Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Fairing Menyebabkan Kipas Radiator Macet Mesin Jadi Over Heat, Kok Bisa ?

jieverhoevenAvatar border
TS
jieverhoeven
Fairing Menyebabkan Kipas Radiator Macet Mesin Jadi Over Heat, Kok Bisa ?


Radiator sangat berperan penting dalam proses menurunkan dan menstabilkan kondisi suhu mesin, jika suhu mesin terlalu panas maka akan berakibat over heating dan part2 yang bergesekan seperti piston rawan aus. Untuk motor sport sekarang sebagian besar sudah memakai radiator bahkan moped dan matic pun sudah banyak yang pakai piranti ini, radiator menjadi salah satu alat fital saat kena macet, saat kejebak macet mesin dipaksa dalam kondisi nyala terus tanpa ada pendinginan dari laju angin seperti saat motor melaju sehingga salah satunya pendingin selain oli mesin yang berperan penting ya cuma radiator.

Fungsi Radiator bisa bekerja dengan baik karena adanya pompa radiator yang bekerja mengalirkan/memutar air radiator agar bersirkulasi dengan baik, selain pompa radiator ada juga kipas radiator sebagai pendingin air radiator, air radiator yang dipompa berputar naik turun memutari mesin tidak bisa berfungsi sebagai pendingin jika tidak didingankan suhunya oleh kipas radiator dan hembusan angin saat motor berjalan. Jadi suhu air radiator bisa stabil karena adanya faktor hembusan angin saat motor berjalan dan hembusan angin dari kipas radiator, jadi saat kejebak macet kipas radiator menjadi piranti yang sangat penting.

Lalu bagaimana kalau kipas radiator macet ? ya pasti suhu air raditor tidak stabil mesin bisa over heat jika didiamkan terlalu lama. Oleh karena itu kipas radiator harus selalu rutin dicek terutama dari kebersihan radiator dan kipasnya karena kipas radiator bisa macet lebih besar karena faktor kondisi radiator penuh kotoran terutama motor sport yang memakai fairing, kok fairing ? jika fairing itu berasal dari bawaan motor seperti R15, CBR150R sudah dirancang dengan baik oleh pihak pabrikan agar fairing tidak mengganggu piranti di motor beda dengan fairing jadi jadian seperti motor naked layaknya vixion atau CB150R yang dipasang fairing sendiri bisa menyebabkan kipas radiator macet, ini buktinya…

Spoiler for buka:


Fairing menutupi radiator alhasil saat motor hujan2an, becek2an bahkan menerjang banjir berakibat radiator menjadi kotor karena radiator tertutup fairing maka saat motor dicuci radiator luput dari pembersihan, semakin lama kotoran semakin menumpuk hasilnya putaran radiator terganggu oleh kotoran dan semakin lama kipas jadi macet bahkan ada yang meleleh seperti gambar dibawah ini.
Spoiler for buka:


Berikut ini hasil jepretan kipas radiator macet karena kotoran menumpuk di radiator,

Spoiler for buka:


Jika kipas radiator macet maka suhu air radiator semakin panas hasilnya air raditor menyusut karena mendidih dan semakinlama air radiator akan habis mengakibatkan mesin jadi over heat. Ini contoh air radiator habis tersisa sekitar 300cc dari 830cc kondisi normal untuk motor vixion.

Spoiler for buka:


Mau pakai fairing…? lihat sisi negatifnya dan perhatikan selalu agar tidak jadi boomerang.

Ini sedikit tips untuk merawat radiator tetap fits :

1.Ganti air radiator maksimal 9ribu km atau setiap 6bulan sekali.

2.Setelah diajak hujan-hujanan ( lewat kubangan ) segera cuci motor pastikan radiator bersih terutama bagian belakang yang ada kipasnya.

3.Jika pakai pelindung radiator pastikan pelindung itu tidak merusak dan menghambat laju kipas radiator, pelindung radiator lebih mudah menimbun kotoran dikisi2 radiator.

Spoiler for buka:


Spoiler for buka:


4.Untuk motor yang pakai fairing, saat nyuci motor sering melupakan posisi raditor karena susah dijangkau terhalang oleh fairing. Pastikan kondisi radiator bagian belakang tetap bersih jangan hanya dilihat bagian depan saja.

5,Tidak usah pakai fairing kalau cuma buat gaya2an tanpa melihat safety buat motor.

Tambahan dari Kaskuser :

Quote:


Diubah oleh jieverhoeven 05-08-2014 17:13
0
5.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.