Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ayasiliwAvatar border
TS
ayasiliw
Kebanyakan Vitamin Itu SANGAT Berbahaya
Kebanyakan Vitamin Itu Berbahaya
Posted on July 10, 2013

@ryuhasan:

Kita butuh vitamin C sebanyak 10 mg tiap harinya, tidak lebih dari itu…

@DonAlul: kalo lebih ada baiknya Dok?

Ada bahayanya

@dmuchtia: Berarti yg di iklan2 1000mg itu salah dong dok? Tp lulus BPOM?

Namanya juga iklan

Vitamin seharusnya merupakan subyek yg mudah dipahami. Kesan secara umum adalah: vitamin itu menyehatkan sampeyan.

Nah logika secara luasnya, jika sedikit sudah baik, maka lebih banyak pasti lebih baik. Tapi logika ini tidak berlaku pada Vitamin.

Sedikit mengkonsumsi vitamin mungkin baik bagi kesehatan sampeyan, tapi kalo kebanyakan vitamin bisa jadi sampeyan dalam bahaya.

Di rak2 toko makanan kesehatan dipenuhi dgn pil2 dan tonik2 vitamin. Skrg di mall2 di tanah air, yg beginian bagaikan jamur di musim hujan.

Di Australia, orang2 menghabiskan sekitar AUS$ 800juta per tahun, utk obat komplementer, dan itu meliputi banyak vitamin. Di Indonesia?

Vitamin diklaim bisa membantu mencegah kanker, penuaan, kehilangan pendengaran dan penglihatan, penyakit autoimun bahkan stroke dan sifilis!

Salah konsep ini berbahaya. Terlalu banyak vitamin justru akan membuat sampeyan sakit, mengakibatkan kanker, dan bahkan membunuh sampeyan.

Memang benar bhw vitamin adalah keluarga bahan kimia organik yang penting untuk kesehatan yang baik, kekurangan vitamin membuat tidak sehat.

Vitamin berbeda dengan makanan yg lain, seperti lemak, protein & karbohidrat, krn vitamin tidak diurai menjadi energi.

Vitamin biasanya membantu mengatur reaksi kimiawi dalam metabolisme tubuh sampeyan.

Perbedaan lain vitamin dan makanan lainnya adalah: sampeyan butuh sangat sedikit vitamin. Hanya 0,00002% – 0,005% dari makanan lengkap sampeyan.

Defisiensi atau kekurangan vitamin tentu saja buruk. Defisiensi vit A bisa bisa menyebabkan rabun senja, pengerasan kulit, batu ginjal dll.

Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan banyak masalah, termasuk beri-beri (ini kombinasi gagal jantung dan melebarnya pembuluh darah halus).

Defisiensi vit B1 bisa menimbulkan ensefalopati Wernike (kemunduran mental secara progresif dan disorientasi), juga penyakit sistem saraf lain.

Kekurangan vit C (berasal dari buah2an dan sayuran) bisa menyebabkan buruknya kesehatan mukosa dan kulit. Timbul borok dan luka sulit sembuh.

Setiap org butuh jumlah vitamin yg berbeda dlm kondisi yg beda. Misal asam folat yg diperlukan ibu hamil, tdk dianjurkan bagi yg tidak hamil.

Asupan vitamin yg direkomendasikan cukup rendah. Misalnya RDA (recommended daily allowance) vit C sekitar 60-90 mg/hari. Maksimal 100mg!

Lha terus bagaimana mulanya salah faham pemakaian vitamin C megadosis jadi demikian mengemuka dan liar tidak terkendali?

Linus Pauling peraih dua Nobel Prize, bidang kimia 1954 & perdamaian 1962, adalah orang yg memopulerkan apa yg disebut terapi megadosis.

Linus yang bukan dokter dan bukan ahli farmasi ini yakin bhw vitamin C dosis tinggi bisa mencegah penyakit liver, kanker & penuaan!

Pauling yg bukan dokter juga mengatakan, asupan vitamin C dosis tinggi akan membantu orang terhindar dari flu. Dan ini dipercaya banyak org.

Keyakinan Pauling vitamin C dosis tinggi meningkatkan harapan hidup dan melindungi diri dari kanker dan penyakit jantung tdk pernah terbukti.

Bahkan penelitian2 selanjutnya menunjukkan bahwa megadosis vitamin C tidak ada manfaatnya bagi sampeyan.

Over dosis vitamin B2 bisa membuat liver rusak, dan over dosis vitamin B1 bisa menyebabkan gagal nafas, dan kadang kematian. Jadi hati2lah.

Saya termasuk korban mitos Pauling, awal thn 80an saya diberi vit C 10.000 mg/hari oleh seorg dokter! 1000x lbh banyak dari yg kita butuhkan

Demetrius Albanes, epidemiolog dan ahli genetika kanker, justru menemukan masalah kesehatan pada orang2 yg over dosis vitamin A.

Riset Dr Demetrius: over dosis betakaroten (vit A) bukannya mengurangi, tapi justru meningkatkan resiko kanker paru2 pada perokok!

Resiko lain dari asupan megadosis vitamin A, menurut riset Prof. Melhus dari Swedia: mempertinggi resiko osteoporosis.

Hal2 tersebut tadi perlu sampeyan fikirkan saat lain kali sampeyan mau membeli setumpuk pil vitamin….

RitaFitrianti: Dok, kalo pemakaian serum vit. C setiap hari utk kulit wajah gimana adakah manfaat dan efek sampingnya, makasih.

Waduh itu lebih gawat lagi

@MahasiswiCakep: kalo 3tahun minum vit e 200iu ada efek samping dok?

Coba periksa kesehatan liver nya.

@nanimaharani: Dok, suplemen vit E meningkatkan resiko kanker prostat (Goodman et al. 2011)

@plumyas: asupan vit.A utk ibu hamil jg dibatasi, bila berlebih berpotensi menimbulkan cacat janin.

http://chirpstory.com/li/95286
0
967
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.