ellypsisAvatar border
TS
ellypsis
PR matematika anak SD heboh di FB,yang benar proses atau asil?


Tadi ane nemu artikel menarik ni gan, ga tau repsol ato ngga...lets cekiprot



Merdeka.com - Sejumlah komentar mampir ke akun Facebook Muhammad Erfas Maulana. Akun tersebut mendadak menjadi perbincangan karena Erfas mengunggah pekerjaan rumah matematika milik adiknya. Soal perkalian menjadi perdebatan karena ada perbedaan konsep dalam menjawab.

Awalnya Erfas diminta adiknya membantu menyelesaikan soal 4+4+4+4+4+4 = ... x ... = .
Bagi mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro tentu itu mudah. 10 Soal adiknya selesai dikerjakan. Untuk soal di atas, Erfas mengajari adik yang duduk di kelas II dengan jawaban
4+4+4+4+4+4 = 4 x 6 = 24.
Ternyata jawaban itu salah, versi
guru yang benar adalah
4+4+4+4+4+4 = 6 x 4 = 24.
Hasil sama namun proses beda. Erfas tidak terima karena baginya yang terpenting jumlahnya. Dia pun terpancing emosinya karena sang adik yang bernama Habibi cuma dapat nilai 20. Artinya hanya benar dua, sedangkan 8 soal lainnya salah.

Setelah soal diunggah 18 September lalu, komentar pro dan kontra pun berdatangan. Sempat terjadi perdebatan antara Erfas dengan rekannya. Karena sang rekan menganggap guru sang adik sudah benar.


"Benar guru ny. Itu konsep. Maaf, hanya ingin meluruskan saja," kata Ghorizah Tyas.

"Wah bener fas...jadi kasian adekmu fas, cuma gara2 hal kecil toh sbenarnya itu sama loo, eh d salahin ik, ijin berbagi ya fas," tulis Gilang Widya Permana.

Erfas pun merespon, "Bukankah sama saja Ghorizah Tyas? Konsep yg bagaimana?soalnya saja kayak gini, bukankah harusnya bebas dimana meletakkan angka? Apakah siswa-siswi indonesia tidak boleh kreatif mengerjakan suatu masalah? Misal, bila kita ingin ke pasar johar, anda mau naik mobil atau pun motor kan bebas yg penting sampai pasar johar. Terima kasih. Mohon maaf."


Namun ada juga yang berkomentar netral, tidak menilai jawaban siapa yang benar.
"Neg nurutku sih sakjane keduanya sama. hanya saja bagi yg mengambil jurusan matematika lebih paham maksudnya fas dan mereka pasti hendak menanamkan sesuatu ke siswa. tp neg pendapatku harusnya kedua jawaban kudu dibenarkan toh masih kecil juga ga paham esensi mengapa harus 4x5 bukan 5x4," tutur Roqy Heydar.

Sadar hal itu menjadi perdebatan cukup alot, Erfas pun mengajak teman-temannya untuk tidak merasa paling benar. "Jadi alangkah baiknya kita saling berpikir terbuka, saling menghargai pendapat masing-
masing," tutup Erfas.


sumurnya disini gan

mungkin konsep yg seharusnya ya seperti maksud si guru (ane sendiri ga ngerti konsep2 di matematika ), tapi bagi ane, jika pendidikan setaraf SD sudah diwajibkan menuruti konsep yg notabene tidak mengubah hasil dari sebuah soal kenapa disalahkan, toh malah dapat mengasah kreativitas n imajinasi anak dalam menyelesaikan masalah, bukankah banyak alternatif penyelesaian matematika dan tidak terpatok pada satu cara?
pencerahannya plissss emoticon-Smilie

menurut agan2 gimana? mohon pendapatnya tapi tetap beretika yoooo emoticon-Big Grin

Just Share gan...maap klo thread ini kurang berkenan, acak2an n emoticon-Purple Repost(maklum bikin pake hp) emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati


Wassalam
emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers
Diubah oleh ellypsis 22-09-2014 12:12
0
21.6K
204
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.