Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

damnindonesianAvatar border
TS
damnindonesian
Mengapa Pendukung Prabowo Berani Mengancam?


Jakarta - Pengamat psikologi politik dari Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, mengatakan sikap keras dan kasar para pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa merupakan warisan dari tokoh partai. Menurut dia, sikap pemimpin akan ditiru pendukungnya. (Baca: Siapa M Taufik, Pengancam Ketua KPU?)

“Ada hipotesis untuk kesamaan karakter antara tokoh dan elite dengan pendukungnya,” kata Hamdi saat dihubungi, Selasa, 12 Agustus 2014. (Baca: Orator Kubu Prabowo Ancam Bunuh Ketua KPU)

Hamdi menilai selama ini Prabowo identik dengan karakter maskulin, tegas, dan keras. Hamdi juga menilai mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu telah menunjukkan kesan fasis dan totaliter. Sikap keras yang melekat pada Prabowo inilah, menurut Hamdi, yang juga ditiru oleh para pendukungnya. (Baca: Ketua Gerindra DKI Laporkan Ketua KPU Lagi)

Hamdi juga menyebutkan kekerasan verbal yang ditunjukkan pendukung Prabowo dalam beberapa kali unjuk rasa juga merupakan cerminan karakter partai. Selama ini tokoh partai sering menggunakan ancaman kekerasan sehingga diikuti pengikutnya. “Keras itu melekat pada Prabowo dan klop dengan para pemilihnya.” (Baca: Fadli Zon Juga Ingin Ketua KPU Ditangkap)

Sikap pendukung Prabowo-Hatta ini salah satunya ditunjukkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra DKI Jakarta M. Taufik. Dalam konferensi pers terkait dengan sidang sengketa perselisihan hasil penetapan pemilihan umum presiden, Ahad lalu, Taufik meminta kepolisian menangkap ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) Husni Kamil Manik karena merasa pemilu presiden penuh kecurangan. "Jika Kepolisian tidak menangkap, kami yang akan tangkap," ujar Taufik.

Rencana Taufik menangkap Husni ini juga diikuti sejumlah pendukungnya. Kemarin, massa pendukung Prabowo-Hatta yang berdemontrasi di depan gedung MK juga menyuarakan hal sama. Salah seorang orator yang berdiri di depan massa mengancam akan menghilangkan nyawa Husni. “Kalau perlu, Husni Kamil Manik kami bawa, adili bersama. Kami bunuh," kata orator itu. Para pendukung Prabowo-Hatta menyambut orasi itu. "Bunuh!" teriak massa. (Baca: Diancam Mau Diculik, Ketua KPU: Untuk Apa?).

PENDUKUNG PRABOWO SPERTINYA TIDAK MEMPUNYAI AKAL SEHAT LAGI, SEMUA NYA MAKIN TERGUNCANG JIWA NYA


anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.2K
12
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.