Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jombloanytimeAvatar border
TS
jombloanytime
Bahaya Memakai Earphone atau Headset
Bahaya Memakai Earphone atau Headset
Bahaya Memakai Earphone atau Headset untuk Kesehatan Telinga dan Otak. Ternyata memakai headset atau earphone sangat berbahaya untuk kesehatan telinga dan otak. Hal Itu terjadi jika kita terlalu sering memakai earphone atau headset bervolume tinggi.
Berdasarkan penelitian, efek buruk datang jika menggunakan earphone/headset selama lima jam dalam seminggu, dampaknya adalah kerusakan permanen pada telinga, yang banyak kemungkinan terbesar hal itu terjadi pada usia muda.

Telinga manusia ternyata memiliki struktur dan fungsi yang luar biasa. Selain proses menghantarkan bunyi sehingga kita bisa mendengar, di dalam telinga juga terdapat proses untuk mengurangi paparan bising. Pada dasarnya, telinga memiliki kemampuan untuk meredam suara yang keras menjadi tidak bermasalah bagi pendengaran. Namun, telinga juga memiliki batas kemampuan untuk mendengar, sehingga dosis atau batas berapa lama ia boleh terpapar bunyi tertentu tidak boleh melebihi dosis.
Misalnya, untuk bunyi letusan senapan yang memiliki intensitas sekitar 110 desibel dan frekuensi yang cukup tinggi, telinga hanya boleh terpapar tidak lebih dari 30 detik.

Lebih dari itu, maka risiko terjadinya penurunan fungsi pendengaran atau trauma bising akan menjadi lebih besar. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang Bahaya Memakai Earphone atau Headset untuk Kesehatan Telinga dan Otak, yaitu:

Gangguan Pada Pendengaran
Headset yang dipakai dengan suara kencang sering menyebabkan gangguan pendengaran. Jika dipakai dalam waktu yang cukup lama, biasanya ada rasa mendengung atau suara denging di dalam telinga. Hal ini akan hilang dengan sendirinya, namun jika sering dilakukan, bisa terjadi kerusakan pendengaran yang lebih parah.

Merusak Telinga
Dari poin pertama, selain rasa tidak nyaman pada telinga, penggunaan headset dengan suara keras dapat merusak pendengaran permanen. Anda bisa kehilangan fungsi pendengaran pelan-pelan dan tuli. Karena itu, kurangi volume headset Anda, jangan terlalu kencang.

Menggangu Kerja Otak
Selain gangguan pendengaran, memakai headset dengan suara kencang dapat menyebabkan gangguan kerja otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Komite Emerging and Newly Identified Helat Risk menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari penggunaan headset bisa merusak kerja otak. Walau belum memberi hasil yang pasti, hal ini bisa jadi rambu-rambu agar Anda tidak sering memakai headset.

Jadi pesan saya jangan terlalu lama mendengarkan lagu memakai headshet atau telpon pacar pakai headshet terlalu lama emoticon-Cape d... (S) apalagi bagi anda yang mau masuk fakultas bahasa inggris atau bahasa lainnya listening sangat dibutuhkan emoticon-Smilie jadi jangan sia-siakan telinga anda emoticon-Smilie
bila berkenan dan mengharga post saya bisa mengasih cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
5K
49
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.