Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mangkuasmaraAvatar border
TS
mangkuasmara
Selamat Hari Pelanggan Nasional 2014
Pasti msh banyak yg blm tau kl kita punya Hari Pelanggan kan? Nah ini tulisan dr foundernya langsung gw dapet, pak Handi Irawan D, semoga terinspirasi ya.

Buat yg jualan di FJB, hayo kasi harga jgn kemahalan lg, brg kiriman ilang hrs tanggung jawab, jgn nyalahin Tikx doang dan no tipu2.

Selamat Hari Pelanggan Nasional 2014

Tanggal 4 September 2014, perusahaan-perusahaan akan merayakan Hari Pelanggan Nasional. Deklarasi bahwa tanggal 4 September adalah Hari Pelanggan Nasional ditetapkan oleh mantan Presiden Megawati di tahun 2003. Di awal-awal tahun, perayaaan Hari Pelanggan Nasional banyak didukung oleh perusahaan-perusahaan dalam grup BUMN. Kemudian setelah itu, semangat untuk merayakan Hari Pelanggan Nasional justru lebih berkembang di perusahaan-perusahaan swasta.

Melalui Hari Pelanggan Nasional ini, diharapkan perusahaan-perusahaan untuk diingatkan akan pentingnya untuk memberikan pelayanan berkualitas dan memuaskan pelanggan. Tentunya, memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan bukan hanya di Hari Pelanggan Nasional saja. Perusahaan yang ingin berkembang sehat, harus berupaya untuk memberikan pelayanan yang baik, pelayanan yang mampu menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan sepanjang tahun.

Problem dan Tantangan

Problem dan tantangan terbesar dalam menciptakan kualitas pelayanan yang baik adalah di tangan pemimpin perusahaaan yang tidak berkualitas. Menciptakan kualitas pelayanan adalah proses yang top-down. Karyawan gugus depan, tidak akan mampu untuk mengubah perusahaan yang buruk pelayanannya dan menjadi baik kualitas pelayanannya. Pimpinan perusahaan dan direksi inilah yang bertanggung jawab terhadap baik dan buruknya pelayanan.

Lihat saja perusahaan-perusahaan yang baik di Indonesia dalam hal kualitas pelayanan. Anda bisa melihat, di balik perusahaan ini, pastilah ada jajaran direksi yang 10 tahun yang lalu, 5 tahun yang lalu, atau yang saat ini menjabat adalah sosok pimpinan yang memberi komitmen terhadap kualitas pelayanan.

Sekitar 10 tahun yang lalu, banyak perusahaan-perusahaan plat merah memiliki indeks kepuasan yang masih di bawah 70 %. Indeks kepuasan layanan publik, hanya berkisar 50 %. Atau sederhananya, dari 100 orang yang disurvei, maka hanya 50 % saja yang menyatakan puas terhadap kualitas pelayanan.

Hari ini, perusahaan plat merah seperti Garuda, Telkom, Mandiri, BRI dan BNI, adalah perusahaan dengan indeks kepuasan yang sudah di atas 80 %. Semuanya ini bisa terjadi karena banyak pimpinan dari perusahaan ini yang berkomiten untuk terus bersaing melalui kualitas pelayanan.

Pemimpin Yang Melayani
Pimpinan yang beraspirasi dengan kualitas pelayanan, akan melakukan promosi orang-orang yang tepat dan bukan yang disukai. Mereka juga selalu beorientasi untuk menciptakan kewenangan dan teamwork yang efektif. Mereka akan memilki standar layanan dan sasaran kinerja yang mendorong agar setiap jajaran melakukan implementasi pelayanan yang baik.

Hari Pelanggan Nasional adalah momen yang baik untuk menciptakan aspirasi yang lebih tinggi lagi. Setelah itu, Hari Pelanggan Nasional juga mendorong pimpinan perusahaan untuk memperkuat budaya pelayanan yang lebih kuat lagi. Untuk mencapai tangga budaya layanan yang lebih tinggi, maka diperlukan untuk mencitakan kebiasaan dan aktiftas yang baru.

Tidak banyak teori dan konsep dari sebuah pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik sering tercipta karena pimpinan memiliki keteladanan. Dan ini, akan mendorong kebiasaaan yang baru, Kebiasaan yang dilakukan terus menerus inilah yang akhirnya menciptakan budaya perusahaan.

Semoga di tanggal 4 September besok, saya bisa melihat, akan ada ratusan dan ribuan CEO dan Direksi yang akan memberi keteladanan dalam memberi pelayanan yang baik. Kita membutuhkan ratusan dan ribuan pimpinan yang melayani untuk menciptakan Indonesia yang lebih kompetitif menghadapi pasar bebas Asean. Selamat merayakan Hari Pelanggan Nasional 2014 !
Diubah oleh mangkuasmara 05-09-2014 04:15
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.9K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
35.2KThread25.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.