AngryDoggAvatar border
TS
AngryDogg
Berapa Standar Gaji Minimal untuk Hidup Layak di Jakarta?
Halo gan, maaf ane newbie tapi pro emoticon-Hammer

Oke langsung saja ya gan, ane baru saja menyelesaikan S2 di sebuah perguruan tinggi di kota Bandung. Status ane menikah, dengan 1 orang anak berumur 5 tahun.

Sejak minggu lalu ane sibuk mencari pekerjaan dengan status S2 ane. Dan tepat 2 hari yang lalu ane mendapatkan tawaran untuk wawancara kerja di salah satu perusahaan besar yang ada di Jakarta.

Sebenernya ane kurang minat bekerja di Jakarta karena biaya hidupnya yang tinggi, namun berhubung hanya itulah satu-satunya perusahaan yang menawarkan pekerjaan ke ane, alhasil Senin besok ane berangkat ke Jakarta untuk wawancara.

Sekedar gambaran dari teman-teman ane yang merupakan fresh graduate S2 dari jurusan yang sama dan sama-sama belum punya pengalaman bekerja, mereka digaji kurang lebih 6-8 juta sebulan untuk bekerja di Jakarta.

Nah, pertanyaan ane nih gan, dengan status ane yang memiliki 1 orang anak berusia 5 tahun, yang notabene mungkin tahun depan harus mulai sekolah, lalu istri ane hanya sebagai ibu rumah tangga biasa, apakah dengan kisaran gaji rata-rata 7 juta perbulan bisa hidup layak di Jakarta?

Dengan asumsi ane menggunakan mobil untuk transportasi. Lalu ane prefer untuk menyicil apartemen yang cicilan sebulannya maksimal 3 juta rupiah. Istri ane prefer untuk masak makanan sendiri, dan gaya hidup kami berdua hanya sebatas jalan-jalan tiap weekend ke mall, tapi jarang berbelanja alias cuma sight-seeing saja. Kalaupun belanja hanya yang benar-benar dibutuhkan, seperti kebutuhan pokok dan mendesak saja.

Sekali lagi gan pertanyaan ane, berapakah gaji standar minimum untuk bisa hidup layak di Jakarta? Terimakasih gan.
0
63.3K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.