Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ahmadsopyan47Avatar border
TS
ahmadsopyan47
Roy Suryo: Indonesia disadap sejak Indosat dijual ke asing
Merdeka.com - Menurut pakar telekomunikasi yang juga Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo , sejak satelit Palapa bukan milik Indonesia, sejak itulah penyadapan kepada Indonesia dilakukan. Indosat sendiri dilepas oleh Menteri BUMN Laksamana Sukardi pada tahun 2002 saat Megawati menjabat sebagai Presiden RI.

Menurut Roy, Indosat memiliki infrastruktur telekomunikasi paling lengkap, mulai dari jaringan serat optik, satelit hingga BTS seluler dan FWA. Roy mempertegas bahwa penyadapan makin jelas setelah Indosat dijual pada pihak asing.

"Saya tidak ingin mengatakan itu zaman siapa presidennya, namun sejak Indosat dijual itulah penyadapan kian marak karena satelit Palapa berada di luar kendali," ujar Roy.

Menyinggung apa yang disampaikan Direktur Utama Indosat Alexander Rusli yang mengatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak menggunakan nomor Indosat, Roy menegaskan bahwa ini bukan soal nomor.

"Tapi jaringan satelit di mana yang disadap adalah satelit Palapa," ujar Roy saat memberikan Keynote Speech diskusi bertajuk 'Generasi Muda Bangsa Menyikapi Aksi Penyadapan' yang digelar Indonesia ICT Institute bersama Kemenpora di kantor Kemenpora beberapa waktu lalu, Minggu (8/12).

Mengenai concern Roy terhadap kasus ini, juga karena ada nama Tono suratman, yang saat itu masih Kolonel, yang juga pernah disadap. Dan Tono Suratman, kini adalah Ketua KONI.

Suryo mengungkapkan bahwa dirinya sudah mengingatkan mengenai penyadapan sejak sepuluh tahun lalu. Hal itu bisa dilihat dari dokumen paparannya di Kepolisian RI mengenai aktivitas penyadapan yang terjadi di Indonesia.

Dalam dokumen paparannya, 'Perkembangan ICT dan Kasus-kasusnya di Indonesia', Roy telah menyampaikan ancaman kebocoran informasi. Hal itu sudah dipresentasikan Roy dalam Rakernis Telematika Kepolisian RI. Dalam catatan Roy, yang sempat bocor adalah percakapan Presiden Habibie saat menjabat dengan Jaksa Agung Andi M Ghalib mengenai pembelian buffer stock minyak dari Singapura.

"Kemudian ada juga bocoran hasil rapat intern Polda Papua di Jayapura 5 Juli 2002 tentang rencana operasi 'Adil Matoa'," ungkap Roy.

merdeka

Roy Suryo: Indonesia disadap sejak Indosat dijual ke asing


Roy Suryo: Indonesia disadap sejak Indosat dijual ke asing


Roy Suryo: Indonesia disadap sejak Indosat dijual ke asing


Roy Suryo: Indonesia disadap sejak Indosat dijual ke asing



anasabila
anasabila memberi reputasi
1
4K
51
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.