Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

humaediAvatar border
TS
humaedi
Minyak Sehat, Minyak Jahat
emoticon-NgakakNewbie coba baca dengan seksama informasi berikut ini:emoticon-Ngakak

emoticon-KissMemahami Gizi Minyak Goreng Sehatemoticon-Kiss

MUNGKIN ada yang mengira semua jenis minyak goreng memiliki kandungan gizi yang sama. Masih banyak yang memilih minyak goreng kelapa sawit ketimbang coba mengenal jenis minyak goreng lain. Padahal masih ada minyak goreng kelapa atau minyak goreng jagung.

Jangan mengabaikan penggunaan minyak goreng. Kandungan zat yang berbahaya dalam minyak goreng tidak sehat. Bisa menumpuk di tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit mulai kolesterol, asam urat, hingga plak di pembuluh jantung.

“Perhatikan selalu mutu minyak goreng,” ujar Esra Lines, Ahli Gizi dari Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda.

Esra mengatakan, minyak goreng kelapa sawit paling sering digunakan. Menurutnya, kandungan dalam minyak kelapa sawit lebih baik daripada minyak lainnya. Komposisi kandungan asam lemak jenuh dan tak jenuh ganda seimbang dalam minyak kelapa sawit. Sehingga membuat minyak goreng kelapa sawit baik dipilih sebagai minyak yang lebih sehat untuk menggoreng makanan.

Omega 6 dalam minyak goreng (kelapa sawit) membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. “Karena lemak tidak jenuh tidak bisa diproduksi tubuh, jadi sumbangan asam lemak tak jenuh dari minyak sawit lewat makanan yang kita konsumsi membantu menyehatkan tubuh,” urai Esra.

Bagaimana dengan minyak kelapa? Mungkin banyak orang mengira minyak kelapa lebih sehat dibanding minyak kelapa sawit. Tapi ini ditepis Esra. Menurutnya, minyak kelapa banyak mengandung asam lemak jenuh.

Namun setengah dari kandungan lemak jenuh minyak kelapa adalah lemak jenuh berantai sedang. Maksudnya, lemak jenuh itu masih bisa dicerna tubuh sehingga tidak membahayakan kesehatan.

“Minyak kelapa yang diolah sendiri tanpa campuran apapun lebih menyehatkan. Tapi tetap saja tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena kandungan lemak minyak kelapa tinggi,” tegas Esra.

Selain minyak kelapa, ada juga minyak goreng yang diolah dari jagung. Minyak jagung, kandungan gizinya sama seperti di kandungan minyak sawit dan kelapa. Terdapat asam lemak jenuh tunggal dan ganda. Tapi kadar lemaknya lebih rendah dibanding minyak kelapa sawit atau minyak kelapa. Jadi, bisa dibilang menggunakan minyak jagung lebih sehat dibanding jenis minyak goreng lainnya.

“Untuk makanan orang yang sedang berdiet, mengidap diabetes lebih baik menggunakan minyak jagung. Lebih rendah lemak, sehat,” ujarnya.


http://bit.ly/1v3C2Fd
Diubah oleh humaedi 25-08-2014 10:55
0
1.3K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.