pyutraAvatar border
TS
pyutra
(SHARING) Jatuh bangun dalam berbisnis
met siang agan-agan sekalian....

langsung to the point aja ya gan, ane newbie.. ini postingan pertama ane, jadi kalo ada salah-salah kata atau sesuatu yang tidak berkenan di hati agan-agan sekalian mohon dimaklumkan ya gan emoticon-Hammer2

ane sekedar mau sharing aja nih gan, mengenai pengembaraan ane di dunia "perbisnisan" emoticon-Cool

dari awal setelah lulus kuliah ane memang sangat tertarik dengan yang namanya dunia bisnis gan (ane jurusan hukum gan -ga nyambung sih sebenarnya- emoticon-Hammer2 ), maka ane putuskan setelah lulus kuliah ane mau buka usaha sendiri emoticon-Cool ,, akan tetapi setelah ane cek isi dompet, ternyata ane kaga punya modal sama sekali gan :emoticon-Sorry emoticon-Hammer2. maka ane bertekad mengumpulkan uang dulu buat modal dengan cara menjadi karyawan.... jatuhnya jadi karyawan juga... emoticon-Ngakak.

Ok skip skip skip...

Akhirnya ane sudah menjadi karyawan gan, dan sudah menduduki posisi yang cukup baik di perusahaan tersebut, modal juga sudah mulai terkumpul, dan akhirnya ane putuskan untuk mencoba berbisnis (pada saat itu ane punya pilihan apakah modal tersebut akan ane gunakan untuk berbisnis atau untuk membeli tanah, maklum ane masih tinggal di rumah ortu gan... tapi akhirnya ane putuskan untuk menggunakan modal yang ada untuk membuka bisnis).

Dengan semangat yang membara ane putuskan untuk membuka bisnis toko komputer bekerja sama dengan 2 orang teman ane, dengan modal yang ane kumpulkan selama ane bekerja. Jumlah modal tidak terlalu besar gan, oleh sebab itu toko komputer ane bisa di bilang toko kecil, bahkan barang-barang seperti laptop yang ane pajang di toko ane, rata-rata ane boleh minjem dari distributor.

alasan ane kenapa ane putuskan untuk membuka toko komputer pada saat itu adalah karena ane lihat di tempat ane untuk harga komputer dan laptop masih lumayan tinggi, dibandingkan dengan di daerah lain,, ane tinggal agak2 pelosok gan. makanya ane tergiur dengan selisih harga yang cukup besar emoticon-Matabelo... tapi ternyata dari sinilah malapetaka itu terjadi.. ceileh.. emoticon-Ngakak

Selama tiga bulan pertama setelah ane buka toko komputer tersebut, penghasilannya lumayan gan,, bahkan jauh di atas harapan ane, walaupun hasil tersebut harus di bagi 3 bersama teman-teman ane. dari sini ane mulai berangan-angan akan bisa sukses dalam berbisnis, bahkan ane sudah mulai membayangkan bakalan keluar dari perusahaan ane bekerja sekarang, dan menjadi enterpreneur murni.

Tetapi setelah bulan ke 4, terjadi musibah yang meluluh lantakkan dunia perbisnisan ane emoticon-Takut. pada bulan tersebut ada toko komputer dan gadget baru yang cukup besar masuk ke kota ane gan. pada awalnya sih, ane biasa aja, istilahnya ane siap bersaing secara sehat lah emoticon-Cool... tapi setelah ane cek range harga barang yang mereka kasih, pala ane langsung puyeng gan... harga jual laptop dan komputer mereka ternyata sama dengan harga ane tebus laptop dan komputer di distributor ane..... mampus dah ane emoticon-Berduka (S)

sebenarnya ane bisa saja menyaingi harga dari toko tersebut, tetapi ane harus mengambil barang langsung dari Surabaya (Lokasi ane di Bali gan). dan itu butuh modal besar.

pada akhirnya ane pasrah gan, dan coba meneruskan usaha toko komputer ini dengan kekuatan yang ada... tapi di tahun pertama, toko komputer yang ane bangun harus menghadapi kenyataan pahit untuk di tutup, karena sudah tidak kuat lagi untuk bertahan emoticon-Berduka (S)

Pasca gagalnya usaha pertama ane, ane cukup terpukul gan... dan merasa kapok untuk kembali berbisnis. dan memilih fokus di pekerjaan ane aja.

Tapi suatu saat, ane iseng membaca sebuah buku motivasi, kalo ga salah judulnya the power of ngutang, penulisnya Ippo "right" sentosa -CMIIW, yang ane pinjem dari teman ane. disana di jelaskan pada awal pembukanya, bagaimana sang penulis yang juga mengalami jatuh bangun dalam berbisnis, bahkan usaha pertamanya hanya bertahan 3 bulan, habis itu bangkrut.

Wooow.... api semangat bisnis ane kembali berkobar gan....

Ane coba lagi mencari-cari peluang yang kira-kira bisa dijadikan ladang bisnis, dengan modal yang kecil tentunya, karena dana ane juga tipis emoticon-Hammer2,,

Cari punya cari... ane malah kebingungan gan... kira-kira apa ya, yang bisa dijadikan lahan bisnis emoticon-Bingung (S). sampai kemudian ane teringat dengan adek ane yang pada saat itu posisinya bekerja di toko kue yang lumayan terkenal yaitu B**adtalk. setelah sesi wawancara (uda kaya apaan aja pake wawancara segala), ane tahu ternyata dia spesialis di bidang pastry,, yaitu pembuatan kue2 Tart dan sejenisnya. ga pake waktu lama ane tawarin adek ane tersebut untuk bekerja sama membuka toko kue rumahan dengan modal dari ane. lumayan gan ane keluar modal Oven dan Mixer serta peralatan dapur yang diperlukan. dan kesepakatannya kita belum buka toko dulu karena keterbatasan dana yang ada. jadi toko kue ini mengandalkan jualan online ceritanya emoticon-Big Grin , lewat media BB, Line, Wechat, FB, Insta dsb...

Alhamdulilah, hingga saat ini toko tersebut sudah berjalan hampir satu setengah tahun. dan hasil yang di dapat perbulannya lumayan.. walaupun itungannya masih kecil... tapi tetap ane syukuri... yang penting stabil aja dulu... setelah itu baru ane bakalan pikirin kedepannya gimana. insyaallah, rencana tahun depan kalau tidak ada halangan ane rencana mau buka toko-nya gan....

Nah.. itu cerita ane gan... kalo agan-agan sekalian ada cerita tentang jatuh bangun bisnis agan, silahkan di share di mari gan. niatnya untuk menjaga semangat berbisnis kita semua termasuk ane. semoga cerita agan-agan bisa menginspirasi kita semua.....

Terakhir TS mengharapkan saran dan masukan yang membangun dari agan-agan semua, maafkan TS hanya bisa membuat thread yg sederhana seperti ini. dan tidak lupa TS mengharapkan emoticon-Blue Guy Cendol (L) bila berkenan.



0
4.3K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing
Ilmu MarketingKASKUS Official
9.4KThread2.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.