mrsepiAvatar border
TS
mrsepi
Mr. Akbar Faisal Dulu Dan Sekarang ( NAIKAN BBM SECEPATNYA)


Quote:


Politisi asal Sulawesi Selatan ini sukses dikenal orang banyak sebagai anggota DPR dari HANURA, kemudian keluar dari HANURA sekaligus keanggotaan DPRnya gugur, lalu masuk NASDEM dan terpilih lagi jadi anggota DPR periode 2014-2019. Sikapnya sebagai oposisi terhadap Pemerintahan SBY jangan ditanya, ia dikenal sangat pandai menyeret SBY ke kasus-kasus politik yang panas, misalnya kasus Bank Century, kasus korupsi Hambalang dan kritiknya terhadap kebijakan Presiden SBY menaikkan harga BBM pada awal 2012.

Pada bulan Februari-Maret 2012, para politisi dari partai-partai di luar Pemerintahan Presiden SBY kompak menolak rencana Pemerintah untuk menaikkan harga BBM. dengan alasan utama tidak mau memberatkan rakyat. Partai mana saja yang menolak? Tentu saja partai-partai oposisi PDIP, Gerindra dan Hanura. Dan anehnya ada satu partai yang ikut memerintah yang ikut menentang, yaitu PKS, alasannya mirip-mirip mereka ‘membela rakyat’ katanya.

Simak pendapat Akbar Faisal di Tempo.co.id edisi 8 Maret 2012, saat itu politisi HANURA di DPR -Partai Hati Nurani Rakyat:
Untuk menghemat anggaran, masih ada cara lain. Lakukan negosiasi ulang penjualan gas dari Papua ke Cina sebesar US$ 3 menjadi US$ 20 per MMBTU. “Cara lain adalah menghemat biaya produksi minyak mentah (cost recovery). (Ketua DPP Partai Hanura Akbar Faisal).

Saran Akbar Faisal akhirnya berhasil dilakukan oleh Pemerintahan SBY dengan berhasilnya renegosiasi penjualan gas murah (yang dilakukan pada masa Presiden Megawati), harga gas akhirnya naik menjadi USD 8/MMBTU. Mungkin sulit menaikkan sangat drastis dari USD 3 menjadi USD 20 saat ini, yang jelas Menteri ESDM Jero Wacik menyatakan harga tersebut akan naik terus setiap tahun sesuai hasil renegosiasi, yaitu : tahun 2015 diperkirakan USD 10/MMBTU, tahun 2016 USD 12 dan tahun 2017 naik lagi menjadi USD 13,3/MMBTU.

Sabtu 23 Agustus 2014 sekitar setelah Maghrib, Akbar Faisal sebagai salah satu Wakil Ketua Tim Transisi Jokowi-JK diwawancara TVOne soal pendapatnya untuk perundingan Tim Transisi Jokowi-JK dengan Tim Pemerintahan SBY dalam rangka memuluskan serah terima pekerjaan dari Pemerintahan SBY ke Pemerintahan JKW.

Bukan Akbar Faisal namanya jika pendapatnya tidak terdengar bombastis. Sepintas saya dengar ia mengatakan Pemerintahan baru akan bangkrut jika harga BBM tidak dinaikkan (segera), Akbarpun mengusulkan kenaikan harga BBM dibagi dua, sebagian dinaikkan sampai harga tertentu oleh Pemerintahan SBY dan nanti Pemerintahan Jokowi akan menaikkan lagi ke harga tertentu.

Sharing kenaikan harga ini tidak ditanggapi oleh Menko Polhukam yang saat sama juga menjadi narasumber (via telepon). Djoko Sujanto berkata kenaikan harga BBM adalah kebijakan politik Presiden SBY, para Menteri termasuk dirinya tidak punya kewenangan. Djoko Sujantopun sedikit menyindir bagaimana mungkin seorang politisi yang tahun 2012 begitu gencarnya menentang kenaikan harga BBM sekarang malah mendesak kenaikan harga BBM? Lagi pula pernyataan Pemerintah akan bangkrut dengan postur APBN 2015 yang disusun Pemerintah SBY dan DPR, menurut Djoko Sujanto terlalu berlebihan.

Angin sedang bertiup arah, jika dulu menentang Pemerintahan SBY menaikkan harga BBM dengan alasan membela rakyat, sekarang ternyata mengusulkan kenaikan harga BBM secepatnya. Demi rakyat juga? Secara akal sehat memang betul harga BBM sekarang atau nanti saat Jokowi-JK sudah dilantik pada 20 Oktober 2014 harus naik, dua tahun lalupun alasan Pemerintah menaikkan harga BBM masuk akal juga kok.

Seandainya Akbar Faisal masuk kabinet, apakah ia masih mengusung ide merundingkan kembali harga gas Tangguh menjadi USD 20/MMBTU? Peluang untuk berbuat baik bagi Republik Indonesia di depan mata bila berhasil mendapatkan komitmen harga USD 20, sama besar peluang untuk menjadikan usulan Akbar Faisal dua tahun lalu itu cuma omong besar saja.

Diubah oleh mrsepi 25-08-2014 11:12
0
13.2K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.