Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ryo77Avatar border
TS
ryo77
Granada dan Cordoba ( Andalucia - Southern Spain )
Bro & Sis gw mau berbagi pengalaman solo traveling ke Granada dan Cordoba Juni 2013 lalu all photos taken by myself emoticon-Smilie


Kedua kota ini terletak di wilayah ANDALUCIA yaitu ‘ Southern Region of Spain ‘ atau Spanyol bagian Selatan ( google sendiri ya kota apa aja yang tergabung di Andalucia ), tapi rencana gw kali ini Cuma 2 kota yang mau gw jelajahin yaitu Granada dan Cordoba .

banyak yang nanya kenapa ga Madrid, kenapa ga Barcelona ?
Well , Andalucia menurut gw unik karena perpaduan budaya dan seni yang luar biasa disana dan juga tidak modern seperti Madrid dan Barcelona. dia berbatasan sama Gibraltar dan Maroko,

tapi boleh dibilang lagu Recuerdos De La Alhambra yang sering gw denger dan mainkan di gitar klasik dari jaman SMA yangselalu terngiang inilah yang membawa gw kesini…. Dan Alhambra ini adalah benteng / pertahanan terakhir Muslim di tanah Hispania yang direbut kembali sewaktu kampanye Reconsita (re-conquer ) atau penaklukan kembali pada abad 15, sehingga perpaduan budaya,arsitekstur,music,makanan di daerah ini begitu dashyatnya . penaklukan benteng ini memakan waktu ratusan tahun karena medan yang sulit , berbukit dan desain perumahan dan pertahanan yang padat untuk menghalau musuh.

sekilas info:
gw lebih seneng ke suatu negara dan kita abisin waktunya yang banyak dan ngak menclok2 kayak ikut tur ....misalnya 7 hari pergi ke 5 negara nah ini yg ga terlalu suka, karena kita akan kurang mendapatkan 'feel' negara tersebut. mending kita explore ampe maksimum.

dan jangan lupa wejangan Pak Bondan - untuk mengetahui suatu negara maka pergilah ke pasar basahnya , itulah negara tersebut.

ok kita mulai :

28 Juni-02 Juli 2013 ( 5 days 4 nights)

- pagi-pagi buta di sebuah Hotel di kota antah berantah ( desa kecil di Jerman ) gw bergegas masukin tas ke taksi yang uda di book untuk ke Frankfurt airport, dan masuklah ke penerbangan yang bakal makan waktu 3jam+ dari Fra - Madrid dengan Iberia Airlines ( tiket PP Euro 199 booked online dari jakarta )



IberiaAIr ini adalah budget airline, ga dapet makan minum , pramugari jutek (standar budget airline emoticon-Malu (S)) , haus + laper mulai mendera karena kaga makan , begitu dibagiin menu n liat harga donat + kopi sebiji emoticon-Cape d... (S) Euro 8 , uda tahan aja deh..

akhirnya nyampe juga ke Madrid (Aeropuerto T4 ) langsung menuju Metro subway untuk pergi ke Estacion De sur Autobuses atau terminal bis ke Granada. ngantri ke mesin tiket dan nunggu deh.

Terminal bisnya ga terlalu bagus, karena masih ada waktu akhirnya nyari makan dulu dah disono ...laperr bro karena ntar perjalanan ke Granada sekitar 5 jam 30 menit ( 500km ) , tiket sudah dibeli dari jakarta ( Euro 14 )





sepanjang perjalanan , mata kita dimanjakan oleh pemandanan yang super indah , kebun zaitun (olive ) , bunga matahari , gunung karang , dan jika sudah mendekati Granada ada gunung Sierra Nevada dengan puncak es nya , walahhh jadi pengen hiking nih...nex time deh

ditengah perjalanan bis berhenti sekali di persinggahan Abades Puerta Andalucia , ada supermarket , toilet, dan toko suvenir.






akhirnya sampe juga di Terminal bis Granada ,
oh iya langsung aja ke Tourist information center , ambil brosur , isi data ( ada form negara asal : Indonesia dong hehehe ) wah yang jaga taunya Bali doang emoticon-Cape d... (S) , akhirnya ditawarin paket keliling kota pake sepeda ( bike tour ) sepedanya ada baterainya..speda listrik , Euro 22 untuk 2 jam yaudah ambil dah buat besok sore jam 18.00-20.00 , gw satu group sama turis dari Chille , Hongkong, n Taiwan.

panggil taksi buat anter ke Hotel ,

Hotel Carlos V harga per malem Euro 45 non- beakfast,
hotel ini gw dapet referensi dari trip advisor , kalao mau murah sih banyak hostel , tapi kalo mau 'nyaman' ya ga terlalu mahal juga...





taro barang , beres2 sebentar , karena uda malem jadi cuma ke supermarket belanja stok makanan (biar irit emoticon-Malu (S)) , dan muter muter bentar . tapi berhubung ini di Eropa , mulai gelap itu kalau diatas jam 22.00
, kalau jam 21.00 masih seperti siang. dan musim panas di Spanyol selatan itu welehhhh diatas 40 derajat emoticon-Cape d... (S)



Day 2 : The Alhambra sebuah benteng yang sangat indah , dengan arsitektur dan ukiran ornamen yang detail banget. untuk tau sejarahnya google aja ya.

karena di Granada banyak gang kecil , jadi bis umum untuk ke daerah tertentu bentuknya kecil ( mirip minibis dah ) , dan bersiap-siap ke Alhambra yang begitu terkenal , tiket harus book dulu dari Jakarta , ga bakal dapet kalau langsung kesana . keliling2 dan cuci mata .... Indahhhhhhh banget .... kalo ga inget kuota , ratusan photo gw masukin ke thread ini nih bro emoticon-Ngakak






di Alhambra gw dari jam 09.00 sampe jam 15.00 , lalu cabut nyari makan dan liat2 suvenir dll , karena jam 18.00 gw uda beli paket tur sepeda juga buat keliling2 Granada.

akhirnya balik ke kota Granada ...keliling2.
gw makan Paella ( bacanya Paiya ) yaitu nasi yang dimasak bareng lauk... ada beberapa tipe , ada yg kuning ( pake Safron ) dan ada yang item ( pake tinta cumi ) karena di Madrid gw uda coba yang kuning maka kali ini gw coba yang item ah..

oh iya di Granada kalau kia beli minum aja kita akan dapet Tapas ( finger food /snack kadang berupa roti kecil isi daging, sate + olive pickle dll ) gratis tis tis... bahkan cuma beli air putih atau jus jeruk loh..

nah harga Paella item ini kurang lebih Euro25 ( sama minum dan desert )




Day 3 : Keliling kota , jelajah gang-gang kecil + tempat kumuh , liat2 fenomena sosial apa aja yang ada disono , hunting suvenir , dan gw sempet ke museum Sains + planetarium disono.

liat anak punk ditangkep ama Policia ( polkis) , prosesi kimpoian yang lucu ..pengantennya disirem beras , liat street artist , ke kampung Gypsi dll.

oh iya disono ada juga gang-gang yang agak kumuh + bau pesing n banyak sampah, grafiti dimana-mana dan kucingnya mirip kucing kampung sini .... jelek hiihihihiemoticon-Ngakak

dan penduduk sana lebih suka bersosialisasi , ngumpul2 , ngobrol2, dansa2 , bahkan uda pada tua2 juga begitu , beda banget sama bule Jerman dll.










pemandangan Granada waktu malem


Day 4 : pagi menuju Cordoba naik bis ( 2.5 jam )

pagi sebelum menuju terminal bis , nyobain Churos ( baca Churus ) dulu ah , rasanya aneh mirip cakwee asin tapi celup coklat manis...yaiksss emoticon-Cape d... (S)



Tiba di Cordoba langsung cek in di Hotel Hesperia Cordoba , hotelnya lebih bagus ( Euro60 semalem ) , karena masih siang gw keliling2 aja dan juga sempet naik bis wisata Hop in Hop out , menurut gw ini alternatif juga buat transportasi karena ga usa bayar lagi ampe malem , bisa naik-turun sesukanya dan juga ada audio headset dan bisa dengerin sejarah dari tiap2 pemberhentian , harganya Euro20...worthed lah..

dan di Cordoba lagi panas-panasnya ....42 derajat ...weleh...meleleh deh emoticon-Cape d... (S)

Paling terkenal dari Cordoba adalah Mezquita ( Gereja besar banget yang dulunya adalah mesjid dan juga yang terkenal adalah sisa2 romawi seperti jembatan dll ) , dan juga di Cordoba yang asik itu adalah jelajah gang-gang kecil yang indah dan penuh dengan bunga warna-warni .







sempet ada ibu Gypsi yang minta duit sambil gendong anak , katanya anaknya butuh duit buat susu emoticon-Smilie mirip Indo ya...
dan juga ada beberapa aris jalanan yang mainnya jago banget.


Day 5: balik ke Madrid International AIrport dan balik ke Frankfurt - lanjut ke Jakarta besoknya

dari Cordoba ke Madrid dengan menggunakan kereta cepat ( Renfe ) total waktu 1 jam 45 menit, cepet banget keretanya harga tiket ( Euro 45 )

... sekilas info ... gw ketinggalan pesawat dan akhirnya nginep dibandara buat beli tiket besok paginya pake Lufthansa ke Frankfurt - one way ...Euro600 emoticon-Sorry ...moral of the story : " jangan keasikan liat2 kalo pas harinya balik" hehehe



end of story : >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Place of interest :
Granada :
- Alhambra
- kalau mau nonton show Flamenco…this is the Birthplace of Flamenco
- Gypsi Quarter & Muslim Quarter
- Gunung Sierra Nevada dengan salju abadi dipuncaknya ( someday gw kesini lagi mau hiking ah dan bisa main ski )

Cordoba :
- Mezquita Mesjid besar banget dan indah banget yang sekarang berubah jadi Gereja
- Dan tempat Christopher Colombus dilepas oleh raja Spanyol untuk ekspedisi ke barat adalah di kota ini
- Gang –gang kecil yang sangat indah dan Cordoba terkenal dengan rumah dengan pot bunga warna-warninya….sangat indah
- jembatan dari Jaman Romawi )

Tips and trik :
1. Di Granada kalau kita mesen minum ( tanpa makanan ) aja kita akan dikasi ‘Tapas’ atau finger food untuk ganjel perutlah ibaratnya.
2. Jam makan di Granada sangat aneh : makan pagi sekitar jam 6 – 8 pagi , makan siang jam 14.00 , dan makan malam jam 20.00 – 22.00 , jadi banyak restoran tutup jam 16.00 – 20.00 ,
3. porsi makanan jumbo bener loh , cukup buat seharian deh sekali embat.
4. biar ngirit gw makan di resto Cuma sekali sehari ( sekali makan komplit sekitar Euro 25 ) dan gw makan sekitar jam 15.00-16.00 , sisanya kita makan /nyemil buah atau roti yang kita beli di supermarket , malah tiap hari gw rebus telor 2 biji ( bawa termos listrik bro hehehe ) , beli telor satu pak di supermarket.
5. hati-hati sama orang Gypsi , mereka suka maksa minta duit , mending menghindar aja , gw pernah hamper kena sama Gypsi yang mau ngeramal gw , kasih daun-daunan sambil megang tangan gw , gw tepis aja dan langsung kaburr… untung gw uda pernah baca di TripAdvisor sebelumnya . tapi pernah juga sih gw dimintain duit buat dia beli kopi, ya uda deh gw kasi 2Euro aja.
6. Spanyol banyak imigran Afrika/Gypsi/dan orang local yang ekonominya kurang bagus, jadi jangan heran ya kalo ketemu ngamen , minta-minta , asongan , bahkan ngelap-ngelap kaca kalo lamou merah , uda mirip jakarte ajeee hehehehe.
7. Jarang orang yang bsia bahasa inggris , paling Cuma anak muda aja yang mendingan , dan dimana-mana bahasa spanyol.
8. Semua tiket bis, pesawat, hotel, kereta cepat dll usahakan beli dari Jakarta dulu karena kalau go show belon tentu dapet , dan jangan lupa tiket masuk Alhambra juga harus beli dulu , jangan go-show.


Diubah oleh ryo77 17-08-2014 00:57
0
8.5K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
MancanegaraKASKUS Official
5.9KThread2.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.