n.a.nAvatar border
TS
n.a.n
Freeport Oh Freeport..
Selamat Siang Juragan emoticon-Big Grin

Thread pertama ane nih gan, masih newbie. emoticon-Big Grin maaf nih kalau postingan ane kurang rapi.hehe cuma mau berbagi keluh kesah nih gan tentang negara kita tercinta. dan ane harap ada masukan juga dari agan agan untuk pengetahuan ane..

Indonesia kita ini negara kaya gan. ya pokoknya kayak dalam segala hal, entah itu adat istiadat, bahasa, ras, Flora Fauna, terutama Sumber Daya Alam nya.

Nah disini ane mau sedikit bahas tentang Sumber Daya Alam di pulau paling Timur gan, Papua. Meskipun masyarakat nya terbilang miskin, tapi di pulau tersebut memiliki Sumber daya alam paling kaya di Indonesia gan.

nah kemaren ane liat di salah satu program stasiun TV swasta, sebut saja Trans 7 gan. Di sana di jelaskan kalau gunung EMAS paling kaya di dunia ada di pulau Papua gan! yang sekarang di kelola sama pihak Asing yaitu Freeport. sementara indonesia hanya memiliki saham tidak lebih dari 10% gan. Dan kabarnya sampai tahun 2042 itu pertambangan bisa terus menghasilkan emas, belum lagi kandungan mineral yang lain nya gan. Ga kebayang dong berapa Ton hasil dari pertambangan dsana. Nah yang ane herankan gan, kenapa gitu Sumber Daya Alam yang berjibun gitu, yang bisa mensejahterakan bangsa, membangun indonesia yang lebih baik malah di kelola oleh asing. Ini tanah indonesia loh gan, mereka mencuri sumber daya alam kita, di bawa ke negara mereka, kemudian di jual kembali oleh mereka dan itu sangat lah menguntungkan mereka. sementara Indonesia? Hanya mendapatkan tidak lebih dari 10% saja. belum lagi kerugian masyarakat disana karena limbah dari pertambangan itu.
kalau misalkan itu pertambangan di alihkan sehingga kita sebagai orang indon yang mengelola bisa ga yah gan? Atau memang dengan alasan bahwa SDM dan teknologi pihak asing lebih memadai? atau karena 'pelicin' kepada para petinggi agar selalu freeport yang mengelola? Atau karena indonesia mencari aman? Soalnya yah gan kalau misalkan keinginan pihak asing tidak di penuhi katanya bisa membuat sebuah negara krisis, bergejolak kayak negara di timur tengah sana gan..

Dan kabarnya papua ingin melelaskan diri dari indonesia gan, ya karena kurang meratanya kesejahteran bagi mereka kali yah gan. atau karena kurang puas dengan pemerintah yang ada. Kalau pun merek pisah, toh mereka dapat mencukupi kesejahteraan masyarakatnya dengan SDA yang di miliki. Nah indonesia gimana coba kalau papua lepas? emoticon-Cool

oia gan, satu lagi. Dulu pas SMA denger dari guru Bhasa indonesia ane yang suaminya pilot, itu kalo dia lewat Daratan Papua, dari permukaan nya itu berkilauan kayak Emas tertempa sinar matahari Gan!!!! emoticon-Takut

Di Rate emoticon-Rate 5 Star yah gan kalo berkenan
sama bagi bagi cendolnya juga dong emoticon-Cendol (S)

Spoiler for Quote:Original Posted By kurpis ►selamat malam gan ane pegawai freeport, ane post ini di tembagapura gan, freeport sebagai tambang tembaga dan emas terbesar dan terbanyak skala produksinya (240ribu ton concentrat per hari), tambang open pit terbesar di dunia (grasberg openpit) dan tambang bawah tanah terbesar di dunia (ada lebih dai 10 area underground mine) sejujurnya ane juga miris dengan situasi seperti sekarng, bener kata desas-desus yang dari awalnya dulu tambang tembaga jadi dinamain tembaga pura padahal ada emasnya cuma di tutup-tutupin, dulu ada tambang emas itu bocor dari karyawan (dari mulut ke mulut) jadi freeport ga bisa pungkiri lagi, asal agan tau freeport sampai sekarang hanya melaporkan hasil tambang berupa emas hanya kurang dari 1kr per ton concentrat (ane ga tau angka pastinya), dan asal agan tau sekarang-sekarang ini ada desas desus baru kalo ditemukan cadangan uranium di bawah tanah grasberg, tinggal tunggu waktu aj kaya kasus emas dulu kalo untuk aset freeport dikelola negara secara logika ane itu belum mungkin untuk jangka pendek ini, engga terhitung aset freeport yang harus di beli oleh pemerintah sekaligus apalagi 30ribu pekerja (lokal-xpat) harus ditanggung dalam jangka waktu yang singkat, menurut ane langkah pemerintah saat ini udah bener gan disuruh buat smelter di indo dan saham buat pemerintah diperbesar , ane saluut sama bapak chairul tanjung yang keras tanpa kompromi untuk sekarang kita doakan saja kedepannya kelak semua aset yang ada di tanah papua 100% punya rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat INDONESIA karena cadangan emas, tembaga dan mineral lainnya engga akan pernah habis mungkin sampai kiamat. kapan-kapan ane posting foto2 situasi pertambangan di freeport gan firts page bila berkenan CMIWW:


Spoiler for Quote:Original Posted By rezaark ►asalkan duit dari freeport ke pejabat lancar truss bakalan sampe kiamat tambang kgak bakalan bisa di kelola indonesia..coba klo pemimpin kita tegas berani ambil resiko paling enggak pembagian nya 50-50 CMIIW tapi kita ngak juga bisa salahin pak by sepenuh nya..beliau cuma tidak ingin rakyat yg jadi resiko nya klo kita menggugat freeport..agan tau lah klo sampe kita ngegugat Freeport amerika bakalan adu domba kita OPM akan di danai untuk kemerdekaan nya kya di timur tengah..sekarang kan amerika sudah mengirim kekuatan marinir nya di darwin yg jumlah nya puluh ribuan untuk pembebasan papua dari indonesia klo kita menggugat freepoort CMIIW Pejwan dong gan /:iloveindonesias/:


Spoiler for Quote:Original Posted By nyamukcentil ►freeport itu bisa ada di papua dan mengeruk semua kekayaan alam yang berlimpah ruah di sana karna keserakahan penguasa negeri ini gan /:hammer/ kalo freeport ato siapapun dulunya tidak dikasi ijin rakyat negeri ini pasti udah sejahtera sekarang /:iloveindonesias/:


Spoiler for Quote:Original Posted By yogananda ►Freeport yg ane denger katanya hampir bangkrut dulu. Setelah menemukan tambang di Papua dan bisa di exploitasi. Mereka jd bisa bayar hutang dan dapat keuntungan berkali lipat. Dan sampai skrng freeport udh dapet keuntungan super gede dr tanah Papua gan. Kalo ente salah tolong dkoreksi. Kalo bner mngkin bisa di taroh pekiwan.:
Diubah oleh n.a.n 27-08-2014 00:16
0
14K
183
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.