Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

onnyx666Avatar border
TS
onnyx666
System yang agan pilih untuk design?? Mac or Windows?
Mac atau Windows?

Sebelumnya maaf klo udh pernah di-post. Momod ama mimin tolong hapus aj nih klo emang udah pernah ad yg ninjau dr sisi ilmu design.

Ini pertanyaan dan pertimbangan gan. Ditinjau dari sisi penggunaannya buat design agan milih Mac atau PC pke Windows? Jawaban objektif diperlukan nih gan. Banyak temen ane pake Mac, dan ane juga udh coba buat Adobe Photoshop. Tapi ini ane masih pake Windows.

Bagus mana sih 2 system ini ditinjau dari kegunaan, fasilitas, maintenance, dll.

Siapa tau ada juga yg pengen pindah tp ragu ky ane. Maaf sebelumnya gan, komentar yang berbau "masalah kebiasaan aja" jangan ditongolin ya. Soalnya pasti bisa dibiasakan, jadi bukan masalah.

ini pendapat ane:


Alasan memilih PC + Windows

1. Software bajakan gampang didapetin: jelas gan, untuk kantong cekak mesti mikirin ini.

2. Dukungan software lebih luas: memang gak ad software ky Pixelmator dan Final Cut Pro, tapi windows punya OpenCanvas sm SAI yg harganya murah (sekitar 500 ribuan), ringan dan handal untuk digital painting. Di Mac harus pake virtual Windows atau ke install windows pake bootcamp (virtualiser software berbayar, ujung-ujungnya sama pake windows juga). 2 Software ini hebat banget dah buat painting, hasilnya lebih mulus daripada photoshop. Software painting gratis ky myPaint yg versi Mac gak bs simulasi pen pressure graphic tablet, dan beberapa aplikasi lain juga gak bisa. Klo adobe dah pasti bisa.

3. Windows bisa maximise: ini yg bkin ane agak kerepotan wktu nyoba mac gan. Dia desktop oriented. Tiap pointer mouse ane bawa ke pojok layar atau ane salah ngeklik celah program masuk dah ke desktop. Beda sama windows yg bs maximise jadi kita gak akan kemana-mana kecuali klik show desktop.

4. Kalo rusak gampang: keyboard laptop ane abis rusak gan, garansi abis jg, ane bs pesen spare parts n ganti sendiri gak pake ribet soalnya ad tanda cara bongkarnya gan. Gak harus ke service centre.

5. Bisa didapetin dengan harga lebih murah. Dengan spesifikasi yg hampir sama, PC or Laptop dgn windows bs lebih jauh lbh murah. Misal pake Lenovo thinkpad dengan spesifikasi mirip Macbook Pro bisa selisih sampe 6 jutaan. Klo desktop bisa ngerakit sendiri. Mac pilihannya ya cuma yg tersedia aja, cukup bikin kantong degdegan.

6. Ternyata bisa kalibrasi warna, tergantung graphic card sm layar agan. Ane pake laptop Lenovo sm Asus dgn Radeon 6520G2 APU. Karena ad graphic card independent jadi ane bs kalibrasi warna pke AMD catalyst, hasilnya 90% mirip hasil cetak gan. Warna quarter yg geser.

7. Hiburan yg lebih banyak. Kadang klo butek sm kerjaan butuh penyegaran instan gan, salah satunya games. Ane bs main Hitman: Absolution klo bosen waktu itu di Mac belom ad. Baru keluar mei ini yg versi mac. Game lain belom tentu dibuat utk Mac.

8. Koneksi display gak ribet. Ane bisa pake VGA D-Sub, DVI, atau HDMI. Ini penting gan untuk nonton DVD di TV yg gede atau di proyektor. Apalagi ane pake dual monitor gan, ane gak ribet harus beli converter soalnya konektor2 itu lbh luas dipake.

9. Upgrade friendly. Kalo mau upgrade tinggal hajar gan. Bongkar, ganti. Desktop or laptop sama aj. Ganti HDD tinggal ganti, RAM tinggal upgrade, dll. Klo mac ane gtau gan, Tp klo Macbook emang hrs bongkar semua.

10. Gesture trackpad juga ada di windows. Walaupun gak sebanyak Mac tp gesture bisa dengan teknologi sekarang dan driver terbaru.


Alasan pake Mac:
1. Virus gak banyak. Virus dan malware tetep ada, tp dikit banget. Berarti maintenance yang lebih jarang, bukan berarti maintenance free. Windows itu system paling umum, banyak yg pake, gampang dipelajari (katanya), makanya yg nyerang juga banyak. Pengalaman ane selama gak main sex bebas colok flashdisk sana sini lebih aman kok gan.

2. Hampir tidak pernah crash. System stabil dengan service sedikit yang efektif bener-bener bikin sistem lebih ringan. Windows memiliki banyak service individual. System kadang crash untuk komputasi gila gilaan. Ya maklum gan, 3-4 software design jalan bareng padahal ane pake laptop.

3. Registry gak ribet, sistem yang lebih cerdas. Maintenance mac klo masalah ini bisa dibilang mudah banget dan gak ribet soalnya gak perlu ngapa ngapain. Maintenance registry di Windows biar system enteng lg ckup ribet terutama klo sering install - uninstall. Harus pake software khusus. Ini yg bkin pengguna windows pengen pindah ke Mac.

4. Tampilan yang keren dan menghibur. Windows tampilannya kurang atraktif. Beda sm Mac yg macem2 n atraktif dengan banyak animasi. Apalagi windows 8 yang makin aneh lagi tampilannya dan bikin mata pedes.

5. Install program lebih gampang. Mac tinggal drag n drop udh bisa jalan. Windows harus ngatur ini itu dan ribet click click click.

6. Hadir dengan software standard lebih lengkap. Windows minim fitur. Untung udah banyak software gratisan di internet. Bisa pake openoffice, kingsoft, firefox, chrome, dll.

7. Retina display. Apple emang pinter banget bikin istilah. Retina display itu yg dipaten nama-nya, hanya untuk menyebut kerapatan pixel lebih dari 300 ppi klo gak salah. Gak terlalu ngefek karena toh mata manusia gak bisa melihat sampe 300ppi. Maksimal sebenernya 96ppi untuk jarak baca normal. Lagian lihat laptop or desktop kan gak se-deket pegang HP. Gambar yg besar di ruang luas sepertinya lebih penting untuk design (pengalaman), Size Does Matter, klo gak ane gak bakal pake dual monitor pke monitor HD 24". Tp luxury tampilan retina display mungkin lebih penting bagi sebagian orang.

8. Baterai super hebat. Baterai windows lebih cepet abis. System windows dengan banyak runing service gak cuma bikin berat tapi juga nyedot batre. Selain itu batre laptop windows juga masih konvensional, jd emang lebih boros. Di lain pihak teknologi baterai apple lebih maju. Dengan 4 unit baterai pipih jelas dia bisa tahan sampe 10 jam. Logic yang keren mengatur penggunaan baterai satu demi satu sampe abis semua. Mac systemnya berbasis UNIX, jdi lebih enteng jadi lebih hemat baterai.

9. Update yang menyenangkan, udah dikit cepet pula. Beda sama update windows yang bikin gedheg. Mac yg updatenya dikit dan gak bikin ribet, update windows kadang lama banget dan bikin males.

10. Design yang elegan. Ini yang banyak jadi alesan orang yang sebenernya gak butuh mac jadi butuh. Designnya emang mewah banget, gak heran beberapa produsen sedikit meniru konsep apple Mac. (Tapi klo suruh milih ane lebih suka design Alienware os Asus Lamborghini).

Score:
10/10

Disesuaikan sama kebutuhan, kalo berkantomg cekak mungkin lebih milih windows daripada Mac. Price range PC lebih lebar.

Klo gak merasa keganggu sm maintenance dan antivirus Windows jadi pilihan, kalo merasa keganggu ya Mac pilihan utama yang bijak.


Michael Oswald sm Erik Johansson cm pake PC rakitan dan hasilnya bagus. Keduanya designer favorit ane.
http://erikjohanssonphoto.com/about/faq-biography/

Sebagian besar designer ky Alberto Seveso (favorit ane juga) pke mac dan hasilnya jg luar biasa.

Ad pengalaman lain gan? Tolong dishare....
sealgeek
sealgeek memberi reputasi
1
8K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
All About Design
All About DesignKASKUS Official
13.8KThread3.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.