unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Golkar Terbelah Hadapi Voting RUU Pilkada
SENIN, 22 SEPTEMBER 2014



TEMPO.CO, Jakarta: Fraksi Partai Golkar bakal digembosi oleh anggotanya dalam pengambilan keputusan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah pada Kamis mendatang. Jumlah yang menyeberang diperkirakan jauh lebih banyak dibandingkan analisis fraksi, yaitu sebanyak 14 orang.

"Silent majority di Fraksi Golkar itu banyak," kata anggota Fraksi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara "Poros Muda Golkar" di Jakarta, Senin, 22 September 2014. Dia yakin sebagian besar anggota fraksi akan bersikap mendukung pemilihan kepala daerah secara langsung. (Baca: PKS: Pilkada oleh DPRD Usulan SBY)

Dia mengatakan Poros Muda mendukung pemilihan kepala daerah secara langsung. Agus beralasan pemilihan melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan merampas hak masyarakat. Menurut dia, rakyat seharusnya tetap diberikan ruang untuk menentukan arah kebijakan daerahnya. "Salah satunya melalui pemilihan kepala daerah," kata Agus.

Menurut Agus, wajar saja fraksi sudah memetakan mana saja anggotanya yang berpotensi membelot. Namun dia mengingatkan bahwa Poros Muda juga memiliki peta sendiri mengenai anggota fraksi yang bakal mendukung pemilihan secara langsung. (Baca: Gerindra Optimistis RUU Pilkada oleh DPRD Lolos)

Politikus Golkar Yorrys Raweyai mengatakan pemilihan kepala daerah melalui DPRD hanya menunjukkan hegemoni elite partai untuk kepentingan mereka. Dia menilai ada berbagai keputusan partai yang diambil tanpa memperhatikan aspirasi masyarakat.

Yorrys yakin jumlah anggota fraksi yang mendukung pemilihan melalui DPRD tidak akan lebih dari 50 orang. Jumlah anggota Fraksi Golkar di Dewan saat ini sebanyak 91 orang. "Yang berdiri mendukung tidak akan lebih dari separuh," kata Yorrys.

WAYAN AGUS PURNOMO

Source:
http://www.tempo.co/read/news/2014/0...ng-RUU-Pilkada

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.