Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

keblakAvatar border
TS
keblak
[ Wow ... ngimpi mulu ] Prabowo-Hatta Bakal Menang

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bertindak terlalu jauh menjadikan peluang gugatan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa kian terbuka. Hal tersebut disampaikan oleh pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Idil Akbar.
Menjelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK), dia memprediksi pasangan nomor 1 tersebut akan memenangkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2014.
"Hasil Pilpres 2014 kemarin tidak lepas dari detail setiap proses yang berlangsung. Salah satunya adalah penggunaan DPK dan DPKTb yang legitimasinya lemah," kata Idil dalam keterangannya, Selasa (19/8/2014) malam.
Dia mengingatkan, pada dasarnya, hanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diakui oleh undang-undang. Pada ajang pemilihan presiden yang lalu lanjut Idil, KPU melakukan eksperimen-eksperimen terutama mengeluarkan keputusan soal Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb).
"Makanya, MK harus bisa memutuskan perkara ini secara substantif. Apakah memang Undang-undang mengatur secara eksplisit soal daftar pemilih khusus dan tambahan? Jangan sampai keputusan MK malah memberi ruang atau melegitimasi langkah KPU yang menggunakan DPK dan DPKTb karena hal itu merupakan eksperimen KPU yang terlalu jauh," paparnya.
Dia mengatakan, para hakim konstitusi MK memiliki integritas dalam memutuskan perselisihan ini. Mengingat putusan MK bakal mempengaruhi legitimasi hasil pilpres.
"Jika prosesnya (pilpres) diragukan atau malah dianggap tidak sah karena menggunakan instrumen DPK-DPKTb yang tidak sesuai Undang-undang, maka peluang pemungutan suara ulang menjadi terbuka," ujarnya.
Dia juga mencatat, gugatan Prabowo-Hatta merupakan pembelajaran politik bahwa setiap warga negara dijamin dan bisa memperjuangkan hak-hak politiknya.
"Selain itu, ini juga pelajaran bagi lembaga penyelenggara negara seperti KPU untuk selalu berada di dalam koridor konstitusi dan jangan melakukan upaya coba-coba," tandasnya. (put)

http://pemilu.okezone.com/read/2014/...a-bakal-menang

Adakah yang percaya selain panasbung .......
bangun woee ngimpi mulu,
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
974
12
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.