Halo agan2 yang sedang membaca trit pertama ane ini.. jadi ane hari ini mo ngebahas satu teknik texturing yang sangat penting dalam dunia 3D animasi yaitu mapping.. mapping itu yang dapat membuat render agan terlihat proffesional n bikin orang klepek2 lahhkalo di jelaskan dalam garis besar.. mapping bisa dibilang pemakaian textur2 tertentu untuk memberikan efek tertentu pada sebuah mesh/object..btw.. langsung aja ane jelasin(bakal agak panjang sih)
Spoiler for Color mapping:
Color mapping adalah yang pertama yang kita akan bahas dan yang seharusnya agan sudah tahu.. pada dasarnya color mapping memberikan warna kepada sebuah objek berdasarkan tekstur yang di pakai.. akan tetapi color mapping bila di gunakan sendiri akan mengeluarkan hasil yang terlihat tidak profesional dan sangat membosankan bagi mata.. Dari situlah muncul mapping2 lain yang dapat digunakan bersama dengan color mapping
Spoiler for Bump mapping:
Peran bump mapping sangatlah penting dalam dunia animasi 3D dan game2 3D.. Bump mapping menggunakan semacam tekstur height map (gugel gann) dalam vesi berwarna untuk dapat membuat objek yang rata terlihat kasar dengan detail2 yang sangat menakjubkan seolah2 objek tersebut telah di model dengan teknik2 yang sangat profesional.. Kelebihan utama dari bump mapping adalah bagaimana ia tetap dapat memodifikasi sebuah objek tanpa dibatasi jumlah poligon sehingga membuat teknik ini sangat ramah terhadap komputer2 dengan VGA/GPU/Graphics card yang lemah.. hal ini disebabkan karena bump mapping tidak mengubah/memodifikasi poligon2 yang ada pada sebuah objek.. akan tetapi bump mapping hanyalah sebuah ilusi yang dibuat oleh renderer.. Walaupun bump mapping sangat efisien dan digunakan secara luas oleh animator dunia.. bump mapping sendiri masih memiliki kekurangan yang di perbaiki di mapping setelah ini
Spoiler for Normal mapping:
kalo agan mungkin sudah pernah research tentang ginian.. agan pasti menemukan normal mapping dan bump mapping hampir tidak ada bedanya..dan emang sebenarnya git sihh.. satu kesalahan yang sering terjadi dalam dunia 3D adalah pemahaman bahwa bump mapping hanyalah nama lain dari normal mapping.. akan tetapi keduanya adalah hal yang berbeda.. bump mapping tidak dapat membuat ilusi yang mengganti derajat yang dipandang normal2 yang ada pada objek tersebut.. dan normal mapping lah yang memperbaiki kekurangan yang ada pada bump mapping tersebut..Walaupun hasilnya tidak berbeda jauh.. kekurangan ini tetap dapat mengganti hasil pada render akhir..
Spoiler for paralax mapping:
paralax mapping adalah versi yang lebih ekstrem dari bump mapping/normal mapping.. parallax mapping memberikan detail2 naik dan turunnya letak2 pada objek dan detail2 lainnya dalam skala yang jauh lebih ekstrem.. dan ini memberikan hasil yang lebih realis jika digunakan dengan benar
Spoiler for Displacement Mapping:
yang satu ini biasanya digabungkan dengan normal/bump/parallax mapping untuk menciptakan efek yang mengesankan.. Displacement mapping memberikan detail2 pada objek seperti bump mapping.. akan tetapi displacement mapping memberikan detail2 tersebut dengan mengubah geometri dasar pada sebuah objek.. Ilusi yang dibuat bump mapping akan tetap memberikan hasil yang tidak realistik bila terlihat dari jauh karena geometri objek yang rata akan tetap terlihat rata kalo dipandang dari jauh.. dari situlah displacement mapping mengubah geometri objek yang rata tersebut untuk menciptakan ilusi yang lebih realistik.. Karena displacement mapping mengubah geometri dasar objek, maka displacement mapping membutuhkan poligon dalam jumlah banyak untuk dapat mengubah geometri dasar objek tersebut secara detail.. dan inilah kelemahan utama displacement mapping
Spoiler for specular mapping:
Dan inilah yang terakhir ane akan jelaskan..specular mapping bekerja sama dengan bump mapping dan displacement mapping untuk menciptakan objek yang terlihat realistik.. pada dasarnya specular mapping memberi tahu renderer bagian mana dari sebuah objek yang paling tidak berkilau dan tak dapat memantulkan cahaya sebanyak daerah lainya.. specukar mapping sendiri dapat memberikan efek yang menakjubkan dan memainkan peran yang penting untuk membuat hal2 seperti kaca setengah berembun, metal yang sudah karatan, dll..
Sekian gan infonya moga membantu n cendolnya ya
Diubah oleh johnlimanto 17-07-2014 03:55
0
3K
Kutip
8
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Animasi
2.5KThread•963Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru