Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Michaeln1708Avatar border
TS
Michaeln1708
Prabowo tidak menggaji karyawan, bagaimana bilang pro buruh.
PS berpidato panjang lebar pd peringatan hari buruh yg lalu dan mau mendukung 10 point yg diminta oleh buruh dimana salah satunya ada kenaikan gaji 30 persen pd awal tahun depan. Namun hal tersebut adalah retorika belaka karena karyawan kertas nusantara sudah beberapa bulan tidak digaji. Dan pada artikel tersebut juga dinyatakan ada 200 pekerja alih daya dimana hal ini sangat ditentang buruh.


TEMPO.CO, Samarinda - Karyawan PT Kertas Nusantara (sebelumnya bernama PT Kiani Kertas) sepakat tak memilih calon presiden Prabowo Subianto pada pemilihan presiden nanti. Alasannya, ribuan karyawan di perusahaan bubur kertas di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, itu belum menerima gaji selama lima bulan dari November 2013 hingga Maret 2014.

Ketua Serikat Pekerja Perkayuan dan Kehutanan PT Kertas Nusantara, Indra Alam, mengatakan para buruh sempat menyampaikan unek-unek mereka soal tuntutan hak karyawan ini. Bahkan, para buruh, kata dia, telah berencana menggelar aksi di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, seusai pemilihan umum anggota legislatif pada 9 April nanti.

"Kalau masalah karyawan tak diselesaikan, mau tak mau niat itu akan terwujud. Kami tak akan memilih Pak Prabowo," kata Indra Alam, Kamis, 3 April 2014. (Baca juga: 5 Bulan Tak Digaji Karyawan Prabowo Subianto Mogok).

Indra mengatakan PT Kertas Nusantara sangat berkaitan dengan calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto. Menurut dia, karyawan perusahaan Prabowo di Mangkajang, Kabupaten Berau, berjumlah 1.200-an. Itu belum termasuk pekerja alih daya yang berjumlah 200 orang.

Dalam soal rencana aksi, Indra menyatakan tekad karyawan sudah bulat jika hak karyawan belum dipenuhi oleh perusahaan. Mereka memilih melakukan aksi di Jakarta, kata Indra, lantaran demo di daerah terasa sudah cukup. Buktinya, ia menambahkan, hingga kini masalah karyawan belum juga terselesaikan.

"Di Berau sudah cukup kami aksi, kami akan ke Jakarta agar masalah ini segera rampung. Di daerah bisa saja ada yang ditutup-tutupi," katanya.

Tak hanya gaji karyawan, masalah lain yang dirasa merugikan karyawan adalah perkara pembayaran asuransi Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Menurut dia, masalah ini justru sudah lebih dulu ada ketimbang keterlambatan pembayaran gaji. Sampai saat ini, kata dia, karyawan masih belum mendapat asuransi pekerja.

"Kami berharap Pak Prabowo berempati atas nasib karyawannya. Kami sangat perlu untuk bertahan hidup," kata Indra Alam.

FIRMAN HIDAYAT

Sumber:http://pemilu.tempo.co/read/news/2014/04/04/269567779/Karyawan-Kertas-Nusantara-Ancam-Tak-Pilih-Prabowo
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.9K
44
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.