Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

audinnoAvatar border
TS
audinno
Obyek Wisata Daerah Kutai Timur
emoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahari
ane cma mw share sedikit ttg t4 wisata yg ada di Kutai Timur nih gan...
lgsung aja dah...cekidot:::
emoticon-Kaskus Loversemoticon-Kaskus Loversemoticon-Kaskus Lovers
emoticon-rainbowemoticon-rainbowemoticon-rainbow


Kabupaten Kutai Timur



Kabupaten Kutai Timur dengan ibukotanya Sangatta letaknya sekitar 400 km dan kota Samarinda. Di kota Sangatta terdapat pertambangan batu bara terbesar di Kalimantan Timur PT Kaltim Prima Coal (KPC) lengkap dengan sarana dan fasilitas bagi karyawannya antara lain perumahan, pendidikan, taman rekreasi dan olahraga.
Kabupaten ini merupakan salah satu wilayah hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai dan memiliki 17 wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Sangatta (Ibukota Kabupaten), Kec. Sangkulirang, Kec. Muara Bengkal, Kec. Muara Ancalong, dan Kec. Muara Wahau, Telen, Sandaran, Busang, Kaliorang, Kongbeng, Bengalon dan keseluruhannya memiliki 124 desa.

1. Goa Ampanas Pangadan dan Goa Mardua

Goa Ampanas Pangadan dan Goa Mardua terletak di sekitar jalan raya Sangkulirang-Muara Wahau, kurang lebih 225 km dari Samarinda. Daya tarik goa ini adalah lubang gua yang cukup panjang juga terdapatnya ornamen stalagtit dan stalagmit yang terjadi karena proses alam selama beratus-ratus tahun. Beberapa stalagtit dan stalagmit tersebut berbentuk sedutan limun (sodastraw stalagtiti), mangkuk(canuhte), kristal bercahaya (gundam), lempengan transparan tipis (cave craft) dan bentuk taji ayam.
Selain daya tarik alamnya, daya tarik kondisi geologi lokasi ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan. Proses pembentukan gua sehingga menghasilkan bentuk yang sedemikian rupa dapat menjadi nilai tambah lokasi ini, apalagi terdapat pula sumber mata air panas.

2. Goa Gunung Kombeng

Goa Gunung Kombeng yang terdapat di Gunung Kombeng. Di dalamnya tersimpan patung peninggalan Raja Mulawarman karena dahulunya goa ini memang dipergunakan sebagai tempat pemujaan Raja Mulawarman. Untuk mencapai goa dengan keindahan stalagtit dan stalagmit ini dapat ditempuh dengan kendaraan dari Samarinda menuju Sangatta dan selanjutnya ke Muara Wahau.

3. Desa Miau Baru

Desa Miau Baru letaknya sekitar 20 km dari Muara Wahau di pinggir trans Kalimantan menuju ke Kecamatan Berau sehingga untuk berkunjung ke daerah ini tidak dapat dijangkau dengan kendaraan umum reguler. Daya tariknya adalah kekayaan seni budayanya dari suku Dayak Kayan, Lamin dan masyarakatnya yang ramah. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi desa ini dapat menghubungi rurnah Kepala Desa Mau Baru atau datang langsung ke Lamin, rumah tradislonal khas suku Dayak ini.

4. Long Segar dan Long Noran

Long Segar dan Long Noran merupakan dua desa yang bertetangga termasuk dalam Kecamatan Muara Wahau. Terletak di tepi Sungai Wahau, untuk mengunjunginya dapat dicapai dengan kapal sungai dari Samarinda ke Long Noran atau Long Segar. Mayoritas penduduk desa ini berasal dari suku Apo Kayan. Desa ini kaya akan daya tarik seni budaya dan kerajinan seperti Mandau (berbentuk pedang), patung dan lain-Iain. Di desa ini sudah tersedia fasilitas akomodasi untuk para wisatawan, yaitu di lamin (rumah) tradisional mereka yang sebenarnya juga rnerupakan daya tarik bagi wisatawan, termasuk kisah tentang lamin itu sendiri.

5. Pantai Tanjung Barat Aquatic

Pantai Tanjung Barat Aquatic berada dalam wilayah teritori pertambangan PT. KPC, sekitar 30 menit perjalanan dari kota Sangatta ke arah Utara. Saat ini tempat tersebut masih merupakan tempat rekreasi terbatas bagi anggota. Fasilitas yang ada seperti tempat makan, perahu/boat memang disediakan untuk anggota. Pantai ini selain memiliki pemandangan indah ke laut Makassar, daya tarik yang iainnya adalah hutan bakau yang mengelilingi pantai.

6. Pulau Birah-birahan

Pulau Birah-birahan terletak di Kecamatan Sangkulirang dan dapat dicapai dengan menggunakan kapal motor cepat dari Sangatta atau Benua Baru, Sangkulirang. Pulau ini selain memiliki keindahan pemandangan juga taman laut dengan keanekaragaman karang laut yang indah serta ikan hias yang beraneka ragam.

7. Sumber Mata Air Sekerat

Sumber Mata Air Sekerat berada di dalam wilayah PT. API di kaki Gunung Sekerat, kurang lebih 1,5 jam dari dermaga Kolek dengan mengendarai mobil. Daya tarik obyek ini adalah keindahan panorama Gunung Sekerat, hutan Kalimantan dan air sungai yang mengalir jernih.

8. Taman Nasional Kutai (TNK)

Taman Nasional Kutai (TNK) juga merupakan salah satu obyek andalan Kabupaten Kutai Timur. Sebelum menjadi taman national, kawasan ini merupakan suaka margasatwa Kutai dengan luas 306.000 ha. Perubahan status kawasan terjadi pada tahun 1982 melalui SK Menteri Pertanian, dengan luas sebesar 200.000 ha, namun perkembangan Kotif Bontang pada tahun 1982 antara lain menyebabkan pengurangan luas taman nasional Ini.
Untuk sampai ke lokasi Taman Nasional Kutai (TNK) dapat dilakukan dari Samarinda-Bontang melalui jalur darat lebih kurang sekitar 125 km dan meneruskan perjalanan dengan menggunakan perahu motor menuju Teluk Kaba yang memakan waktu lebih kurang dua jam.
TNK memiliki potensi kekayaan flora dan fauna, termasuk diantaranya hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi, seperti orang utan, bekantan, dan berbagai anggrek hutan. Di TNK ini terdapat berbagai tipe vegetasi utama seperti hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan kerangas, dan hutan campuran. Di kawasan ini juga terdapat perwakilan hutan ulin terluas di Indonesia. Dengan potensi kekayaan sumber daya alamnya, TNK wenawarkan daya tarik alam baik untuk kegiatan pariwisata alam maupun penelitian dan pendidikan.

9. Pantai Teluk Kaba

Pantai Teluk Kaba yang masih terletak di dalam kawasan merupakan salah satu obyek wisata alam pantai yang dikelilingi oleh vegetasi bakau. Hutan di sekitar lokasi tampak belum banyak tersentuh oleh penduduk atau pendatang. Lokasi ini dulunya tempat penangkaran satwa liar seperti orang utan, banteng dan rusa, namun sekarang agak sulit untuk menemukan hewan-hewan tersebut. Kebakaran dan perambahan hutan cukup berdampak pada pengurangan jumlah populasi satwa liar tersebut.

10. Pantai Teluk Lombok dan Teluk Perancis

Pantai Teluk Lombok dan Teluk Perancis terletak tidak jauh dan kota Sangatta yang merupakan ibukota Kabupaten Kutai Timur. Tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan jalur darat dari Sangatta sekitar 15 km menyusur pantai Timur Kutai Timur. Pemandangan pantai dan laut menjadi daya tarik utama tempat ini, ditambah dengan lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota membuat pantai ini menjadi tempat berwisata bagi masyarakat setempat.

11. Pantai Pangan Daran

Pantai Pangan Daran di Kecamatan Sangkulirang dengan menempuh perjalanan selama dua jam dengan speed boat. Daya tarik obyek wisata ini adalah pantai dengan pasir putihnya yang menawan serta makanan ikan lautnya yang segar.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh audinno 26-10-2012 23:47
0
10.3K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.