Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Fotografer Inggris Berebut Hak Cipta Monyet “Selfie” di Sulawesi

mtr27Avatar border
TS
mtr27
Fotografer Inggris Berebut Hak Cipta Monyet “Selfie” di Sulawesi
Fotografer Inggris Berebut Hak Cipta Monyet “Selfie” di Sulawesi

Foto “selfie” seekor monyet jenis makau di Sulawesi memicu sengketa antara seorang fotografer asal Inggris dengan Wikipedia. David Slater, nama fotografer itu, meminta Wikimedia Commons sebagai pemilik Wikipedia untuk menghapus foto itu dari situsnya karena belum memeroleh ijin darinya. Namun menurut Wikimedia foto itu bukan milik Slater dan akan tetap dipasang di situs Wikipedia.

Seperti dilansir The Guardian, dasar keputusan Wikimedia adalah karena menurut aturan tentang hak cipta di AS, foto hasil karya selain manusia tidak bisa dilekatkan hak cipta dan oleh karena itu bebas di pasang di ruang publik, termasuk di internet.

“File ini berada di domain publik karena hasil karya binatang, bukan karya manusia yang berhak atas hak cipta,” pernyataan terkait foto itu di Wikipedia.

Menurut laporan The Telegraph, Wikipedia akan melakukan pemungutan suara yang melibatkan anggota-anggota komunitasnya untuk memutuskan apakah akan tetap menayangkan foto itu atau tidak.

Menurut Slater, foto itu dibuat pada 2011 ketika dirinya sedang meneliti monyet langka itu di Sulawesi. Saat sedang memotret, seekor monyet mendekati kameranya dan tidak sengaja memotret wajahnya sendiri alias “selfie”.

“Saya berhak atas foto itu, tetapi karena monyet itu yang menekan tombol dan mengambil foto, mereka mengklaim hak cipta ada pada monyet tersebut,” kata Slater, yang berencana menggugat Wikimedia.

Spoiler for Foto Monyet Selfie gan:

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
5.3K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.