Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cleva09Avatar border
TS
cleva09
Shalat itu, Kewajiban, Kebutuhan atau Tuntutan?
Bismillahirrahmaanirrahiiim..


Kicau burung emprit yang bermain di pohon asem di depan masjid At-Taubah melengkapi cerahnya minggu pagi itu. Sementara itu, aku masih sibuk menyetrika pakaian-pakaian Pak Ustadz di dalam asrama masjid yang letaknya di sebelah masjid itu. Sambil menyetrika, aku mendengar suara Pak Ustad yang sedang memberi ceramah pada ibu-ibu di dalam Masjid At Taubah. Sedetik kemudian aku mulai tertarik pada ceramah Pak Ustad, yg saat itu bertanya pada ibu-ibu yg mengikuti ceramah di masjid yang indah itu.
"Ibu2 yg d rahmati Allah, mnurut ibu-ibu sholat itu KEWAJIBAN, KEBUTUHAN, atau TUNTUTAN?"
Tanpa basa-basi, hatiku pun dengan sombongnya berkata. . "Ya Jelas KEBUTUHAN lah Paak.."

Setidaknya pertanyaan Pak Ustad barusan itu sudah membuat suasana masjid agak gaduh, karna tiba-tiba para ibu-ibu itu saling berargumen pada peserta pengajian yg lain sesuai dengan opini mereka, hingga tawa kecil Pak Ustad menyerobot masuk dan menghentikan kegaduhan tersebut.
"Ibu-ibu yang di rahmati Allah, ketiga jawaban itu memang tidak ada yang salah, selama kita menjalankan shalat dengan syarat-syarat dan rukun yang telah d tntukan. Tapi ketiga jawaban itulah yg mmbedakan mu'min satu dengan mu'min yang lainnya"

Sejenak kuhentikan kesibukanku karna aku begitu penasaran dengan penjelasan Pak Ustadz. Pak Ustadz pun mlanjutkan pnjelasannya.

"Sholat memang Tuntutan. Karna kita selalu di tuntut untuk melakukan sholat, minimal 5x dlm sehari yang disebut sebagai shalat fardu. Dan sholat memang kebutuhan, karna bila kita tidak sholat, maka runtuhlah Islam kita, karna sholat adalah tiangnya agama.. bla bla bla.. (panjang skali pnjelasannya saat beliau menjelaskan tentang SHOLAT adalah KEBUTUHAN) TAPI ibu-ibu Innamal a'malu binniaat. Segala sesuatu itu trgantung pada niatnya. Kita akan merasa bahwa sholat itu sebagai TUNTUTAN, apabila trbesit rasa tidak ikhlas pada diri kita. Dan kita akan merasa bahwa SHOLAT adalah KEBUTUHAN, bila kita mengembalikan semua pada diri kita, BUKAN PADA ALLAH.. 'SAYA sholat, karna bila SAYA tidak sholat, maka SAYA akn msuk neraka. Bila SAYA sholat, maka SAYA akan lebih dekat dengan ALLAH. Bila SAYA sholat, maka SAYA akan menjadi lebih sehat' SAYA, SAYA, SAYA dan SAYA.. Itu artinya, bahwa kita sholat krn SAYA, alias diri kita sendiri, krn kita mengembalikan semua pada diri kita sendri, bukan karna ALLAH SWT.. Begitu kecil point yang mengacu pada ALLAH bila kita menganggap bahwa sholat adalah KEBUTUHAN. Ingatlah niat kita 'Ushali. . . lillahi ta'ala, SAYA sholat. . . krn Allah SWT'"

Ketika itu penjelasan Pak Ustadz begitu menancap erat di otak dan hatiku. Karna ternyata pola pandanganku terhadap Shalat masih belum benar.. Karna ternyata selama ini 'SHOLATKU, KEBUTUHANKU..' PaDAHAL SEHARUSNYA 'SHOLATKU KEWAJIBANKU..'
Pak Ustad juga tidak lupa membacakan ayat-ayat Al-Qur'an dan contoh-contoh-contoh Waliyullah yang tak pernah menganggap bahwa shalat adalah kebutuhannya, dalam hal ini.
Wallahu'alam

(Ustadz Djauhari, At Taubah Ciangsana, Bogor, 2008)

Diubah oleh cleva09 22-08-2014 11:17
0
9.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.