Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • HATI-HATI BAGI YG TIDAK MAU JADI KORBAN PENIPUAN? WAJIB MASUK DAN BACA TIPS2 NYA

arta26Avatar border
TS
arta26
HATI-HATI BAGI YG TIDAK MAU JADI KORBAN PENIPUAN? WAJIB MASUK DAN BACA TIPS2 NYA
SALAM SEJAHTERA KASKUSER SEKALIAN,DISINI SAYA MAU BERBAGI INFO DAN TIPS, SESUAI DENGAN PENGALAMAN YANG SAYA ALAMI BARU BARU INI MENJADI KORBAN PENIPUAN PENCURIAN DATA DIRI.TERNYATA BUKAN HANYA SS KTP ATAU SIM SAJA YG DIPHOTOSHOP TAPI ADA MODUS LAIN.(DALAM KASUS SAYA DATA YG DICURI A/N ADITYA PRANAGA SALIM)




Disini saya mau share seputar trnsaksi dalam kaitan nya jual beli id game clash of clans tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa digunakan acuan dalam trnsaksi barang lain. Apa yg mau saya bagikan disini terbagi dalam 3 hal yaitu cara kerja penipu, cara dia menggunakan data diri kita dan tips menghindarinya.


1.CARA KERJA PENIPU


A) Bagaimana cara kerja penipu?
+pertama mereka akan mencari target untuk diambl data dirinya,dalam hal ini tentu saja pelaku mencari target seller yang sudah punya cukup reputasi. Setelah ditemukan maka dia juga akan mensurvey barang apa saja yang dijual.

B) Setelah dapat target?
+ Penipu akan mencontact penjual tersebut dan berpura2 sebagai pembeli. Dalam kasus saya penipu contact melalui Add BBM. Yang baru saya sadari diakhr adalah karena BBM mudah memalsukan nama dan tidak meninggalkan jejak hanya dengan mendelcont BBM tsb.

C) Tahap selanjutnya apa?
+ Setelah penipu berhasil melakukan contact dengan penjual maka dia akan berusaha meyakinkan penjual dengan bertanya seputar barang yang dijual dan bernegosiasi harga.setelah terjadi kecocokan harga maka penipu akan menanyakan cara bertransaksi.

D) Tahap akhir?
+ Tahap akhir disini adalah pura2 ingin bertrnsksi,penipu menanyakan caranya tentu saja seller akan memberikan 3 opsi yaitu transfer langsung,COD atau rekber.ternyata penipu memilih opsi transfer langsung tapi dengan jaminan data diri saja cukup. Mula2 saya sedikit curiga tapi penipu trus menerus berhasil meyakinkan sehingga saya pun terbujuk untuk memberikan data diri. Tapi setelah saya memberikan data diri,penipu mendelcont bbm dan hilang tnp jejak tanpa sempat men screenshot chat tsb,karena dari awal penipu cukup meyakinkan. Contoh Kasus: saya memberi ss ktp + sim atas nama Aditya Pranaga Salim.

2. MENGGUNAKAN DATA CURIAN

A) Bagaiman setelah mendapat data curian?
+penipu akan langsung beraksi,dia akan memasang foto dan nama sesuai data curian di bbm dia seolah olah itu adalah seller yang asli lalu mencari contact customer yang pernah mampir dilapak seller. Jadi benar benar kesan nya bahwa saat meng contact kembali customer bahwa itu seller asli aplgi ditmbh ss ktp dan sim seller,maka customer akan percaya.

B) Apa yg terjadi setelah itu?
+ Setelah penipu berhasil meyakinkan pembeli,maka penipu akan memberi daftar barang tapi dengan harga diskon dari sebelumnya. Tentu ini akan membuat pembeli kepincut untuk segera membeli. Dan akhirnya setelah pembeli mentransfer maka penipu pun mendapatkan uang haram nya.

3.TIPS -TIPS MENGHINDARI.

A) Bagi para seller:
- Jangan memberi data diri seperti ss ktp+sim tanpa diedit,maksudnya sertakan jg no hp,id kaskus atau apapun dalam foto
- selalu screenshot chat, para pembeli yang meminta data diri
- catat juga pin nya

B) bagi para buyer:
- jangan langsung percaya jika seller memberikan data diri secara cuma2, mungkin saja itu data diri orng lain
- gunakan rekber atau cod,demi meminimalkan penipuan
- jika memang percaya dengan hanya diberikn data diri seller,maka mintalah rekening sesuai dengan nama seller.. Walaupun beda bank,tetap harus mnta rekening sesuai dengan data diri,mending buang uang chrge trnsfer antar bank daripada ketipu
-jangan mau kalau seller pakai rekening laen,dengan alibi itu pnjam rekening teman sodara dsbnya..karena dia tdk pny rekening di bank tsb. Kalaupun terpaksa maka harus sertakan pula ss ktp pemilik akun bank tsb,jika memng benar itu teman atau sodaranya atau orng tuanya.

Nb: ditunggu update kaskuser mengenai tips-tips menghindari penipuan,akan ane coba updte trus di page one


4. DATA-DATA YANG PERNAH DICURI

Untuk makin mengantisipasi,maka saya mengajak kaskuser yang data nya merasa pernah dicuri untuk update di thread ini biar para kaskuser lain juga tau dan waspada,tapi syaratnya setelah updte maka pemilik asli jangan lagi bertrnsksi menggunakan ss ktp dan sim lagi utk menandai kalau yg msh pke ss ktp n sim berarti si penipu,utk itu seller hanya boleh trnsksi dengan COD atau rekber:

A) KTP: a/n Aditya pranaga salim
SIM: a/n Aditya pranaga salim


Link:
http://www.kaskus.co.id/thread/53eb8...nama-orng-lain
Diubah oleh Kaskus Support 03 21-05-2015 12:29
0
7.5K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.