droidflowAvatar border
TS
droidflow
Ini Dia Gan Solusi Dari Masalah Yang Sering Timbul Dalam Pendaftaran CPNS Tahun 2014!


Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum untuk Tahun 2014 sudah memasuki hari ke-14, bahkan terdapat beberapa Instansi yang sudah menutup pendaftaran seperti contoh Kementerian Kehutanan dan Kementerian Keuangan. Namun sayangnya sampai saat ini masih banyak pendaftar yang masih menemukan hambatan dalam melakukan pendaftaran di situs Panselnas.Menpan.go.id. Sebenarnya masalahnya beragam mulai dari masalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) sampai salah ketik Nomor Ijazah, berikut solusi dari permasalahan-permasalahan yang sering timbul dalam pendaftaran di situs Panselnas yang dapat Anda terapkan.

1. Ketika ingim mendaftar di situs Panselnas, Nomor Induk Kependudukan (NIK) Sudah Terdaftar Padahal Saya belum mendaftar sama sekali, bagaimana solusinya?

Ini merupakan masalah yang sering timbul dalam pendaftaran CPNS, dimana banyak pelamar mengaku bahwa NIK mereka tidak valid ketika dimasukan dalam formulir registrasi di situs Panselnas. Adapun penyebab dari tidak validnya NIK Anda tersebut ada dua kemungkinan yang pertama adalah Ada seseorang yang tidak sengaja salah mengisi NIK nya ketika melakukan pendaftaran CPNS di situs Panselnas. Alasan kedua adalah bahwa ada yang sengaja "mencuri" NIK untuk digunakan dalam pendaftaran CPNS di situs Panselnas. Adapun tujuan dari pencurian NIK itu bermacam-macam, ada yang bertujuan mencoba-coba ataupun sengaja menggunakan Nomor NIK Anda untuk mendaftar dengan namanya karena NIK yang Anda punya hampir sama dengan miliknya (hanya berbeda satu angka).

Kalau sudah begini, hal yang pertama Anda lakukan adalah tenang dan menghubungi Panselnas melalui email mereka di Panselnas@menpan.go.id. dengan menyertakan hasil scan KTP, Ijazah dan Akta kelahiran.

2. Kalau Salah Pilih Instansi dalam Pendaftaran CPNS, apakah bisa dirubah?

Mungkin diantara Anda yang sudah mendaftar menemui kendala dalam memenuhi Persyaratan Instansi yang Anda lamar, hal ini mungkin dikarenakan kurang cermatnya Anda dalam membaca persyaratan sebelum mendaftar. Jika sudah begini maka dapat dipastikan Anda telah gagal dalam seleksi CPNS Tahun 2014. Pihak Panselnas sendiri melalui akun twitternya mengatakan bahwa pelamar yang salah pilih instansi tidak bisa melakukan perubahan pemilihan instansi, hal itu berarti harapan Anda menjadi CPNS tahun ini pupus sudah. Namun adakah solusinya? Well, jika Panselnas sudah mengatakan demikian maka secara resmi jawabannya adalah tidak!

Namun jangan khawatir! jika Anda ingin benar-benar dapat merubah instansi maka ada cara lain. Cara tersebut adalah dengan mengirim e-mail pengaduan kepada Panselnas di alamat email mereka Panselnas@menpan.go.id agar menghapus NIK KTP Anda yang terdaftar dengan namun jangan sebutkan karena alasan salah pilih Instansi, namun dengan alasan bahwa Anda belum mendaftar dengan NIK tersebut dan Ada orang yang telah mendaftarkan NIK Anda tersebut tanpa sepengetahuan Anda, ya seperti e-mail pengaduan NIK yang saya jelaskan dalam poin pertama di atas.. eittssss..di sini memang agak sedikit illegal, namun pikirlah secara jernih apa salahnya merubah instansi?, toh Anda tidak mendaftar lebih dari satu Instansi bukan? disampung itu mengapa saya katakan bahwa hal ini tidak melanggar ketentuan karena banyak instansi mengeluarkan persyaratan khusus setelah kita mendaftar di Panselnas, sehingga qualified atau tidaknya diri Anda belum bisa dipastikan pada saat Anda mendaftar di situs Panselnas.

3. Bagaimana kalau pas memilih formasi jabatan dalam situs SCCN maupun situs Instansi yang membuka lowongan tidak ada pilihanya?

Ada dua kemungkinan apabila terjadi pada Anda masalah ini, yang pertama adalah Jurusan pendidikan Anda tidak ada yang sesuai dengan lowongan yang Anda daftar, kalau sudah begitu maka ini salah Anda, solusi yang bisa diberikan adalah dengan mengirim E-mail ke Panselnas agar NIK Anda dihapus dari Database mereka sebagaimana yang saya jelaskan di atas. Adapun kemungkinan kedua adalah adanya kerusakan dalam sistem website SCCN BKN, oleh karena itu yang harus Anda hubungi adalah pihak BKN bukan Pihak Panselnas. Anda dapat menghubungi mereka melalui kontak yang mereka sediakan di website resmi mereka. SCCN BKN. Hal ini juga berlaku terhadap masalah tidak sesuainya data, nama, lowongan , NIK dan lain sebagaianya di website SCCN, silahkan hubungi mereka untuk memperbaiki hal tersebut. Namun yang perlu Anda ingat, protes tersebut hanya sebatas perbaikan data sebelum Anda mencetak tanda bukti registrasi di Situs SCCN BKN, jika Anda telah melakukan pencetakan maka semua data-data yang telah masuk tidak dapat dirubah kembali. Oleh karena itu berdoa saja agar kesalahan data tersebut tidak diperhatikan instansi yang berkenaan.

4. Bagaimana jika pelamar tidak atau belum menerima email konfirmasi dari Panselnas setelah melakukan pengisian formulir registrasi di situs mereka?

Hal ini juga telah sering dijawab oleh Pihak Panselnas di akun twitter resmi mereka, berdasarkan keterangan mereka,p elamar yang belum menerima email konfirmasi dapat langsung login ke instansi yang dituju minimal 1X24 jam setelah pengisian formulir registrasi. Login ke instansi yang dituju menggunakan username yakni “NIK” dan password yang sama seperti saat pelamar melakukan input saat pengisian formulir registrasi. Namun jangan khawatir, Email konfirmasu akan tetap dikirimkan oleh mereka, pelamar dimohon untuk bersabar.

5. Mengapa ketika saya melakukan registrasi di pansenas.menpan.go.id tidak ada pilihan instansi yang dituju dalam daftar?

Hal itu berarti bahwa Intansi yang Ada lamar belum dibuka, oleh karena itu Anda harus bersabar, biasanya pembukaan CPNS Pemerintah Daerah akan seluruhnya diumumkan ketika seluruh lowongan Instansi pusat selesai diumumkan. Silahkan menunggu kesempatan itu.

Untuk mengetahui isi dari seluruh postingan ini, silahkan klik link di bawah ini: emoticon-Cendol (S)

Source : http://www.gultomlawconsultants.com/...ns-tahun-2014/
0
28.6K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.