Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gamunaf1kAvatar border
TS
gamunaf1k
Pemerintah Mati-matian Loloskan Pilkada Langsung
EMPO.CO, Jakarta - Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan mengatakan pemerintah bakal ngotot meloloskan opsi pemilihan langsung dalam Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah. Meski demikian, sampai kemarin, mayoritas fraksi di DPR bulat mendukung opsi pemilihan melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

"Pemerintah akan habis-habisan melobi mereka," ujar Djohermansyah ketika dihubungi kemarin. Upaya lobi ini, ujar dia, akan dilakukan dalam rapat antara pemerintah dan Panitia Kerja RUU Pilkada yang digelar hari ini di DPR, Senayan. Agenda rapat ini adalah pengambilan keputusan opsi pemilihan yang akan dibawa ke rapat paripurna DPR pada 25 September nanti.

Kemarin, pemerintah dan tim kecil Panitia Kerja RUU Pilkada menggelar rapat di Hotel Millennium, Jakarta. Agendanya, merumuskan dua opsi pemilihan kepala daerah, yaitu memilih secara langsung atau tidak langsung. Sehari sebelumnya, mereka juga menggelar rapat serupa. Menurut Djohermansyah, dalam rapat itu, tidak ada fraksi di DPR yang berubah sikap.

Selain pemerintah, fraksi di DPR yang mendukung pemilihan kepala daerah langsung adalah Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat, dan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa. Tiga partai ini termasuk koalisi partai penyokong Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam pemilihan presiden lalu. (Baca: Ahok Ingatkan Gerindra Minta Bantuan PDIP)

Adapun enam fraksi lain, yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih penyokong Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, bertahan pada opsi pemilihan melalui DPRD. Keenam fraksi adalah Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Partai Golongan Karya, dan Fraksi Partai Demokrat.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan sudah menyiapkan alternatif pilihan lain jika opsi pemilihan langsung dan pemilihan melalui DPRD berakhir buntu. Opsi itu, ujar dia, memberikan wewenang kepada daerah dalam memilih mekanisme pemilihan kepala daerah sendiri. "Opsi ini masih saya simpan,” tutur Gamawan.

Menurut hasil survei yang dilansir Lingkaran Survei Indonesia, mayoritas responden menolak pilkada oleh DPRD. Bahkan hasil itu menyebutkan lebih dari 80 persen responden yang mengaku memilih partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih dan mendukung Prabowo-Hatta menghendaki pilkada langsung.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani yakin Koalisi Merah Putih tetap solid mengusung pilkada oleh DPRD. “Pilkada melalui DPRD akan memberikan banyak manfaat untuk rakyat,” katanya.

Partai Demokrat sendiri mulai goyah dengan pilihannya. Menurut Ketua Harian Partai Demokrat Sjarifuddin Hasan, partainya sebenarnya merasa lebih cocok pilkada oleh DPRD hanya untuk bupati atau wali kota. "Saya pikir, (untuk) tingkat tertentu, bagus pemilihan langsung ketimbang melalui parlemen. Misalnya pemilihan gubernur," ujarnya.

Sumur:

http://www.tempo.co/read/news/2014/0...lkada-Langsung


“Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”

Kerakyatan
Berasal dari kata rakyat,yang berarti sekelompok manusia yang berdiam dalam suatu wilayah tertentu. Ini menjelaskan bahwa kekuasaan yang tertinggi berada di tangan rakyat. Dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.




Hikmat kebijaksanaan
Berarti penggunaan pikiran atau rasio yang sehat dengan selalu mempertimbangkan persatuan dan kesatuan bangsa, kepentingan rakyatdan dilaksanakan dengan sadar, jujur, dan bertanggung jawab serta didorong oleh itikad baik sesuai dengan hati nurani.



Permusyawaratan
Suatu tata cara khas kepribadian Indonesia untuk merumuskan atau memutuskan sesuatu hal berdasarkan kehendak rakyat hingga tercapai keputusan yang berdasarkan kebulatan pendapat atau mufakat.



Perwakilan
satu sistem arti tata cara (prosedur) mengusahakan turut sertanya rakyat mengambil bagian dalam kehidupan bernegara, antara lain dilakukan dengan melalui badan-badan perwakilan.



Makna dari simbol kepala banteng

Banteng (latin: Bos Javanicus ) atau biasa disebut dengan lembu liar merupakan hewan sosial yang suka berkumpul.
Kepala banteng juga dimaknai sebagai lambang tenaga rakyat.


Pengamalan dalam Kehidupan

Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan.
Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil musyawarah.


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0
5.9K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.