Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [ASK] Memulai Bisnis, Ingin Untung malah Buntung. Gara2 barang KW. ::SAD

BruthelAvatar border
TS
Bruthel
[ASK] Memulai Bisnis, Ingin Untung malah Buntung. Gara2 barang KW. ::SAD
Bissmillah...

Maaf para juragan-juragan, ane mohon pencerahan soal dagangan ane yang memang baru ane mulai 2 bulanan lah...

Awal cerita,,, setahun lalu, diusia pernikahan yang baru 2 bulan ane kena PHK. sebulan kemudian istri ane hamil. selama setahun ane pengangguran berat mondar-mandir cari kerja demi biaya lahiran anak ane tapi gak dapet2. dan lahir lah putra pertama ane. kemudian singkat cerita sekitar 2 bulanan lalu ada seorang dermawan yang bersedia modalin dan ngasih tempat buat ane untuk buka usaha.
Usaha ane laris manis, maklum kalau orang tua bilang sih rejeki anak pertama. Awalnya ane cuma standart jualan pulsa dan perdana. Dari laba yang ane dapet, ane buletin tekad utk memperluas jenis usaha dengan menjual perdana dengan kuota internet tertentu, disini juga jualan ane laris manis. Kemudian ane mencoba mengembangkan lagi usaha ane dengan berjualan memory card dan Flaskdisk.
Memory card ini ane ambil di sebuah toko di Roxy (Jakarta), begitupun Flasdisk ane ambil di toko yang tidak terlalu jauh dari tempat ane beli Memory card. Kenapa Roxy, ane dapet referensi dari temen ane. saat itu ane semangat banget dari kampung ke jakarta sendirian beli barang belanjaan. Jarak jauh, pantura yang macet, dan segalanya ane sanggupin demi susu anak.
Seperti biasa, jualan ane kembali laris manis dalam waktu yang singkat. Tapi, mulai dari sini masalah nya muncul, komplain pelanggan mulai berdatangan soal flashdisk yang katanya datanya pada hilang. ya sudah saya ganti yang baru dan ane lihat kondisi flashdisk nya baik2 aja dan space yg tertera jg mumpuni walaupun untuk kopi data agak lemot. Dan benar aja ternyata kapasitas flashdisk tidak sesuai dengan yang tertera di label.
Retur mulai berdatangan, hari ke hari, sebagian sudah fine dalam artian pelanggan mau dikembalikan uangnya tapi yang lain gak mau uangnya dikembalikan, pelanggan keukeuh minta flashdisk sesuai kapasitas dengan harga jual sebelumnya.
Ane berangkat lagi ke roxy sambil belanja barang kebutuhan jualan ane yang lain. Dan ke toko yang menjual flashdisk tadi, percakapanya seperti ini kir2....

A => Ane
M => Mbak2 yg pelayan toko Flasdisk

A : misi mbak ane mau retur barang flasdisk k*ngst*n, yang per tanggal bla.. bla.. bla... (sambil nunjukin nota).
M : oh, ya mas kenapa flashdisk nya?
A : ...(ane terangin sesuai kronologi komplain di atas)
M : lah kan mas ini KW, jadi banyakan emang kapasitasnya cuma setengahnya....
A : hah... (sambil bengong) , terus gimana mba?
M : ya mas retur aja untuk barang yang sama.
A : maksudnya mba mau kasih saya barang ini lagi?
M : iya.
A : mba, pas waktu itu kan saya bilang nya flashdisk k*ngst*n bukan flashdisk k*ngst*n KW. sekarang ini barang bisa gak ditukar dengan yang asli, toh kalopun saya harus nambahin ya nambahin berapa mba?
M : gak bisa mas. yang udah dibeli gak bisa ditukar barang lain!
A : lah mba, saya beli gak dikit, mba tau ini barang juga buat dijual lagi dikampung. saya gak bisa jualan barang aneh kayak gini. toh kebanyakan pelanggan saya itu teman2 saya yang mungkin kasian liat kondisi saya. masa saya kasih barang kayak gini.
M : (manggil cici yg dr tai maen hp),,,

C => si cici yg punya toko kaya nya...

C : kenapa mas?
A : mau tuker barang nih pada gak bener, td si mbak itu udah tau. saya cape jelasin lagi.
( si cici n mba nya ngobrol dibalakang)

C : oh gak bis mas, ini barang yg diretur aja yang ditukar dengan barang yg sama.
A : lah, saya gak mau jualan lagi ini barang. saya pengen ditukar pake barang yg beneran toh kalo harus nambah ya nambah berapa ci.

(TETEP GAK BISA)

yaudah dengan dongkol dan agak2 kasar ane bawa tuh semua barang. dibanding ane nyolot keras2 kan kasian nama baik tuh toko, gak enak juga dilihat ma banyak orang.

yaudah akhirnya ane cari2 ke toko lain untuk beli flashdisk t*sh*ba, sesuai dengan kapasitas yg diinginkan pelanggan ane yg retur. dalam hati ane sih yasudahlah mungkin emang kondisi orang jualan gak melulu untung. kenapa t*sh*ba saat itu karena ane pikir nih merk mumpuni lah jd pasti kualitasnya bagus, juga harga lebih mahal. demi pelanggan2 ane yg setia dan atas nama pertemanan.
sesampai di kampung, ya kukasih flasdisk t*sh*ba ke pelanggan2 ane, dan mereka seneng banget kayaknya. dan belum sempat kaki ini selonjor. TARA.............................. udah ada yg datang lagi soal flashdisk t*sh*ba kalo kondisi flashdisknya sama kayak flshdisk sebelumnya.

susahnya cari uang yang halal. semua yang retur ane langsung kasih duit aja gan. ane jujur masih baru jualan juga. bingung nih flashdisk2 KW mau diapain, nominal pembeliannya sampe 3 jt an gan.......
gimana caranya ya biar tuh toko mau balikin duit ane. trus kenapa sih para agen2 itu langsung nyodorin barang kw tanpa njelasin padahal nominal pembeliannnya banyak. gimana gan, mohon bantuannya???? apa ane lapor polisi aja ya, tp kata emak ane mah jangan ntar duit buat polisi nya lbh dr 3jt. ane gak mau ngasih makan anak istri ane karna jualan nakal,,,, plis help.....

-thx-
mohon pencerahannya gan and maaf kalo bahasanya agak2 ngebingungin. emang gak ahli nulis. sebelumnya ane minta maaf kalo ada pihak yg disebut dan gak berkenan, abis gimana. untuk cici yg disebutin ane bkn rasis ya ci, cm ane sering kok berniaga ma etnik tionghoa dan semua nya jujur selalu mendahulukan kepuasan pelanggan. entah ane yg masih baru kali ya.... buat agan2 kaskuser mohon solusinya ya.....
-thx- lg emoticon-Sorry

emoticon-Sorryemoticon-Sorry

oya lupa pic nya gak ada, ya gitu lah flashdisk KW,,,, ane br baca2 tadi. emang ane tergesa2 kali ye..... tp tetep ane rugi.....

-thx- lg
0
2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.