- Beranda
- The Lounge
[Penting] Tips Memilih Mobil Bekas
...
TS
atmojo85
[Penting] Tips Memilih Mobil Bekas
Selain mobil baru ternyata di Indonesia mobil bekas pun banyak peminatnya. Hal ini tidak lain karena harga yang ditawarkan mobil bekas jauh lebih murah dan sang pembeli menyukai model dari mobil bekas tersebut. Namun para pembeli seringkali kebingungan untuk memperhatikan aspek apa saja untuk membeli mobil bekas. Nah kali ini saya akan membagikan tips membeli mobil bekas buat agan-agan semua, sehingga ketika anda ingin membeli mobil bekas anda bisa mendapatkan mobil bekas yang kondisinya bagus dan masih layak jalan. Sehingga uang yang anda keluarkan untuk membeli roda empat bekas tersebut tentunya tidak sia-sia dan sangat bermanfaat
TIPS 1 :
Spoiler for tips 1:
1. – Sebelum anda membeli mobil bekas di dealer maupun perorangan, alangkah lebih baik anda sebelumnya menjelajah di internet terlebih dahulu untuk mencari mobil bekas yang anda inginkan. Karena di jaman digital ini sudah banyak para penjual mobil bekas yang memanfaatkan media internet untuk menjual mobil mereka. Anda bisa ketik “jual beli mobil bekas” di google untuk mencari mobil bekas yang anda inginkan. Dengan begitu anda bisa membandingkan harga mobil bekas dengan mudah.
2.– yang kedua adalah wajib hukumnya untuk melihat mobil bekas yang anda incar secara langsung. Karena jika anda melihat mobil bekas secara langsung anda bisa cek kondisi mobil secara detail karena anda mengamati sendiri mobil bekas tersebut. Jika anda menyukai mobil bekas dari Jepang anda bisa mencermati kondisi body mobil apakah ada tanda-tanda bekas kecelakaan di mobil tersebut.
3.–Jika mobil bekas dari pabrikan Jepang yang anda incar maka anda bisa menomorduakan urusan mengenai mesinnya karena biasanya mobil pabrikan negara Sakura memiliki mesin yang cukup tangguh dan perawatannya yang cukup murah.Namun lain halnya jika anda membeli mobil bekas dari pabrikan Eropa maupun Amerika. Kondisi dapur pacu mobil merupakan nomor satu yang wajib anda perhatikan. Karena kita tahu sendiri jika onderdil mesin tersebut memerlukan penggantian kita perlu menggantinya dengan onderdil mobil eropa ataupun amerika yang terkenal mahal.
4.–nyalakan mobil bekas yang anda incar tersebut seminimal-minimalnya lima menit. Saat mobil bekas tersebut menyala perhatikanlah knalpot. Jika mobil bekas tersebut bermesin diesel namun mengeluarkan asap alangkah baiknya anda langsung meninggalkan mobil tersebut.
5.–Kemudian dengarkanlah suara deru mobil bekas saat dinyalakan. Jika anda mendengar suara yang aneh sedikit saja jangan sungkan untuk langsung bertanya kepada dealer atau orang yang menjualnya kalau mobil tersebut dijual secara perorangan.
6.–Ajak jalan-jalan sebentar mobil bekas yang anda incar tersebut. Jika sesuatu yang tak beres terjadi dengan mobil bekas tersebut orang awam yang bukan teknisi mobil pun pasti bisa mengetahuinya.
7.–Pembeli disini harus rajin menanyakan mobil bekas yang diincarnya kepada penjual. Anda harus menanyakan semua kondisi mobil yang dirasa anda ganjil kepada penjual sehingga semua pertanyaan anda bisa terjawab.
8.– Jangan lupa untuk memeriksa semua kelengkapan surat baik itu STNK, BPKB, faktur pembelian (asli), dan dokumen-dokumen. Kemudian konfirmasikan ke Kepolisian sesuai dengan plat nomornya. Hal ini untuk memastikan bahwa mobil bekas tersebut hasil curian atau bukan.
9.–yang terakhir adalah anda harus bijaksana dalam memilih cara pembayaran. Sekarang ini dealer mobil bekas kebanyakan sudah melayani pembayaran dengan secara kredit. Anda harus berhati-hati dalam menentukan cara pembayaran yang tepat agar tidak memberatkan anda dikemudian hari. ini sedikit bocoran Harga yang dipatok bank karena saya juga CMO disalah satu finance termuka di indonesia ... usahakan jangan kredit mobil yang lebih harganya dari yang ditentukan bank ... karena biasanya untuk mobil bekas bank hanya bisa upping harga 10% dari harga yang ditentukan dan itu sudah terlalu mahal kasian buat agan-agan yang beli cicilannya mencekek ...
HARGA SEPTEMBER 2014 :
Xenia LI 2005 Rp 77.000.000
AVANZA G 2005 Rp 95.000.000
[URL="http://www.4*shared.com/file/XmtZmp3Nba/MRP_SEPTEMBER.html"]Download[/URL] untuk harga lebih lengkap ... hilangin tanda * di 4*shared nya ...
Harga diatas disusun oleh finance tempat saya bekerja dan harga paling mahal 10% dari harga yang ditetapkan bank jadi jangan beli mobil yang lewat harga itu karena kasian agan-agan semua ....
TIPS KE 2
Spoiler for Tips 2:
*JANGAN PERNAH MAU UNTUK MELIHAT MOBIL DI SUATU TEMPAT YANG DITENTUKAN PENJUAL (misalnya ketemuan di tengah2). SELALU HANYA LIHAT MOBIL DI LOKASI KEDIAMAN PENJUAL atau SHOWROOM. hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko bahwa mobil itu dulunya ada track record yang buruk, atau bahkan mobil curian atau alat kejahatan, dsb. Kalau penjual bersikeras untuk ketemu di suatu tempat, mending langsung say good bye aja & ga perlu buang2 waktu. Lagipula ga ada salahnya berkorban a few Quids untuk jauh2 liat mobil ke alamat, daripada di kemudian hari menyesal.
*Sebelum pembicaraan berlanjut, terlebih dahulu cek keabsahan mobil tersebut. Cek STNK, BPKB, faktur (kalo mobil CBU), akta jual beli (kalo mobil lokal / CKD), TNKB. Semuanya harus asli, tanpa terkecuali.
*Cek data2 yang terdapat di surat2 di atas, sama yang tertera di mobil, misalnya No rangka & no mesin pada STNK & BPKB harus sesuai satu sama lainnya, juga harus sesuai dengan yang tertera di mobil.
*Kalo ada kecurigaan mengenai keabsahan no rangka atau no mesin, segera tinggalkan mobil itu... ingat, intuisi selalu benar... ciri2nya bisa diperhatiin : no rangka yang "buatan" atau "tambalan" pasti kalo diraba sekelilingnya ada semacam "bekas las2an", walaupun udah dicat lagi tapi tetep aja ada perbedaan kontiur permukaanya. No rangka yang asli akan sejajar sama sekelilingnya.
*Cek kondisi identitas mobil sesuai dengan yang tertera di halaman 1 BPKB. abpabila diketahui ada perbedaan identitas tanppa ada keterangan di BPKB (misalnya warna asli item berubah jadi silver, aslinya 4 pintu jadi 2 pintu, dll), ga usah buang2 waktu & segera tinggalkan tempat itu.
INGAT, keabsahan administrasi & legalitas sebuah mobil adalah yang paling penting. Ada pelanggaran satu pun, segera tinggalkan mobil itu. Mau si penjual mengutarakan alasan apapun, ga usah didengerin.
*Bagian bodi & chassis mobil. Liat dengan seksama apakah ada karat di bagian chassis... cara paling gampang untuk deteksi karat adalah liat di bagian lis kaca depan-samping-belakang, di bawah bagasi (tempat ban serep) dan di kolong mobil.
*Usahakan mencari mobil dengan bodi yang utuh & orisinil, tanpa modifikasi apapun, dan pehatiin "nut" (lekukan) bodi harus masih lurus. Usahakan pula mencari mobil yang cat nya masih orisinil, karena sejujurnya, lebih baik beli mobil yang cat nya udah usang atau kusam tapi omasih orisinil, ketimbang cat nya mengkilap tapi sudah repaint. karena kalo untuk repaint, kita harus tau dengan mata kepala kita sendiri bagaimana hasil kerjanya.
*Oke lah kalo masih bersikukuh dengan cat repaint. Fine, nothing wrong with that. Tapi pastikan warna setelah repaint sama persis atau similar dengan warna aslinya. Hal ini akan berkaitan dengan keabsahan STNK. Jangan pernah ambil mobil yang warna asli & warna repaint nya beda tanpa ada keterangan di BPKB.
*Mesin, usahakan kondisi mesin masih prima, keempat silinder masih bekerja dengan baik dengan pressure yang sama (diukur pake pressure gauge lewat lobang busi). Pengapian (koil & kabel busi) dalam kondisi baik. Cek juga kebocoran yang ada apabila ruang mesin keliatan "basah" oli. Kebocoran di ruang mesin biasanya disebabkan :
1. gasket (paking) antara silinder sama kepala silinder, karena di sambungan ini ada jalur oli dari crankshaft di crankcase untuk disirkulasiin melalui klep kembali lagi ke crankcase. Kalo ini ada kebcoran, berarti harus turun mesin 1/2 untuk ganti gasket cylinder + gasket head + seal klep.
2. gearbox. kebocoran gearbox harus diliat dengan cara ngolong, yaitu liat di bagian antara sambungan gearbox sama rumah kopling. kebocoran biasanya terjadi karena gearbox gasket yang udah jelek, karena selama ini males ganti oli transmisi manual (untuk mobil M/T), jadi gearbox menahan panas & getaran hanya dilindungi oleh oli yang tua & udah jelek.
3. pompa & selang power steering. pompa power steering jarang bocor (kecuali kalo pemilik sebelumnya kebangetan sampe oli power steering nya kering). Yang paling sering menyebabkan kebocoran adalah selang power steering yang ada 2 jenis : hi-pressure & low-pressure. kalo bocor, ya harus ganti selang power steering.
4. master rem. kalo yang ini biasanya disebabkan karena seal master rem ya udah getas & jelek, sehingga udah ga kuat nahan tekanan hidraulik dari minyak rem. Kalo udah begini, solusi yang paling bijaksana adalah ganti master rem
*Transmisi, untuk transmisi manual, pastiin kopling masih bekerja dengan baik. caranya adalah masukin gigi 1 pada kondisi diam, lalu injek rem dalem, sambil dilepas koplingnya... kalo mobil perlahan2 mati sembari ada gaya tolak mobil ke depan, berarti kopling masih berfungsi dengan baik. permasalahan palingan pada kampas kopling + matahari yang udah mulai abis, so it should be a general replacement. FYI, umur kopling bisa sampe 50-60rb km. Cek juga bushing transmission lever... pas gearshift lever ada di posisi netral, gerak-gerakin ke kiri & ke kanan. seharusnya ga boleh ada gerakan oglak-oglek. Kalo oglak-oglek, berarti bushing transmisinya udah jelek.
Untuk transmisi matic, awalnya tanya dulu sama pemiliknya, setiap berapa km dia ganti oli matic, dan setiap berapa km dia kuras oli matic, dan pake ATF apa??? kalo si penjual keliatan bingung jawabnya, atau keliatan ga ngerti interval yang baik, segera tinggalin tempat itu karena anda cuma akan dapat masalah di transmisi matic nya. Kunci dari gimana transmisi matic bisa awet adalah kesadaran dari pemilik atas pentingnya ATF. FYI, interval penggantian oli ATF adalah 10-15rb km, dan untuk kuras oli matic sekitar 20rb km. ATF yang dipake adalah ATF Dexron-3.
*Wiring & kelistrikan. Usahakan hanya cari mobil yang wiring & kelistrikannya masih standar & ga pernah dimodifikasi dengan cara apapaun. Karena kalo udah bermasalah, akan setengah mati nyari sumber failure nya, harus ngurut kabel, dan beresiko jadi pemicu korsleting & keabakaran pada kabel yang terkelupas atau kebuka sambungannya.
*Kaki-kaki & suspensi. pertama cek shockbreaker. shock yang udah jelek pasti ada semacam leleran oli, itu tandanya shock udah bocor. gejalanya adalah mobil jadi lebih rendah dan jadi ajrut2an pas dibawa. yang kedua, pas test ngebut, coba direm. kalo pedal rem + setir jadi bergetar, berarti piringan cakram rem depan bergelombang & ga rata, biasanya disebabkan karena kampas rem yang udah tipis masih dipaksa untuk ngerem, akibatnya justru menggerus permukaan cakram.
sebetulnya ada cara yang lebih gampang untuk cek kaki2. mobil yang kaki2nya masih bagus, tingkat keausan ban di keempat rodanya pasti similar. karena itu, hindari ambil mobil yang ban nya lain2 merek antara depan-belakang-kiri-kanan, karena itu jadi indikator bahwa ada yang ga beres dengan kaki2nya. SELALU hanya ambil mobil yang keempat bannya sama persis, baik dari merek, ukuran, tingkat keausan, kode produksi, dll.
Okay, I don't know shits about cars, nothing about engines, nothing about gearbox, and so. What should I do to avoid dodgy-crappy car??? Kalo kondisinya gini, spare lah sekitar 100rb sampe 200rb untuk bawa mobil itu ke Bengkel Resmi bilang : "mas minta general check soalnya ini mobil second, sama sekalian cek apa aja yang udah harus ganti atau ada kerusakan apa." Ingat, penjual yang baik ga akan keberatan diajak ke Bengkel Resmi untuk inspeksi mobilnya.. penjual yang enggan atau keliatan keberatan, boleh dicurigain nyembunyiin sesuatu.
Jangan lupa cendol dan rate 5 ya gan
Diubah oleh atmojo85 25-09-2014 07:27
0
5.6K
Kutip
47
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.3KThread•84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru