Sebelum masuk ke pokok permasalahan, ane cuma mau kasih masukan sama nasihat + curhat aja nih buat para agan2 yg emang doyan banget sama ngeblog, apalagi yg blognya self hosted. Jangan tergiur sama iming2 promo yg gak masuk akal. Ini dari pengalaman ane sendiri, ya kalo mau cari perusahaan hosting emang harus jeli gan, jangan salah pilih, masalahnya ane udah (pernah) bermasalah sama perusahaan hosting yg ini. Apalagi ya emang penghasilannya dari blog, alih-alih mau dapet untung malah jadi buntung.
Sekali lagi ya ini cuma curhatan dan bukannya mau ngejelek-jelekin suatu pihak.
Quote:
Kronologi:
Quote:
Kronologinya gini gan. Pada bulan Desember tahun lalu, ane bikin website. Karena emang pd waktu itu ane lagi repot2nya kerjaan, jadi mau gak mau itu website terbengkalai. Selama ane kerja ane sembari nyari2 perusahaan hosting yg emang bisa kasih pelayanan yg maksimal.
Selama kurang lebih 4 bulanan ane cari perusahaan hosting yg tepat, ane udah nemu. Nah pas tanggal 24 Mei 2014 ane memustuskan untuk mempercayakan blog ane di hostingin sama perusahaan Ni*** ****er (maaf sensor). Ane coba layanan per 3 bulan, dan emang kebetulan waktu itu harganya masih agak murah.
Setelah menunggu 3 bulan kemudian, tiba lah kejadian yg bertanggal 11 Agustus 2014. Pokok permasalahannya bukan disini gan. Jadi pd tanggal tersebut ane dapet email dari perusahaan hosting tersebut bahwa layanan hosting ane jatuh tempo tanggal 25 Agustus 2014. Ane terima email tersebut udah 2 kali.
Ane pikir gak ada masalah dong ya sama email tsb, wong jatuh temponya kan tanggal 25 Agustus nanti.
...Ane tunggu ane tunggu ane tunggu, tibalah saat dimana website ane sama sekali gak bisa di buka....
Itu kejadian tanggal 18 Agustus kalo gak salah.
Kesel gak kesel nih kok website ane gak bisa ke buka. Ane tanya ke para master website knpa website gak bisa ke buka, tapi gak ada jawabannya. Ane tanya ke penyedia hostingnya pun mereka jawabnya "Mohon maaf, anda tidak melakukan order untuk domain arabi**********.com (maaf sensor lagi). Silahkan anda cek kembali."
Di hari berikutnya tanggal 19 ane coba perpanjang layanan hostingnya. 3-4 jam ane tunggu dan kemudian ane coba akses website ane, ternyata (masih) blm bisa juga diakses. Ane protes dong ..
Usaha ane protes, ternyata mereka malah berkelit dengan protesan ane. Berikut cuplikan pembicaraan ane melalui support ticket:
- Ane: "Sehubungan dengan sudah diperpanjangnya layanan arabi**********.com, saya ingin melanjutkan topik di atas.
Kenapa setiap kali saya akses web saya selalu tampil notifikasi "Laman Web Tidak Tersedia", padahal di file manager semua file lengkap ?"
- Penyedia Hosting: "Halo Ikrima,
Maaf, namun kami melihat untuk domain anda arabi**********.com adalah domain gratis dari idhostinger dan untuk paket hosting anda tidak anda perpanjang maka domain anda juga ditahan, mohon utnuk diperiksa kembali
Silahkan menghubungi kami kembali jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pertanyaan lainnya.
Terima kasih telah menggunakan layanan kami,"
Berikut cuplikan pembicaraan selengkapnya melalui screenshot gambar:
Spoiler for SS:
Itu baru ronde satu gan, masih ada ronde-ronde selanjutnya
Oke lanjut.
Karena di support ticket orangnya pada berkepala batu semua, ane coba berpindah ke live chat. Di live chatpun juga sama kayak di support ticket. Di ngelesin mulu sama cs nya. Daripada bete, akhirnya ane ngeluarin jurus maut , beberin bukti. Tapi malah di jawab "Mohon untuk tunggu 2x24 jam dikarenakan domain anda baru saja kami aktifkan dari suspend dan proses propagansi dns."
Dan akhirnya ane coba nunggu 2x24 jam. Sembari menunggu dengan waktu yg sangat lama *lebay*, ane coba lagi cari-cari perusahaan hosting yg emang bagus dan terpercaya reputasinya. Udah ketemu nih, cuma emang agak mahal aja harganya.
Sekedar perbandingan harga aja nih. Di perusahaan hosting bermasalah sama ane, harga hostingnya aja per 3 bulan cuma 230ribuan. Sedangkan di penyedia hosting yg baru ane pake jasanya, seharga 430ribuan per bulan.
Emang ya agak mahal, tapi harga menentukan kualitas juga lhooo...
Akhirnya sampai di ronde berikutnya.
Setelah ane tunggu, ane pun dapet balesan lewat support ticket lagi.
Isi dari balesan tsb intinya mereka nawarin buat refund tanpa ane meminta refund tsb *tau diri juga*. Tapi......
Tapi liat dulu penampakannya:
Spoiler for SS2:
Inti dari pembicaraan screen shot di atas, ane sebenernya cuma mau website ane di aktifin lagi. Tapi karena kebodohan karywannya yg gak nyambung, mereka malah nawarin ane buat refund. Yaudah, tanpa basa-basi ane ladenin buat refund. Dan malah akhirnya, terjadilah pada akhir percakapan diatas.
Dan hingga thread ini di luncurkan ane pun masih berjuang menghadapi permasalahan ini *kayak capres sebelah aja yg terus-terus berjuang* hehehe...
Sebenernya ane masih punya 1 truk kontainer bukti buat menyelesaikan sengketa permasalahan order ini. wkwkwkwk
Namun, ini cuma sekedar sharing pengalaman bukan mau menjelekan salah satu pihak. Jadi cuma sekedar bukti itu aja yg bisa ane bagiin.
Oke...
Intinya buat agan2 yg doyan blogger pake self hosted, bijaklah dalam mencari perusahaan hosting yg ingin di pakai jasanya. Supaya gak tergiur sama diskon2 murahan yg gak masuk akal.
Karena ane udah sharing pengalaman ane, ada baiknya jika agan yg berbaik hati memberikan nya untuk ane sekaligus tanda dukungan juga biar ane menang sengketa hehehe
Baiklah, ane sekian undur(undur) diri dulu. Mohon maaf jika ada salah satu (nilainya 9) pihak yg tersinggung, karena ini hanya sekedar sharing pengalaman.
Wassamualaikum wr. wb
Diubah oleh araaaabbb 22-08-2014 07:38
0
1K
Kutip
2
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Internet Service & Networking
21.3KThread•4KAnggota
Urutkan
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru