• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Salah satu isi perut Bumi di Gunungkidul, Yogyakarta yang menajubkan !

carousel27Avatar border
TS
carousel27
Salah satu isi perut Bumi di Gunungkidul, Yogyakarta yang menajubkan !
Goa Cokro : Keindahan Ornamen yang tersembunyi





18 meter turun secara vertikal mengambang dengan tali, itulah tantangan yang harus dihadapi untuk mendapatkan keindahan ornamen yang tersembunyi. Ornamen-ornamen yang terbentuk secara alami oleh proses sedimentasi alam selama berjuta-juta tahun. Seperti sebuah cerita alam yang terangkai terlukis di dinding-dindingnya. Kedalaman serta keunikan menjadi pelengkap perjalanan yang akan terus berputar, itulah Goa Cokro.



Goa cokro, terletak di dusun Blimbing, Desa Umbulrejo, Ponjong Gunungkidul. Terletak di gugusan pegunungan seribu, wisata goa yang berbasis masyarakat karena dikelola langsung oleh masyarakat setempat. Goa yang dulunya memiliki kedalaman hampir 27 meter ini menyimpan rentetan sejarah yang panjang. Goa yang pada dulunya digunakan sebagai tempat labuhan atau tempat penyucian senjata-senjata tradisional dari kerajaan mataram, hingga sekarang masih menyimpan misteri tersendiri yang siap untuk dijelajahi.






Kata cokro yang berarti senjata dalam bahasa Jawa menjadi nama yang diambil sesuai dengan sejarah yang turun-temurun dituturkan oleh para tetua. Goa yang dapat dijelajahi sepanjang 250 meter dengan suguhan stalagtit dan stalagmit yang menantang membuat Anda dapat merasakan prosesi labuhan senjata masa lampau di dalam goa ini.







Keunikan ornamen-ornamen yang terangkai di dinding seperti menceritakan sesuatu, menarik untuk diusut, batu Kristal dan mutiara goa yang menurut berbagai sumber hanya terdapat di goa cokro, seperti apakah bentuk dan wujudnya? Silahkan temukan sendiri. Akan membuat perjalanan anda semakin menarik dan menantang untuk menjelajahi.



















Turun menggunakan tali sedalam 18 meter dan menyusuri goa sepanjang 250 meter dengan suguhan stalagtit dan stalagmit serta ornamen yang seakan bercerita dengan batu Kristal dan mutiara goa yang tersembunyi membuat perjalanan anda tidak akan pernah terlupakan dan akan terus berpuatar menjadikan kesan tersendiri bagi anda. Apakah anda siap berpetualang menyusuri dan memecahkan rahasia batu Kristal dan mutiara goa yang tersembunyi?


Spoiler for Alat udah di impor langsung dari Jerman bagi yg mau masuk gan, Safety banget. nih gambarnya.:



Spoiler for untuk lengkapnya bisa cek TKP gan !:


Diubah oleh carousel27 20-08-2014 06:44
0
11.3K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.