Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Travellers
  • what you need to do in Singapore! (himbauan, masukan, dan rekomendasi)

rayhafidz18Avatar border
TS
rayhafidz18
what you need to do in Singapore! (himbauan, masukan, dan rekomendasi)
jadi, ini semacam advice dan himbauan yang dapat dan harus anda lakukan selama berlibur di Singapura :

1. Sedia Yokoyoko!
Yokoyoko adalah semacam balsem cair yang bisa menangani pegal - pegal disepanjang kaki dan dijamin efeknya mantap! Singapura terkenal dengan public transportation nya yang baik dan untuk pergi ke destinasi mana pun dapat dijangkau dengan MRT. Luas stasiun MRT pun tidaklah kecil. Sebagian stasiun yang merupakan tempat interchange antar jalur memiliki ukuran yang cukup besar seperti Dhoby Gaut misalnya. Jadi, liburan 3-4 hari di Singapura saja bisa membuat kaki pegal-gempor-nyutnyutan. Yokoyoko bisa kamu beli di toko - toko retail semacam 7/11, cheers, dan lain - lain. Trust me, it's gonna save ur vacation!. Nah sekarang di Indo udah ada yg jual gan kaya gini hehe



2. Buy your own EZ Link ticket
Seperti yang sudah saya katakan tadi, MRT merupakan sarana transportasi utama dan unggulan di Singapura. Bahkan ticket EZLink pun bisa digunakan untuk menggunakan bus umum. Dengan modal seharga 10$ kita sudah bisa mendapatkan kartu dengan nilai saldo serupa yang juga bisa diisi ulang saldonya dengan minimal $5-10. Dengan menggunakan kartu tersebut, kita tidak perlu repot - repot membeli tiket di ticket machine tiap ingin berpergian. Makan waktu! Kartu ini juga tidak akan hangus nilai saldo didalamnya bahkan jika tidak digunakan selama 5 tahun.


3. Dont be a klemer-klemer planga-plongo people.
Yes! This is a must! Orang singapura itu gesit dan lincah. Kecuali yang sudah berumur opa dan oma. Boleh saja menikmati waktu liburan kita. Tapi tidak dengan berjalan dengan lambat kan? Apalagi di stasiun MRT. Di Singapura juga harus memperhatikan posisi berdiri ketika sedang menaiki escalator. Jika di Eropa mengharuskan anda berdiri di sebelah kanan, di Singapura mengharuskan anda berdiri di sebelah kiri jika menaiki escalator karena sebelah kanan adalah jalur orang - orang yang sedang bergegas. Jadi hati - hati dimaki atau didorong orang yaa jika salah berdiri.


4. Buat to-do-list per day
Hal ini membantu meringankan biaya perjalanan dan efisiensi waktu selama kalian berlibur disana.  Tentukan tempat liburan yang ingin dituju berada dalam satu lokasi yang berdekatan. Misalnya ingin melihat orchard road, maka masukkan sommerset beserta Singapore Zoo dalam tujuan wisata anda dihari itu. Atau ingin ke Universal Studio, maka spare waktu seharian penuh karena sayang bila anda melewatkan melihat - lihat sentosa island secara keseluruhan pula. Jika ingin berbelanja oleh - oleh berupa coklat, sertakan chinatown beserta little india dalam agenda hari itu. Untuk berfoto di Merlion, sertakan menjelajah mall marina bay sands dalam hari yang sama pula.



5. Tentukan apa yang ingin anda borong
Untuk berbelanja, tentukan ingin membeli apa terlebih dulu. Misalnya ingin berbelanja barang - barang lucu seperti baju, tas, case iPhone/iPad/tab, oleh2 khas Singapura dan tidak harus bermerk terkenal, go to bugis street! Ingat, bugis street bukan bugis square! Bugis street itu bentuknya seperti pasar yang terdiri dari banyak gang - gang dan lorong. Dengan harga yang relatif murah, beberapa bisa ditawar dan beberapa pedagangnya pun bisa bahasa Indonesia. Disini, anda bisa mendapatkan 24-36 pcs gantungan kunci hanya dengan uang 10$ ! Jika kehabisan uang pun ada money changer kecil yang rate harganya masih masuk akal. Untuk membeli oleh - oleh seperti coklat, biskuit dan lain - lain pastikan anda berkunjung ke mustafa center yang terletak di Fareer Park Singapura. Untuk membeli barang - barang branded seperti LV, Gucci, Dior, H&M dan semacamnya, pilih kawasan sepanjang orchard road hingga sommerset.



6. Where to eat?
Untuk yang halal makan daging B2 mungkin tidak akan bermasalah sama sekali dengan makanan - makanan yang ada di Singapura. Saya sih tipe yang mengkonsumsi segalanya. Sepupu saya tidak makan B2 tapi tidak masalah jika membeli menu halal di tempat yang juga menyajikan B2. Nah, waktu saya ke Singapura bersama tante - tante dan keluarga saya, mereka benar - benar pemilih. Tidak boleh ada menu B2 satupun di tempat kita akan makan, jadi benar - benar harus selektif. Berikut adalah rekomendasi tempat makan yang menurut saya HARUS anda kunjungi jika ke Singapura. Karena saya berkali-kali ke Singapura pun harus mendatangi tempat - tempat ini :

  a.) Nasi Biryani, CMK restaurant, Fareer Park (next to Mustafa Center)
  Untuk yang menyukai menu kaya akan bumbu, anda wajib mencoba menu ini. Nasi india yang disajikan lebih pipih dan bertekstur lebih kasar dari nasi di Indonesia. Biasa disajikan bersama ayam goreng kari, tapi saya lebih suka ayam goreng polos dan bumbu karinya dipisah. Anda akan merasakan surga dunia saat memakannya. Oiya, pegawainya pun bisa bahasa Indonesia, jadi jika saya memesan makanan tinggal bilang "nasi biryani ayam goreng satu, mineral water besar dingin 1". Untuk 1 porsi nasi biryani seharga 8$ saja. FYI, untuk porsi makan normal di Singapura adalah 10$ sudah beserta dengan minum. Jika lebih, saya anggap mahal.


  b.) Fishball, ION Orchard foodcourt.
  Ini surga dunia yang lain. Dengan harga 5$ saja anda bisa mendapatkan 1 mangkuk besar fishball beserta mie yang terdiri dari beberapa macam yang bisa anda pilih. Menunya terdiri dari soup dan juga dry fishball. Dua - duanya super enak, tapi saya prefer dry fishball. Tapi too bad, menunya disajikan dengan potongan kulit babi yang super duper renyah dan enaaaak banget. Sepertinya sih bisa untuk request tanpa kulit babi crispy itu. Tapi saya mana mau melewatkan yang enak-enak. Hehehe. Untuk minum bisa membeli macam - macam minuman di beverages bar yang berada di tengah - tengah foodcourt. Saya merekomendasikan lemon barley atau bandung, syrup rose yang dicampur susu. Slurrrpp!




  c.) Cattonbay makansutra Foodcourt (cmiiw), next to Esplenade.
  Disini banyak pilihan makanan enak yang bisa anda pilih. Suasananya pun cukup seru karena tempatnya outdoor dan bisa melihat esplenade, MBS, SingFlyier. Juaranya adalah grilled squid di salah satu kedai seafood, carrot cake, nasi hainan dan juga chicken wings bbq! Semuanya enak dan juga murah. Harganya pun reasonable. 10$ sudah bisa dengan minum. Try Tiger Beer yang bisa dibeli di kedai minuman paling ujung untuk pendamping makan anda kali ini.




  d.) Dont forget about 1$ ice cream!
  Ini juga salah satu yang wajib dibeli jika anda sedang berada di kawasan orchard. Sebenarnya ada pula di tempat - tempat lain, namun yang paling tersohor yaa di orchard road. Saran saya, beli yang bermerk tidak terkenal karena rasanya lebih enak dan tidak mudah cair. Ice cream disajikan dengan wafer atau roti tawar.


  e.) Cheese saussage, kedai di bugis street.
  Sama seperti ice cream 1$ tadi, ini merupakan cemilan wajib jika sedang wisata mata dan hati ke bugis street. Dengan harga 1,2$ anda bisa mendapatkan satu sosis yang terdapat keju meleleh didalamnya.


 
f.) Padthai, the only asian restaurant at front beach station, Sentosa Island (in front of "Song of the sea")
  Jika berkunjung ke front beach station di sentosa island dan bosan dengan menu McD, coba saja ke restaurant ini. Saya lupa namanya tapi ini memang satu-satunya restaurant asia si kawasan tersebut dan terletak persis di depan wahana Song of the sea. Saya suka menu Padthai disini. Padthai adalah makanan thailand yang berupa mie pipih dan bertabur kacang. Endang!

g.) Sushi express, city hall.
  Apa spesialnya makan sushi? Di jakarta ada? Disini beda! Semua jenis sushi harganya per-plate hanya 1,5$ ! Dari sashimi, california roll, Iidako, sampai desert berupa cheese cake dan lain lain. Jadi anda tinggal ambil menu yang anda inginkan dari sushi bar yang memutari semua seat di restaurant ini. Untuk ocha pun free as much as u want karena ditiap table terdapat keran yang mengalir ocha panas tanpa henti. Saat selesai, pegawai akan mencatat jumlah piring yang anda habiskan dan jangan kaget jika meja - meja di sebelah anda pun piring - piring kotornya menumpuk tinggi. Hmm, berharap saja mereka mau membuka cabang di Jakarta.



h.) DUREN !
apa bedanya makan duren di Sg dan di Indonesia? yaa rasanya sih sama - sama surga gan, tp ini legit bgt! adanya di belakang bugis market, harganya bervariasi. mulai dari 2$ aja per porsi sampe ada yang 18$an gitu. Nah biar ga repot kena denda karena bawa duren ke dalam MRT atau bus, kita bisa langsung makan di tempat lhooo! disediain sarung tangan juga biar ga bau tangannya hehehe.




7. Bring your own tumbler.
Hampir semua keran air di Singapura bisa diminum dengan aman. Apalagi harga air mineral di sana cukup mahal. Jadi, lebih baik bawa botol minum atau tumbler anda sendiri. Jadi jika habis bisa dengan mudah diisi ulang. Apalagi kita bisa tiap hari berjalan kaki berpindah - pindah tempat dan cuaca Singapura berkisar antara 30ºC keatas. Saran saya, sebelum mengisi penuh tumbler kalian, dicoba terlebih dahulu rasa airnya. Karena beberapa keran airnya terasa berbeda dan sedikit aneh.


8. Jangan segan sharing tempat duduk
Maksudnya disini adalah jika berada di foodcourt atau kedai. Di Indonesia jarang sekali kita mau berbagi tempat duduk dengan orang lain. Jika di Singapura, justru biasanya kita akan ditawarkan oleh orang lain untuk duduk di seat bersama mereka karena seat lain sudah penuh. Cukup ucapkan thank you juga sudah cukup untuk membalas jasa kebaikan mereka.


9. Pelajari rute MRT
Ini tidak kalah pentingnya. Karena jalur MRT di Singapura tidak serumit jalur metro di Paris dan Madrid. Dan jika sudah hafal atau paling tidak anda dapat memahami jalur - jalur MRT yang memiliki tujuan - tujuan berbeda. Pertama, pastikan station tujuan anda. Selanjutnya pilih warna jalur yang akan melalui station tersebut. Jangan lupa hafalkan dua station diujung jalur tersebut agar anda tidak malah dibawa menjauh dari tujuan anda. Atau bisa juga anda save gambar jalur MRT dengan mencarinya di google.com


10. Behave!
Mungkin anda semua pun sudah tau jika Singapura adalah negara yang penuh dengan denda. Fine is everywhere! Jadi, tinggalkan lah terlebih dahulu kebiasan anda membuang sampah sembarangan, menyebrang jalan tidak pada tempatnya, makan atau minum didalam kereta, merokok seenak jidat, hingga mengunyah permen karet ditempat umum. Bahkan membawa duren kedalam kereta MRT pun tindakan terlarang. Saya yang notaben-nya perokok cukup berat pun agak kerepotan awalnya, namun saya segera mencari semacam tong sampah dengan asbak diatasnya agar bisa merokok dengan aman.


11. Always bring your pasport!
Pasport itu adalah pengganti KTP kita jika berada di negeri orang. Ingat, bawa yang asli! Bukan fotokopian! Fotokopi pasport itu dibuat untuk berjaga - jaga jika suatu saat pasport hilang untuk kemudian membuat backup di imigrasi kedutaan masing - masing. Banyak yang justru berfikiran terbalik. Ingat, bawa pasport asli! Karena di Singapura saya sering melihat banyak random checking oleh petugas polisi dan imigrasi. Untungnya berkali-kali saya ke Singapura tidak pernah satu kali pun saya kena random checkimg tersebut he he he.



12. Choose ur date carefully!
Ini juga tidak kalah penting untuk memilih tanggal liburan anda untuk mengunjungi Singapura. Yang paling perlu dihindari adalah ketika hari - hari libur nasional Singapura seperti misalnya IMLEK! Saat Imlek, negara Singapura memberlakukan libur nasional sepanjang akhir pekannya. Alhasil, semua toko ataupun tempat makan tutup! Waktu saya stay hampir sebulan di Singapura, saya sangat tertarik untuk melihat suasana Imlek disana. Ternyata eng ing eng, hampir semuanya tutup! Toko, restoran dan lain - lainnya baru beroperasi 3-4 hari setelah imlek dan kemeriahan baru akan anda dapatkan. Lain hal jika anda ingin mendapatkan sale gila-gilaan, berkunjunglah pada akhir tahun. Namun jika ingin mendapatkan koleksi - koleksi terbaru dari berbagai macam designer atau brand luar yang lokasi paling dekatnya dari Indonesia adalah Singapura pilihlah season - season awal pergantian musim emoticon-Wink


13. Selalu teliti ketika menerima uang kembalian
Hal yang juga perlu dilakukan terutama ketika bertransaksi di kios - kios atau pedagang kecil di sekitaran orchard, seperti misalnya kedai minuman, kedai makanan hingga tempat penjualan elektronik. Waktu ke Singapura pertama kali, charger blackberry saya tiba - tiba tidak berfungsi. Saat kebetulan berada di orchard, saya membeli sebuah charger universal seharga 25$. Karena waktu itu saya masih polos jadi hanya menawar ke angka 20$. Saat pembayaran, saya menggunakan pecahan 50$. Dan ternyata kembaliannya berupa mata uang brunei! Saya baru sadar ketika ingin membeli minuman yang masih berada di sekitaran orchard. Panik lah saya. Tapi ternyata si pelayan kedai tersebut memberi tahu bahwa saya dapat menggunakan uang tersebut hanya di kawasan orchard. Hingga kemudian adik saya ingin membeli jam tangan di sekitar plaza far east, dan si ibu yang baik hati menerima uang tersebut dan bahkan mau ditukarkan dengan dollar singapura. Sigh! Jadi, teliti yaa ketika menerima uang kembalian. Baik dari jumlah, dan mata uang yang diberikan.


14. coba sesuatu yang berbeda dari turis biasa
Seperti misalnya adalah olahraga! ketika anda mengunjungi daerah sekitaran Marina, Esplenade dan Merlion pada sore hari pasti anda menemukan banyak orang yang sedang jogging sore mengelilingi area tersebut. Saya pun sempat gatal ingin mencoba dan akhirnya ketika berlibur sebulan di Singapura, saya dan 2 sepupu saya benar - benar mencobanya! kami berangkat dari apartment di daerah kembangan dengan MRT dan sudah menggunakan setelan jogging. Dengan hanya membawa kartu mrt, uang 10$ dan juga gadget untuk mendengarkan musik. Ternyata sangat seru! Sebelumnya kami hanya jogging sore di jogging track tepat di sebelah apartment, dan jogging disekitaran Marina sangatlah menyenangkan. Jadi, jika anda menginginkan sensasi yang berbeda, spare waktu 2jam untuk melakukan hal tersebut. Jangan lupa bawa sepatu running anda ya emoticon-Smilie


demikian beberapa saran dan masukan untuk agan/aganwati yang ingin liburan ke Singapura.

kalo ada yg mau tanya2 bisa pm saya juga kok, dengan senang hati bakal menjawab pertanyaan2 agan/aganwati tentang liburan ke Singapura.


have a great time in Singapore emoticon-Wink

emoticon-Blue Guy Peace


*image source :
file pribadi
google
Diubah oleh rayhafidz18 08-03-2015 08:59
0
6.9K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.