Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deri1120Avatar border
TS
deri1120
Jurus Chairul Tanjung Tingkatkan Penerimaan Pajak
Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mencatat realisasi penerimaan pajak sebesar Rp548,07 triliun sepanjang periode 1 Januari - 8 Agustus 2014. Jumlah ini sekira 51,11 persen dari target Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun ini sebesar Rp1.072,38 triliun.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung untuk meningkatkan penerimaan pajak agar sesuai target APBN-P 2014 adalah intensifikasi penerimaan pajak.

"Langkah pertama intensifikasi, yang kedua tentu ekstensifikasi tentu saya sebagai Menko mendukung semua langkah ini dengan catatan jangan sampai target dijadikan tujuan karena kalau nanti orang yang sebenarnya tidak berkewajiban bayar pajak dipaksa untuk membayar pajak. Akibatnya, iklim usahanya menjadi tidak baik," ucap CT di kantornya, Jakarta, Kamis (21/8/2014).

CT menjelaskan, ekstensifikasi merupakan maksimalisasi penyerapan pajak dengan menggali potensi pajak yang belum terserap. "Perluasan wajib pajak, kalau intensifikasi wajib pajaknya sudah ada diperdalam supaya income pajaknya lebih besar," paparnya.

Saat ditanya detailnya, CT enggan berkomentar. Dirinya menyerahkan persoalan ini lebih baik ditanyakan kepada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. "Langkah-langkah detilnya tentu kita serahkan kepada Dirjen Pajak dan Kemenkeu," imbuhnya.

Diakui CT, penerimaan pajak sampai dengan 8 Agustus 2014 lalu masih minim.

"Memang saya sudah mendengar langsung dari Menteri Keuangan maupun Direktur Jenderal pajak kelihatannya ada pelemahan penerimaan," paparnya.

http://economy.okezone.com/read/2014...nerimaan-pajak

Sekedar masukan Pak Chairul, negara sebaiknya membuka kotak donasi. Lumayan dapat penghasilan dari itu. Masalah intensifikasi jelas merugikan pembayar pajak yang selama ini sadar membayar pajak. Sedangkan ekstensifikasi mungkin sedikit membantu. Tapi, ekonomi di masyarakat juga harus dibantu. Semakin berkembang ekonomi masyarakat, semakin banyak jumlah pembayar pajak.







[B][I]
Diubah oleh deri1120 04-06-2018 07:24
0
2.9K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.