Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

styxsAvatar border
TS
styxs
(PARAH) Gerindra calonkan Fadli Zon jadi ketua DPR (trit sblnya gak bisa buka?)
Gerindra calonkan Fadli Zon jadi ketua DPR


Merdeka.com - Bursa calon ketua DPR menjadi incaran bagi semua partai politik peserta pemilu. Tak terkecuali dengan Partai Gerindra yang juga bakal menempatkan kader potensialnya untuk menduduki jabatan DPR 1.

Ketua DPP Partai Gerindra Desmond J Mahesa mengatakan, ada dua kader partainya yang layak untuk menjadi ketua DPR. Keduanya adalah Fadli Zon dan Ahmad Muzani.

"Bursa itu, Fadli Zon dan Ahmad Muzani. Di samping mereka ini adalah pimpinan partai, dan kapasitasnya cukup dibandingkan orang-orang yang tidak saya dikenal. Dari Gerindra banyak yang tidak kami kenal," kata Desmond kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/8).

Menurut Desmond, ada 2 hal yang menjadi pertimbangan mengenai mekanisme untuk menjadi ketua DPR. Yaitu pertama, UU MD3 yang mengatur mengenai siapa yang layak menjadi ketua DPR saat ini sedang digugat di Mahkamah Konstitusi. Tak seperti sebelumnya dimana ketua DPR dijabat pemenang pemilu, Dalam UU MD3 siapa pun bisa dipilih sebagai ketua DPR berdasarkan suara terbanyak.

"Kalau gugatan ditolak, maka pertarungan bebas akan terjadi maka bentuknya akan terjadi berkoalisi dengan partai lain. Apakah ini maju per orangan atau sistem paket," jelasnya.

Namun, bila UU MD3 gugatannya diterima MK, maka mekanisme dan aturan siapa yang bakal menjadi ketua DPR menggunakan undang-undang yang lama.

"Kalau diterima MK, maka Gerindra akan wakil ketua sesuai UU MD3," tegasnya.

Seperti diketahui, Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Martin Hutabarat mengatakan, partainya legowo untuk memberikan kesempatan jabatan Ketua DPRD kepada anggota partai lain. Pernyataan Martin ini bertolak belakang dan tidak sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Ketua DPP Partai Gerindra Desmond J Mahesa.

"Untuk Ketua ini kita legowo, Gerindra mau mendorong teman-teman dari Fraksi yang lain. Jadi Gerindra di belakang memberi dukungan kepada teman-teman yang lain," kata Martin kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (25/8).

Sumur : http://www.merdeka.com/politik/gerin...ketua-dpr.html

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
4.1K
77
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.