Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deri1120Avatar border
TS
deri1120
Bentoel PHK Karyawan, Ini Tanggapan CT
Industri rokok dalam negeri belum pulih. Buktinya, belum lama perusahaan rokok PT HM Sampoerna merumahkan 4.900 pekerjanya di Lumajang, Jawa Tengah, kini giliran perusahaan rokok PT Bentoel International Investama Tbk berniat mem-PHK seribuan karyawannya.

Lalu, apa tanggapan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung?

"Di dunia usaha kan bisa menang dan kalah dalam persaingan," kata CT selepas peresmian Center for Sustainable Infrastructure Development di kampus UI Salemba, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

CT menyayangkan hal itu terjadi. Menurutnya, jika ada satu sektor. Industri yang kini tengah rapuh, maka perlu ada sektor industri lain sebagai penunjang agar dampak negatifnya bisa dihilangkan.

CT mengatakan, caranya bermacam-macam. Yang mendasar adalah pembangunan infrasturktur yang bisa menimbulkan efek domino yang besar.

"Sektor lainnya ditumbuhkan jadi jangan dikotomi. Sektor lain di kembangkan, infrastruktur bagus kuat punya daya saing, investasi masuk, industri berkembang, ekonomi tumbuh luar biasa, penyerapan TK bertambah," katanya.

Seperti diketahui, perusahaan rokok Bentoel berniat untuk merumahkan seribuan pegawainya. Head of Corporate & Regulatory Affairs Bentoel Group Shaiful Bahari Mahpar mengatakan, rencana PHK ini dilakukan secara sukarela.

"Pengunduran diri kami tawarkan secara sukarela kepada buruh, dan mereka kami berikan waktu untuk memikirkan," katanya kepada wartawan di kantornya, Jalan Raya Karanglo, kemarin.

Dia mengungkapkan, efesiensi ini tidak bersifat memaksa. Para buruh bebas menentukan pilihannya. Pihaknya juga bakal memberikan kompensasi mengadu pada perundang-undangan yang berlaku.

"Dan juga reward perusahaan terhadap buruh tersebut sesuai masa kerjanya. Kami akan memberikan pelatihan untuk mengelola kompensasi yang diterima," ungkapnya.

Hal serupa juga dilakukan oleh Sampoerna beberapa bulan lalu. Pada akhir Mei tahun ini menghentikan kegiatan produksi pabrik Sigaret Kretek Tangan (SKT) yang berlokasi di Jember dan Lumajang. Dampaknya ada total 4.900 karyawan yang terkena PHK.

Sampoerna menutup dua pabrik itu dalam rangka merestrukturisasi operasional di pabrik-pabrik SKT miliknya. Emiten berkode HSMP itu akan fokus melanjutkan produksi SKT di lima pabrik lainnya di Surabaya (Rungkut I, Rungkut II dan Taman Sampoerna), Malang, dan Probolinggo.

http://finance.detik.com/read/2014/0...i-tanggapan-ct

Rokok adalah racun yang berbahaya. Ini saatnya beralih ke industri lain yang lebih bermanfaat dan menguntungkan.





Mutiara Al Qur'an Surat Al-An'am Ayat 114-115

114. Pantaskah aku mencari hakim selain Allah, padahal Dialah yang menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu secara rinci? Orang-orang yang telah Kami beri kitab mengetahui benar bahwa (Al-Qur'an) itu diturunkan dari Tuhanmu dengan benar. Maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu.

115. Dan telah sempurna firman Tuhanmu (Al-Qur'an) dengan benar dan adil. Tidak ada yang dapat mengubah firman-Nya. Dan Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.
0
4.8K
55
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.