Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ndawoksAvatar border
TS
ndawoks
Kenapa sih Harus Ngeblong?
Untuk Refresing aja gan....
Kita bahas dulu yang ini....

Ngeblong atau buka jalur sering di asumsikan sebagai gaya berkendara khususnya bus AKAP ini sangat jarang terjadi di bus pariwisata karena bus pariwisata mementingkan keamanan dan kenyamanan konsumen. Anda orang yang senang melakukan perjalanan luarkota atau dalam kota dengan menggunakan bus trayek AKDP atau AKAP atau dengan bus pariwisata, sewaktu anda berada di dalam bus apa lagi bus AKAP yang sedang anda tumpangi, anda pernah melihat sang driver dengan sigap mengambil jalan sebelah kanan padahal di depan sedang melintas juga kendaraan bermotor yang lain, ini banyak terdapat pada bus – bus AKAP yang sering melakukan seperti ini, ini yang di seut dengan ngeblong atau buka jalur, hal seperti ini menimbulkan pro dan kontra, karena banyak pengguna bus bukan hanya orang muda yang mayoritas suka dengan bus yang CEPAT, AMAN, NYAMAN, tetapai banyak juga orang tua yang menggunakan jasa bus untuk mengantar meraka ke tempat tujuan, sehingga banyak orang tua kurang setuju dengan aksi driver yang seperti ini, mereka lebih mementingkan keamanan dan kenyamanan, tetapi bagi para penggemar atau maniak setiap PO atau bus yang sering melakukan ngeblong atau buka jalur di anggap sebuah keharusan dan sebuah kebanggaan jika bus yang mereka tumpangi dan didolakan melakukan ngeblong atau buka jalur. Biasanya ini terjadi di pulau jawa tapi berbeda dengan bus pariwisata jawa timur.

Inilah beberapa alasan kenapa driver melakukan ngeblong atau buka jalur:

  • Gengsi disusul dengan bus yang lain: Alasan ini sering di gunakan para crew bus kenapa melakukan ngeblong atau buka jalur karena jika mereka di susul oleh bus yang lain meraka akan lebih sedikit mendapatkan setoran karena penumpang di serobot oleh yang lain. Ini di lakukan jika beda PO dengan trayek yang sama.

  • Takut di Cap Sopir Lamban oleh penumpang: Ini sering di rasakan crew jika mereka mengantar penumpang apalagi bus AKAP karena jarak yang lumayan jauh jika terlalu lamban penumpang akan mengomel. Sehinga langkah ngeblong atau buka jalur di lakukan.

  • Nek Gak Ngeblong Ora Penak : Ini adalah istilah atau slogan untuk beberapa bus trayek atau bus malam yang melayani perjalanan Jauh seperti bali – jawa – Sumatra karena dari PO sendiri membuat peraturan yang mungkin harus di lakukan jika berangkat jam segini harus tiba di kota tujuan jam segini, itu sebabnya ngeblong atau buka jalur di lakukan, tapi dengan perhitungan yang matang dan tentunya dengan crew atau driver dengan jam terbang yang tinggi atau berpengalaman, dan yang paham jalur.

  • Lek Ora Ngebut Numpak’o Becak : arti bahasa ini banyak di utarakan jika sang maniak dengan satu PO yang di idam-idamkan dan yang terkenal dengan armada yang selalu ngebut di jalanan, sehingga menjadi kebiasaan untuk melakukan buka jalur. Ini juga yang membuat para penumpang yang ingin melakukan perjalanan jauh cobalah dengan menggunkan bus ini karena pasti mendapatkan waktu yang berbeda dengan bus yang biasa.


Itu beberapa asalasan yang di gunakan para crew bus untuk melakukan ngeblong atau buka jalur, jika anda ingin melakukan perjalanan jauh menggunkan bus AKAP anda bisa menggunkan bus yang menurut anda aman, dan yang dalam sejarahnya jarang mengalami kecelakaan, jika anda suka dengan hal seperti itu atau anda senang dngan tantangan anda bisa mencari PO bus yang mempunyai crew yang berpengalaman pasti anda mendapatkan sensasi berkendara CEPAT,AMAN dan NYAMAN.

sumber www.rayyantrans/ngeblong-dan-alasanya
Diubah oleh ndawoks 17-09-2014 06:29
0
6.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.