Tangerang Selatan, 17 September 2014
Walaupun trit ini jadi HT ke-3 ane, tapi bukan itu niat ane bikin trit ini. Tujuan dibuatnya thread ini adalah agar warga kaskus yang kerja bolak balik pake motor lebih waspada, terutama di jalan-jalan yang berdampingan dengan jalur Trans Jakarta atau Busway, jangan sampai kejadian yang menimpa ane terulang ke agan agan sekalian. Agan yang punya pengalaman serupa silakan share di sini dan mudah2an bermanfaat bagi para warga KASKUS.
Quote:
Ternyata partisipasi share dari agan2 luar biasa banyak, ada yg ngasih nasihat, masukan, tips tapi ada jg yg share pengalaman pahit saat di jalan raya dr yg ban motor tertusuk obeng, jatuh nyerosot di jalan, nyium aspal, hampir nabrak, dan ada yg ampe tangannya kelindes mobil. jadikan itu semua PELAJARAN BERHARGA UNTUK KITA SEMUA, sbg bentuk penghormatan, ane pejeng di page one pada post #1, post #2, post #7 dan post #9. terima kasih. salam satu aspal. salam kaskus
Quote:
UPDATE :
terakhir TS melewati jalan tsb pada tanggal 4 Oktober 2014 ternyata separator busway berwarna kuning di depan halte busway Kodam sudah diganti dengan separator baru setinggi 30 cm. walaupun belum semua separator diganti tetapi minimal udah ada progress nyata. Mantap lah Pemprov DKI, tanggap.
bukti :
================================================
Ilustrasi Separator Busway Koridor VIII
Quote:
Ane diomelin sama beberapa kaskuser karena mereka kurang teliti bacanya. mohon dipahami dulu makna "SEPARATOR" dan "SEPARATOR LEPAS", separator busway adalah batu2 pemisah jalur biasa dengan jalus busway, sedangkan separator lepas adalah batu2 tersebut sudah tercecer dari tempatnya ke mana2 sehingga fungsinya sudah bukan sebagai "pemisah jalur" tetapi "pembawa petaka".
KRONOLOGI KEJADIAN:
Pada hari jumat malam tanggal 12 September 2014 sekitar jam 21:00 ane naik motor dari Bintaro, Tangerang Selatan dengan tujuan ke Pademangan, Jakarta Utara. Jalan yang ane lewati seperti biasanya adalah jalur yang berdampingan dengan Rute Trans Jakarta Koridor VIII (Lebak bulus - Harmoni). Dari bintaro, ane menuju ke arah pondok indah mall, setelah melewati underpass Pondok Indah Mall jalanan agak sedikit merayap gan, tetapi selepas itu lancar jaya (catatan : kalo di jakarta, malem sabtu biasanya ampe malem2 juga jalanan masih ramai).
Apes ane dimulai saat ane dan beberapa pengendara motor lainnya mengikuti sebuah truk molen (truk pengangkut adukan beton berbentuk kayak keong raksasa) dari selepas underpass pondok indah mall itu. dengan santainya para pemotor ngebuntutin truk itu dengan kecepatan sekitar 30 s.d. 40 km/jam, nah menjelang halte busway Kodam truk melindas batu separator busway yang lepas dari tempatnya (kayaknya separator udah lepas sebelum dilindes sama molen ini), batu separator busway tersebut melintang dan bergeser sekitar 30 cm dari posisi seharusnya. nah kalo truk molen kan bannya guedee banget, ngelindes separator busway lepas gak ngefek apa-apa, ane dan pemotor sebelah ane yang ngebuntutin truk molen kaget setengah mati gan, nah apesnya ane gak bisa menghindar karena posisi sejajar sama pemotor di sebelah ane, THINK FAST, kalo ane menghindar separator yang lepas itu, ane bakal nyerempet pemotor di sebelah ane, kalo nggak gitu ane, ya ane yang harus nabrakin motor ane ke separator yang lepas itu. masalahnya posisi separator yang menghadap ke ban motor ane bukan yang bagian landai/miringnya tetapi yang bagian belakang/tegaknya. Ilustrasi tabrakan digambarkan sebagai berikut:
dengan cuman waktu berpikir 2 detik, dengan amat sangat terpaksa ane tabrak tuh separator busway yang lepas, Braakkkkkk.....!, motor ane oleng goyang-goyang stangnya, tapi Alhamdulillah ane masih bisa mengendalikan motor ane dan tidak jatuh. jantung udah deg..deg..an setengah mati, sawan bangke istilah orang betawinya gan..
skip..skip...
lanjutlah perjalanan ane ke utara jakarta, pas masuk underpass pasar tanah abang, ane ngerasa ada yang aneh sama motor ane, kok kayak goyang-goyang dikit padahal gak ada angin di underpass itu, dalam hati berpikir apa karena nabrak separator tadi ya, ahh positif thinking aja ane gan, tapi perasaan ane tambah gak enak, trus ane pinggirin gan motor ane, nah begini ni keadaan velg motor depan ane :
MasyaAlloh.. velg ane pecah gan, diantara 2 jari-jari velg dengan panjang sekitar 20 cm dan lebar 4 cm. ban dalemnya ampe ngejendol keluar, untung gak pecah juga ban dalemnya jadi masih bisa dikendarai sampe rumah. kalau misalnya bannya juga pecah, bagaimana ane bisa pulang ke rumah...
Alhamdulillah, nyampe rumah jam 11 malem gan, ane cerita sama keluarga ane kejadian tadi, ane dinasihatin sama orang tua ane kalau lain kali hati-hati kalau di jalan. iya ...iya,,ane manggut2 aja. trus istirahat dan tidur. jujur gan, tidur ane gak nyenyak, masih sawan kejadian barusan. perasaan kepala ane muteeerrr terus gan...
esok pagi ane langsung ke bengkel gan, ganti sepasang velg (depan dan belakang) dan akhirnya ane musti ngeluarin uang Rp493.000 buat ke bengkelnya.
begini penampakan velg motor ane setelah masuk bengkel :
demikian pengalaman ane gan, pliss bgt buat yang biasa jadi pemotor di jakarta kudu hati-hati di jalan. kecelakaan terjadi bukan hanya karena kita kurang hati-hati, tetapi juga banyak yang disebabkan karena tidak memadainya infrastruktur jalan raya.
===========================================================
PENYEBAB LEPASNYA SEPARATOR BUSWAY:
Quote:
Original Posted By cahyazone►Gan, itu sparator busway bisa lepas biasanya karena ada mobil/truck/metromini/angkot yg masuk jalur busway, terus nekat keluar jalur dengan maksain ngelindes tuh sparator, hasilnya tuh sparator ga kuat nahan beban terus kelepas. Ane pernah liat sendiri kejadiannya pas ada razia polisi di cempaka putih deket itc cempaka mas. Parah emang kelakuan sopir ga tau aturan
AGAN KASKUSER YG TINGGAL DEKET TEKAPE :
Quote:
Original Posted By sitio777►halo gan, ane sebagai kaskuser yang tinggal di daerah kostrad-kodam.. turut prihatin mengenai kejadian yang agan alami..
ane juga mau menginformasikan kepada teman2 kaskuser yg sering melintasi jalur busway di jalan arteri pondok indah (khususnya bikers) agar selalu waspada ketika melintasi jalur tersebut,
karena kejadian yang dialami TS bukan kejadian 1x 2x atau 3x tapi udah banyak kejadian seperti itu.
entah ada "oknum" yang secara sengaja atau memang karena banyaknya pelanggar jalur busway yang tiba2 ingin berbelok karena biasanya macet..
oiya, ane jadi inget pengalaman sewaktu pulang main. jadi pas ts pulang sekitar jam 2an malam di arteri pondok indah.. separator buswaynya bukan di dalam jalur busway lagi tapi di tengah jalan biasa dengan posisi yang PERSIS banget seperti gambar ilustrasi di atas
jadi, hati2 ya gan..
====================================================
Pertanyaan kaskuser yang perlu DIKLARIFIKASI, jadi ane pajang di sini :
Motor agan apa?
Jawab : Suzuki Smash tahun 2004
Velg bannya dari asli pabrik bukan?
Jawab : udah bukan gan, yg lama kan model velg berjari2 banyak, udah diganti pake velg chrome CW- Casting Wheel (velg racing/palang)
ente pake ban cacing ya gan?
Jawab : bukan gan, standar velg smash, shogun dkk kok 17 inch x 275
kalo ban cacing itu di bawah 200 gan.
mungkin kualitas velgnya gak sebagus standar asli pabriknya kali gan?
Jawab : bisa jadi, tapi velg itu udah 5 tahun terpasang di motor ane kok gan, dan gpp sebelum kejadian itu..
ban nya merk apa gan? velg ampe pecah tp ban masih utuh?
Jawab : Ban luar merk DUNLOP, beli sepasang depan belakang sekitar 4 bulan yang lalu gan.
Lain kali patuhi peraturan gan. Agan udah masuk jalur busway aja dah salah ?
Jawab : ane gak masuk jalur busway gan, ane ada di jalur paling kanan deket deretan separator busway ngebuntutin truk molen bersama pemotor lainnya.
namanya motor aturannya di sebelah kiri gan, tetap aja ente salah?
jawab : yg ane tau motor wajib kiri kalao jalur jalan memang dibagi 2, jalur cepat dan jalur lambat. CMIIW. ini gan pasal 108 UU 22 tahun 2009 ttg LLAJ, silakan dibaca:
ane baca di penjelasan hanya tertulis "cukup jelas". interpretasi ane sih kalo kendaraan (motor atau mobil sesuai pasal 1) kudu di kiri kalo kecepatannya rendah dan boleh di kanan kalo kecepatannya lebih tinggi, jadi mau kiri atau kanan tergantung pada arus kendaraan pada saat itu gan..CMIIW, maaf kalo ane sotoy (ini pendapat ane lho gan)
penjelasan teoritis dari agan goodspell
Quote:
Original Posted By goodspell►meluruskan masalah sebelah kiri ato kanan
AFAIK, di bahasa teknik maupun code/peraturan mengenai jalan raya, jalur dan lajur berbeda arti gan.
Jalur itu bisa terdiri dari beberapa lajur, tetapi lajur itu ya satu lintasan saja yg dibatasi si pita putih. Misalkan jalanan dua arah, dia punya 2 jalur, dan tiap jalur terdiri dari beberapa lajur (misalkan ada 3 lajur masing2 dibatasi garis pita putih putus2, penanda jalan). Sedangkan jalur bisa dibatasi pita putih, separator, atopun island.
Nah kalo peraturanny berbunyi seperti itu, maka memang aturan motor di sebelah kiri ga hanya berlaku kalo ada jalur lambat dan jalur cepat, tetapi juga berlaku kalo satu jalur terdiri dari beberapa lajur.
penjelasan logis dari agan green.martian
Quote:
Original Posted By green.martian►Sori buat TS ya. Roda dua WAJIB di lajur kiri, kecuali mau puter balik. Titik. Gak usah panjang lebar debat pasal deh. Kita bicara pengalaman aja.
Sy waktu pake roda empat selalu was2 kalo ada roda dua berkeliaran di lajur kanan, karena ada yg namanya BLIND SPOT roda empat. Semakin besar kendaraan, semakin banyak blind spot. Entar kalo kesenggol terus jatoh aja, yg disalahin roda empat. Padahal roda dua yg nyelip2, gak mau tertib di lajur kiri.
Sy jg pengendara roda dua, dan sy selalu pake lajur kiri. Karena sy gak mau nyusahin roda empat.
Demikian penjelasan gamblang di jalur mana motor seharusnya, tapi keputusan ada di tangan agan masing2 dgn catatan risiko tanggung sendiri. INGAT...! mau di kiri atau di kanan tetep ada risikonya
OK. Back to topic tentang separator busway yang lepas.
Agan laporin aja ke Ahok ttg separator busway yg lepas ini?
jawab : ane udah punya niatan pengen sms ke Bapak Ahok di 0811944728, udah save number sejak lama di hape. tapi kok ya ane berasa agak segan gitu.
agan FikoGlass nih malahan yang lapor ke Ahok :
Quote:
Original Posted By FikoGlass►
Beliau itu pejabat yg benar2 melayani dan mencintai warga DKI,jadi jangan sungkan2 sms beliau
Ane bkn warga DKI lho padahal tp beliau tetap bls sms ane
Hidup Pak Ahok
=======================================================
Nasihat BIjak dari Agan:
Quote:
Original Posted By rifalls►Sebelumnya sudah ane laporkan jg ke pak ahok, karna sebelum kejadian menimpa agan kayak gini, sebelumnya telah menelan korban jiwa krna separator busway juga didepan pertamina dkt halte simprug yg membuat pengendara motor meninggal ditempat dan pernah terjadi kecelakaan jg didepan gandaria city dan penyebabnya jg sama ,ane jg hati2 bgt kalo lewat jalan panjang krna ane kerja di POndok Indah Mall bolakbalik ke srengseng-pondok indah. Kita tinggal tunggu prosesnya sudah ane laporin gan seminggu yg lalu dan sudah mendapatkan respon. semoga saja cepat ditindak lanjuti
Quote:
Original Posted By janganbrongkos►ikut prihatin atas musibah separator busway gan. bagaimanapun kalau kasus seperti ini sering ada laporan, berarti ada yang salah dengan desain maupun pemasangan separator tersebut. atau setidak-tidaknya bisa dikatakan minim inspeksi dan pemeliharaan.
kayanya susah deh gan ngarepin pemerintah/pemda/dinas terkait untuk ngurusin masalah ini, mungkin bagi mereka kurang urgen, jadi tambahin aja kewaspadaan dan kehati2an di jalan.
Quote:
Original Posted By lenneth07►emang bahaya gan klo jalan dibelakang mobil gede ex. truk, tronton, molen. ane pernah hampir jatoh gara2 g liat lobang krn ketutup badan mobil. klo ketemu mobil gede mending jaga jarak aj min. 5-10 meter lah klo g disalip aj.
Quote:
Original Posted By onxafn►Pertama turut
atas musibahnya, lain kali hati2, dan sebisa mungkin jangan di belakang truk molen/kendaraan berbadan besar
selain karena hal yang menimpa TS, "Kentut" dari truk juga ga enak, lebih baik segera dahului (nyalip) atau agak mundur dan beri jarak yang lebih nyaman. (biasanya ane begitu, dari pada harus ngisep kentut truk)
ane pernah seperti TS, tapi bukan separator busway, namun batu yang cukup besar, ane di belakang angkot dan ga keliatan batunya, hampir jatoh, hasilnya Velg bengkok doank (ane pake velg jari2)
hal itu yang bikin ane ngerasa lebih safe pake velg jari2, karena jika terjadi hal2 yang seperti itu, kemungkinannya hanya penyok, beda cerita jika velg racing bagaimanapun bagusnya jika kondisi seperti itu pasti ada keretakan.
testimoni agan yang lain:
Quote:
Original Posted By cycloptroop►ane juga sering lewat situ gan.. emang kudu hati2 banget kalo ambil lajur tengah.. smoga ente kaga apes lagi gan..
Quote:
Original Posted By Hidekazu..►Ane sering bgt nih lwt sini... emg rawan banget.. terutama arah dari pondok indah ke permata hijau. itu copot nya silang2, bahaya banget buat jalanan malem.. gelap pula
Quote:
Original Posted By antiinter►edaaan..sering lewat situ tuh ane gan..emang banyak banget yang lepas..malah udah gak ada separatornya
ati-ati aja gan dijalannya..udah mau skripsi, bentar lagi kuliah ente kelar, anak masih kecil.. keep safety ya bro
Quote:
Original Posted By InderaC►Wahhh..itu jalan ane setiap hari, emang udah lepas semua. Untung ane bawa mobil. Setahun lalu, separator busway nya masih lengkap lah(cuma 3-5 yang lepas). Sekarang, cuma 3-5 yang ada
Quote:
Original Posted By downkill►waduh bener nih suka ngeliat di jalan
ngeri bawaannya klo ada orang yang gk liat
Quote:
Original Posted By chaoochaoo►Wahhh lain kali hati-hati gannn ..
Ane dulu pernahnya nabrak pake mobil
untung gpp.. tapi berasa bgt gan
ane kena juga daerah situ gan .. di Jl.Panjang ..
Quote:
Original Posted By cahetankali►Emang bahaya kl jarak kita ane naik motor diblkg truk atau bus, apalagi angkot gan.... wuihhhhh mesti extra waspada.... ane pernah alamin tepatnya di depan Univ. Pancasila disitu ada aspal yg ga rata dan cenderung kaya gajlugkan.... pas ane di blkg truk...... truk lewat gajulukan ...ehhh.... lepas tuh pintu bak truk belakang yg terbuat besi ... globrraakkk.... ane dalam sepersekian detik hindarin pintu bak truk yg jatuh... untungnya sebelas kiri ga ada kendaraan... ane ngepot ke kiri... alhamdulilah selamet gan.....
untuk Separator Busway menurut ane konstruksinya kurang kuat gan.... kedalaman galian hrs lebih dalam br ga gampang lepas....liat aja di sepanjang jalan Buncit Raya gan.... pd copot tuh separator busway.....dan sangat berbahaya utk kendaraan roda dua maupun roda empat, smg hal ini cpt mendapatkan perhatian dr instansi terkait.
Quote:
Original Posted By ahlivirus►ane pernah tuh nabrak separator busway... motor memang agak oleng tapi alhamdulillah gak jatuh... & alhamdulillah juga velg motor ane gak napa-napa, maklum velg jari-jari, gan... lebih kuat dari velg racing... kalau velg agan pecah, itu karena velg racing & otomatis emang harus ganti dua-duanya... soalnya gak ada bengkel yang jual velg racing satuan...
Quote:
Original Posted By FikoGlass►Ane sebenarnya iri ,kapan ane bisa punya gubernur kaya beliau
Yang mau tau kerja Dinas Pu
Bisa cek dimari gan
Kmrn dulu ane ngeceknya di sini:
testi dan komen dari agan lanjut ke post #2
=======================================================
berita yang mirip di lokasi yang sama:
sumber :
link detik.com
berita lain yang relevan:
Separator Busway Daan Mogot Makan Korban
Separator Busway yang Lepas Sebabkan Kecelakaan
Separator "Busway" yang Kerap Makan Korban
Pembatas jalur transjakarta banyak yang lepas
========================================================
Thread ini gakmungkin repost karena ini pengalaman ane sendiri, TS menerima dengan senang hati kalau agan bagi-bagi cendol .
Terima kasih buat agan-agan
yang telah berkunjung ke semua Thread Ane.