Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wildlokzAvatar border
TS
wildlokz
[KEBIASAAN BARBAR ORG INDO!!]Ada Coretan 'Adnan' dan 'Sobia' di Tembok Besar Tiongkok
Jakarta - ‎'Belum ke Tiongkok, kalau belum ke Great Wall'. Ya, begitulah kira-kira ungkapan familiar bagi pelancong atau siapa saja yang berkunjung ke negara yang dulu kita menyebutnya China. Namun dibalik kemegahan keajaiban dunia itu, 'Great Wall' kini tak luput dari tangan-tangan jahil. Duh!

Det‎ikcom berkesempatan mendaki 'Great Wall' pada Rabu (11/9/2014) lalu. Berangkat dari pusat kota Beijing, tiba sekitar 1 jam kemudian di Great Wall yaitu masuk dari pintu Ba da ling.‎ Dari sini disediakan bus untuk tiba sekitar 15 menit kemudian di pintu tiket.

‎Harga tiket yang ditawarkan ¥45 atau sekitar Rp 90.000. Dengan harga segitu, kita diajak menaiki kereta gantung terlebih dulu sekitar 15 menit hingga sampai di jalur pendakian pertama tembok besar Tiongkok.

Jepret! Jepret! Begitu ke luar dari pintu masuk, tak sabar para pelancong dari berbagai kota dan negara ingin berfoto di tengah megahnya tembok besar Tiongkok. Tak hanya kekokohan tembok yang membuat takjub, tapi juga pemandangan pegunungan yang ditawarkan.

Tidak mudah memang menyusuri jalur 'Great Wall', selain naik turun, juga karena tak semuanya memiliki anak tangga sehingga terasa mudah letih saat mendaki. Tapi baru sekitar 500 meter mendaki, ada pemandangan yang mengganggu mata.

Jika dicermati pada dinding-dinding yang kokoh itu, sesekali kita bisa melihat ada karya tangan-tangan jahil. Ya, ada coretan-coretan‎ yang ditulis dengan berbeda bahasa dan warna tulisan. Sebagian besar mungkin merujuk pada nama seseorang.

Seperti, 'A5-JK/12 Person/MYANMAR', yang ditulis dengan tinta putih. Ada juga tulisan mandarin yang dilingkari dengan simbol cinta ditulis dengan tinta hitam. Ada 'GHT CBJ', juga dengan tinta hitam.

Paling banyak adalah tulisan mandarin, bahkan coretan itu diabadikan di 'Great Wall' dengan menggores atau semacam mengukir karena kokohnya dinding 'Great Wall'. Tulisan lainnya seperti membentuk nama 'ADNAN' dengan tinta merah, sebelahnya terpampang 'Sobia'‎ dengan tinta hitam.

Padahal, ada banyak pengumuman terpajang di beberapa titik pendakian yang ditulis dalam bahasa mandarin dan Inggris: "Please Protect Cultural Relics. No Graffiti".

Semoga saja tidak ada orang Indonesia yang ikut-ikutan menorehkan catatan hitam di Tembok Besar Tiongkok.

http://news.detik.com/read/2014/09/1...?991104topnews

kebiasan barbar emang sulit di ubah emoticon-Betty

kemaren di jepang skrg di tiongkok emoticon-Betty
0
3.5K
35
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.