itu adalah bawa bekal tiap hari ,artinya semua uang jajan murni masuk ke tabungan. Namun setelah melakukan semua itu, apakah akan tercapai? Setelah saya hitung-hitung, ternyata tetap aja tidak. Akhirnya saya pikirin cara lain, selain meminjam uang dan tetap mematuh tegap pada integritas.

Akhirnya saya kepikiran untuk ngajar privat nari. Setelah merekrut, akhirnya saya dapat 3 murid. Dan dibayar 500 ribu per bulan, lumayan kan? Setelah dihitung-hitung, ternyata mencukupi! Namun memang itu adalah tiga bulan yang cukup berat bagi saya, karena menahan godaan untuk ngga beli pulsa, jajan di sekolah, adalah berat bagi saya. Aku itu penjajan berat! hehehe

Namun hasilnya Nampak! Seminggu sebelum keberangkatan ke Jakarta, saya berhasil mendapatkan smartphone tersebut, OPPO FIND 5. Lalu saya teringat kata-kata kedua orang tua saya, bahwa bahwa harus bekerja lebih jika ingin lebih.




Lalu saya hubungkan dengan dunia kerja. Kalau kerja di suatu perusahaan, tentu mendapatkan gaji tetap. Jika menginginkan sesuatu yang lebih, tentu saya bakal bekerja lebih. Namun apakah bekerja lebih itu cukup sebagai karyawan? Kalau bekerja lebih 70% dari biasanya, palingan bonus paling POL cuman 30%. Terus saya mikir, kerja apa sih yang penghasilannya ngga tetap? Selalu bisa bekerja lebih jika menginginkan lebih?
.
.
.
.
.
..
...

Akhirnya ketemu jawabannya! Yaitu dengan MENJADI PENGUSAHA. Kalau jadi seorang entrepreneur, saya ngga terikat sama atasan. Saya mau lebih, ya usaha lebih. Saya termasuk orang yang ngga betah hidup dalam suatu system terikat.

Lalu awalnya saya kepikiran untuk mencari universitas bisnis ternama. Lalu saya analisa, lulusan di unniversitas x sepertinya banyak yang bagus. Lalu saya lihat total fee yang harus dibayar sampai lulus, ternyata sampai lulus biaya yang harus dikeluarkan sebesar 270 juta belum termasuk biaya hidup, selama 5 tahun! Terus saya mikir, ini serius??? Buang-buang waktu 5 tahun, dan bahkan belum memulai buka usaha!!??

Jika saya selama 2 tahun ikut workshop-workshop mahal yang belasan juta, biaya yang dikeluarkan akan sama saja. Yang ngajarar praktisi yang sudah mahir di bidangnya, bukan dosen yang kerjaannya tiap hari hanya berteori. Padahal bisnis itu adalah soal action! Materi yang didapat pun yang terkini dan updated! Bukan dari text book yang sudah berumur belasan tahun! Padahal bisnis itu selalu berubah trendnya dari waktu ke waktu.

Sobat bisa perhatikan sendiri, apakah peluang bisnis belasan tahun lalu sama dengan sekarang? Simplenya, apakah dulu sudah banyak orang mudah mengakses internet? Internet yang mudah diakses oleh semua orang, bisa jadi target pasar bukan? Apakah itu ada di buku belasan tahun yang mungkin tidak menyarankan ‘internet sebagai media marketing’? karena internet dulu mahal dan untuk kalangan atas saja. Jelas terlihat ada trend yang berubah besar kan?


Jadi, walaupun saya waktu itu duduk di jurusan IPA, saya memilih untuk tidak menjadi karyawan, melainkan jadi pengusaha. Pilihan yang berat menurut saya, karena mayoritas disekolah saya kuliah di perguruan tinggi yang favorite-favorite! ITB, UI, UGM padjajaran, dan lain lain. Artinya saya yang tidak memilih jalur kuliah, jika gagal, akan malu sekali! Itu yang menjadi salah satu motivasi besar saya saat ini. Soalnya saya mikir ,kuliah buat apa? Ijazah. Ijazah buat apa? Kerja. Klo gua ngga mau kerja jadi karyawan? Ngga perlu kuliah! hahaha

Jadi kurang lebih itulah background saya kenapa memilih jalan entrepreneur. Saya yakin sobat indopreneur sekalian punya cerita masing-masing tentang mengapa anda memilih jalur entrepreneur. Bisa anda share di page saya, klik aja“Young IndoPreneur”. Maaf jika likenya baru sedikit, karena memang baru. hehehe

Sekian perkenalan saya emoticon-Big Grin

Mohon berikan feedback! Karena itu berguna banget buat perbaikan di postingan berikutnya! FYI: ini adalah thread pertama saya. hehehe

Terimakasih sudah membaca!
ditunggu ya postingan berikutnya!!!!!
Diubah oleh kevlock 23-09-2014 04:36
0
2.4K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.